Gadai BPKB Mobil: Pilih Ke Bank Atau Multi Finance?

Apakah Anda ingin mendapat pinjaman uang dengan jumlah cukup banyak untuk usaha? Atau butuh dana tunai dalam jumlah cukup besar untuk biaya kuliah anak? Apakah Anda punya mobil ? Jika ya, saatnya Anda menggadaikan BPKB mobil Anda. Gadai BPKB mobil adalah cara yang ditempuh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman atau dana tunai dalam jumlah cukup besar untuk memenuhi kebutuhan keuangannya, baik untuk bisnis, pribadi ataupun kebutuhan lainnya. Namun jangan sembarangan memilih tempat gadai BPKB mobil, pilihlah tempat resmi yang menjamin keamanan agunan Anda.

Ada 2 tempat yang dapat Anda gunakan untuk gadai BPKB mobil, yaitu Bank atau Perusahaan Pembiayaan (Multi Finance). Baik Bank maupun Multi Finance memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, berikut penjelasannya :

1. Waktu Proses

Waktu Proses

Waktu Proses via compuclaim.com

 

Proses kerja Perusahaan Finance lebih cepat dari pada Bank. Apabila Anda memilih Perusahaan Finance proses pengajuan hanya dalam 1-2 hari kerja. Prosesnya sudah termasuk collect data, survey, cek fisik mobil dan pencairan pinjaman. Sedangkan Bank membutuhkan waktu 3-4 hari kerja, sebab mewajibkan BI Checking atau cek riwayat perbankkan bagi setiap konsumen yang mengajukan kredit pinjaman. Apabila Anda memiliki riwayat perbankan yang bagus proses akan dilanjutkan. Namun jika riwayat perbankan Anda tidak bagus atau di blacklist sudah pasti proses akan berhenti.

Baca Juga : 7 Hal Ini Wajib Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Mobil

2. Keamanan

  Keamanan

Keamanan via agriculturalreliefgroup.com

 

Bank maupun Perusahaan Finance memiliki standard keamanan yang sama baiknya. Standard keamanan tersebut antara lain :

  • Terjaminnya kerahasiaan data Anda, yaitu data pribadi Anda akan tersimpan aman dan tidak akan disebarkan kepihak lain,
  • Terjaminnya keamanan BPKB mobil, dimana yang menyimpan BPKB mobil Anda adalah Bank atau Perusahaan Finance tersebut dan tidak akan berpindah tangan
  • Terjaminnya keamanan unit mobil, dengan cara mobil Anda diasuransikan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti rusak atau hilang.

3. Rate/Suku Bunga 

Suku Bunga

Suku Bunga via thebronxchronicle.com

 

Masing-masing perusahaan Bank maupun Multi Finance memiliki kebijakan sendiri-sendiri mengenai besarnya suku bunga pinjaman yang diterapkan. Besarnya sangat bervariasi tergantung kebijakan manajemen, berkisar antar 0,9% - 2% per bulannya.

4. Biaya-biaya

  Biaya-biaya

Biaya-biaya via 4.bp.blogspot.com

 

Apabila proses pengajuan Anda disetujui  / approve, baik Bank atau Multi Finance yang Anda pilih akan memberikan rincian biaya-biaya yang harus dipenuhi. Rincian biaya tersebut antara lain :

  • Bank : biaya provisi, administrasi, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan blokir BPKB mobil. Semua biaya tersebut langsung dipotong dari pinjaman yang dicairkan, sehingga pinjaman yang Anda terima sudah tidak utuh lagi.
  • Multi Finance : biaya administrasi dan biaya asuransi. Semua biaya tersebut tidak dipotong dari pinjaman yang dicairkan, namun digabungkan dalam angsuran setiap bulannya, sehingga pinjaman yang Anda terima utuh. Namun membuat angsuran Multi Finance terlihat lebih besar daripada Bank, padahal tidak, sebenarnya sama saja.

5. Pelayanan

Pelayanan

Pelayanan via blog.xoom.com

 

Baik Bank maupun Multi Finance sistem pelayanannya sama baiknya. Terbukti dengan banyaknya kantor cabang, system pembayaran online, serta banyaknya penghargaan bergengsi yang diberikan oleh biro riset keuangan kepada Bank atau Perusahaan Finance yang memiliki pelayanan terbaik kepada konsumen.

Baca Juga : 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas

Perbedaan Bank Dan Multi Finance

Selain 5 hal diatas, apabila Anda mengajukan pinjaman ke Bank, sebaiknya Anda memiliki usaha sendiri (wiraswasta) atau PNS (Pegawai Negeri Sipil). Apabila Anda karyawan sebuah perusahaan swasta dan tidak memiliki usaha sendiri, kemungkinan pengajuan Anda akan ditolak. Berbeda dengan perusahaan Finance yang persyaratannya lebih mudah, Anda tetap dapat mengajukan pinjaman, meskipun seorang karyawan swasta dan tidak memiliki usaha lain.

Apabila Anda memilih Perusahaan Finance untuk menggadaikan BPKB mobil, berhati-hatilah dalam memilih perusahaan tersebut. Sebab banyak bermunculan Perusahaan Finance baru yang belum diketahui kredibilitasnya.

Sebaiknya Anda pelajari beberapa tips berikut ini yang dapat membantu Anda dalam memilih Perusahaan Finance :

  •         Pilihlah Perusahaan Finance yang Resmi dan Terdaftar

Perusahaan Finance yang resmi pasti mengikuti dan menaati peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan melalui Surat Keputusan (SK). Perusahaan Finance yang mengikuti dan menaati peraturan tersebut akan selalu menjaga kesehatan perusahaannya. Baik dari segi kesehatan financial, pelayanan kepada konsumen serta tidak akan melanggar hukum, sehingga mampu memberikan rasa aman kepada Anda.

  •         Pilihlah Perusahaan Finance dengan total Aset diatas 500 Miliar

Perusahaan Finance yang memiliki Asset diatas 500 Miliar pasti sangat aktif dalam pergerakannya dan memiliki banyak konsumen. Jumlah konsumen yang banyak menunjukkan perusahaan tersebut mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan maksimal kepada konsumennya. Misalnya : seorang konsumen menggadaikan BPKB mobilnya diperusahaan Finance X, dia akan menceritakan pelayanan yang diterimanya kepada orang lain. Jika dia merasa puas dengan pelayanan yang diberikan kepada dirinya, dia akan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada orang lain. Sehingga perusahaan tersebut akan memiliki banyak konsumen. Sebaliknya, jika pelayanan yang diterimanya tidak memuaskan, dia tidak akan merekomendasikan perusahaan tersebut ke orang lain.

  •         Pahami Proses dan Produk Gadai Mobil

Anda harus menjadi konsumen yang cerdas dan bijak. Ingatlah proses pengajuan pinjaman di perusahaan Finance hanya 1-2 hari. Itu sudah meliputi penjemputan persyaratan dan data konsumen, melakukan survey, gesek nomor mesin dan nomor rangka mobil, serta mengambil foto mobil. Jika proses survey sudah selesai, analis kredit akan langsung memberikan keputusan, apakah menerima atau menolak pengajuan pinjaman Anda. Jangan mudah tergoda tawaran bunga 0%, karena bisa jadi Anda mendapat bunga 0% tetapi biaya admininstrasi yang dibebankan sangat tinggi.

  •         Pastikan keamanan BPKB mobil Anda terjamin 100%

Anda wajib menanyakan dimana BPKB mobil Anda disimpan, pastikan perusahaan tersebut menyimpan di tempat yang aman, bukan digadaikan lagi. Hati-hati banyak perusahaan Finfance yang tidak resmi dan tidak terdaftar menggadaikan kembali BPKB mobil konsumen, untuk mendapat suntikan dana segar dari perusahaan Finance lainnya.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Gadai BPKB Mobil di Bank atau Multi Finance

Terlepas dari itu semua, gadai BPKB mobil di Bank ataupun Multi Finance masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Semua pilihan kembali ke tangan Anda, pilihah dengan hati-hati, jangan sampai salah pilih. Jadilah konsumen yang cerdas dan bijaksana.

Baca Juga : 7 Jenis Agunan yang Bisa Diajukan di Indonesia