Fungsi Primer Asuransi yang Membuatnya Harus Digunakan

Memahami fungsi dan keuntungan asuransi penting untuk dilakukan. Apalagi tingkat literasi produk asuransi di Indonesia masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari asumsi umum serta tingkat kepesertaan masyarakat terhadap produk asuransi masih lemah alias tidak begitu banyak peminatnya. Padahal asuransi secara umum maupun khusus memiliki fungsi dan keuntungan yang sangat banyak.

Sebenarnya, fungsi utama asuransi jika dilihat secara finansial adalah bagian dari salah satu bentuk pengendalian risiko. Selain itu ternyata asuransi juga memiliki beberapa fungsi primer lainnya, sebagai berikut:

1. Ikut Asuransi Berarti Aktif dalam Pengalihan Risiko

Salah satu fungsi primer asuransi selain sebagai pengendalian risiko, juga berfungsi sebagai pengalihan kemungkinan risiko. Sehingga kemungkinan terhadap ketidakpastian akan terjadinya kerugian, yang diakibatkan oleh peristiwa yang tidak terduga, bisa dipastikan atau dirubah menjadi yang berupa ganti rugi atau santunan klaim dari premi asuransi yang telah dibayarkan.

Pengalihan risiko bukan berarti menghilangkan kemungkinan kerugian dari tertanggung atau nasabah asuransi, akan tetapi pengalihan risiko tersebut dimaksudkan untuk memberikan rasa tenang bagi nasabah terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya peristiwa yang merugikan.

Jika melihat imbalan yang akan didapatkan, mungkin nilai premi yang dibayarkan sangat sedikit ketimbang dengan risiko yang mungkin terjadi.