Gagal di 'Indonesian Idol', Kini Anji Manji Malah Jadi Penyanyi Berpendapatan Tertinggi

Sosok Erdian Anji Prihartanto lebih dikenal publik sebagai selebritas bernama Anji Manji. Penyanyi dengan pendapatan tertinggi dari penjualan digital ini menjadi pertama yang populer sebagai vokalis grup band Drive. Namun prestasi dan perjalanan karirnya semakin matang setelah ia memilih untuk bersolo karir. 

Lagu Anji yang berjudul Dia telah dijadikan iklan oleh perusahaan raksasa Google. Tak tanggung-tanggung, Anji berhasil meraih tujuh penghargaan platinum berkat lagunya itu yang meledak di pasaran. Penjualan lagu Dia dari RBT (ring back tone), digital, iTunes dan YouTube telah berhasil mengantongi pundi-pundi uang sebesar Rp7 miliar.  

Di tahun 2018 lalu, single Anji yang berjudul Menunggu Kamu juga sempat menjadi salah satu lagu yang paling sering dicari di mesin penelusuran Google. Sehingga di pengujung tahun lalu, Anji mengantongi Top Trending Searches di Google tahun 2018.

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana kisah perjalanan sukses Anji Manji, yuk simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Gagal di 'Indonesian Idol', Justru Jadi Bintang Bersama Band Drive

View this post on Instagram

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

Perjalanan karirnya sebagai salah satu musisi Indonesia hingga sukses seperti sekarang memang tak bisa dibilang mulus. Sebelum debutnya bersama Drive, tak banyak yang tahu jika Anji sempat mengikuti Indonesian Idol tahun 2004. Namun saat itu, pria kelahiran Jakarta, 5 Oktober 1978 ini tak berhasil lolos audisi.

Menurut penuturan Anji dalam akun Instagram pribadinya, saat itu juri menilai dirinya lebih cocok untuk menjadi vokalis band. Teori ini pun terbukti benar. Bersama Drive, Anji menapaki kesuksesan hingga popularitasnya kian menanjak. 

Selama empat tahun kerjasama antara Anji dan Drive berhasil merilis tiga album, yaitu Esok Lebih Baik (2007), Kita untuk Selamanya (2008), serta Bintang yang Bersinar (2010). Di luar ketiga album tersebut, Drive juga tergabung dalam album kompilasi berjudul Ode (2008) serta single yang diluncurkan tahun 2011 bertajuk Seakan di Surga

Suara khas Anji yang merdu dan cocok membawakan musik bergenre pop-rock mendapat tempat di hati masyarakat. Lagu-lagu Drive seperti Bersama BintangKatakanlah, Tak Terbalas, Melepasmu, hingga Akulah Dia disambut dengan positif oleh para penggemar musik Tanah Air.

Debut Duet dengan Titi Kamal Mengawali Solo Karir

Mei 2011 Anji dinyatakan resmi hengkang dari Drive. Suami dari Wina Natalia ini pun lantas memutuskan untuk bersolo karir. Awal merintis solo karirnya, Anji sempat kesulitan untuk melepaskan diri dari bayang-bayang Drive

Meski begitu, ia tetap berusaha mencari jalan sukses solo karir. Akhirnya, bersama Titi Kamal merilis single duet mereka yang bertajuk Resah Tanpamu. Anji juga menyanyikan ulang lagu Ternyata Cinta dengan nuansa dan aransemen yang berbeda, setelah sebelumnya lagu ini dibawakan oleh band Padi.

Walau memilih solo, jalan kesuksesan berhasil diraih Anji. Ia meluncurkan album bertajuk Luar Biasa di tahun 2011 dan Anji yang rilis tahun 2014. Di tahun 2013, ia juga tercatat pernah berkolaborasi bersama Alena dan Andre Hehanusa dalam single Indonesia Tanpa Diskriminasi (2013).

Masih di tahun yang sama, Anji juga berkolaborasi dengan almarhum Mike Mohede dan Bebi Romeo dalam hits Bunga Terakhir. Anji juga menggandeng budayawan dan seniman senior Sujiwo Tejo dalam Maha Cinta Rahwana di tahun 2014. 

Setelah itu, Anji kembali bekerja sama dengan gitaris Padi, Piyu, dan menghasilkan single Ku Tak Salah Melepasmu. Hingga kemudian hits Dia meledak dan laris manis di pasaran, karya terkini Anji ialah single bertajuk Flashback bersama rapper muda, Young Lex.

Baca Juga: Nikita Willy, Gadis Imut yang jadi Ratu Sinetron Indonesia

Anji Mendapat Sejumlah Penghargaan Bergengsi

View this post on Instagram

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

Di sepanjang perjalanan karirnya, ayah dari tiga anak ini telah berhasil menorehkan namanya dalam sejarah industri musik Tanah Air. Di tahun 2012, nama Anji dan lagunya Berhenti Di Kamu tercatat dalam nominasi Lagu Pop Anugerah Musik Indonesia

Dalam Anugerah Planet Musik Singapura, Anji dengan lagunya Berhenti Di Kamu berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori Artis Pendatang Baru Terbaik 2012.

Di tahun 2013, kolaborasinya bersama Piyu Padi dalam lagu Ku Tak Salah Melepasmu berhasil masuk nominasi AMI Awards untuk kategori Urban Pop Duo/ Group.

Lagunya yang berjudul Jerawat Rindu juga telah membuat nama Anji lagi-lagi masuk dalam nominasi AMI Awards kategori Artis Solo Pria Pop Terbaik.

Lagu Dia juga berhasil memenangkan Lagu Terseleb dalam ajang penghargaan Selebrita Awards Indonesia tahun 2016. Di tahun 2017, Anji menjadi nominasi untuk kategori Penyanyi Solo Pria Terdahsyat dalam Dahsyatnya Awards. Tahun 2018, ia kembali mengantongi piala AMI 2018 untuk lagu Menunggu Kamu.

Sukses Jadi 'Vlogger' di YouTube

Kini Anji tak hanya sukses berkiprah sebagai musisi. Ayah dari Leticia Charlotte Agraciana Joseph, Saga Omar Nagata, Sigra Umar Narada, Salvaditya Tama dan Sultan Saladyne Tama ini juga menjadi vlogger.

Merambah dunia YouTube, kanalnya yang bernama Dunia Manji mengkhususkan konten yang berkaitan dengan industri musik dan membahasnya melalui kacamata musisi profesional. Per Oktober 2019, Dunia Manji telah diikuti oleh 3.06 juta subscribers.

Salah satu video yang mendapat sambutan hangat penonton ialah cover lagu Anji yang berjudul Jerawat Rindu. Namun dalam video yang sudah ditonton lebih dari 3.4 juta kali ini dinyanyikan oleh putrinya dari Sheila Marcia Joseph, Leticia.

Tak hanya itu saja, Anji juga menyuguhkan berbagai konten segar yang menarik, menghibur dan informatif untuk disimak. Ia kerap bekerja sama dengan banyak selebritas dan public figure. Bersama-sama, mereka berdiskusi seru perihal beraneka macam isu yang tengah trending.

Diprediksikan, Anji yang dulunya lulusan Sastra China UI dan pernah jadi guru Bahasa Mandarin ini dapat menghasilkan sekitar Rp 304 juta hingga Rp 4,8 miliar per tahun hanya dari monetisasi platform YouTube saja.

Baca Juga: Dulu Penyanyi Cilik, Kini Berkarier di Politik. Intip Kisah Sukses Tina Toon yang Menginspirasi

Pendapatan dari Cipta Lagu, Produser, Hingga Bisnis Kuliner

View this post on Instagram

A post shared by Ayam Bebek Pak Boss (@ayambebekpakboss) on

Penghasilan Anji tak hanya didapatkan dari honornya sebagai penyanyi. Dari menciptakan lagu, ia juga tentu mendapat royalti. Diketahui, lagu Dia telah dijadikan soundtrack film From London to Bali hingga Menunggu Kamu untuk film berjudul Jelita Sejuba yang dipastikan menambah pundi-pundi uangnya.

Selain itu, Anji juga terjun ke dunia bisnis kuliner dan membuka restoran Ayam Bebek Pak Boss dari April 2017. Berpusat di Jakarta Utara, saat ini Ayam Bebek Pak Boss telah tersebar dan dibuka lebih dari 20 outlet dengan sistem waralaba (franchise).

Dengan hidangan yang bercita rasa gurih dan pedas nan menggiurkan, Ayam Bebek Pak Boss menyajikan beraneka jenis sambal seperti sambal teri, sambal bawang dan sambal andaliman. Makanan dibanderol dengan harga ramah, mulai dari Rp 15 ribu yang sudah lengkap dengan nasinya.

Anji juga menjadi sosok produser musik untuk Saga Omar, putranya. Lewat lagu yang berjudul Telur Dadar, putra Anji dari Wina Natalia ini telah memecahkan rekor MURI sebagai pencipta lagu termuda yang pernah ada di Indonesia.

Jadikan Halangan Sebagai Inspirasi dan Motivasi

Seperti setiap insan lainnya, Anji juga pernah mengalami pasang surut kehidupan dengan banyak halangan dan tantangan. Skandal cintanya yang rumit bersama Rinni Wulandari, Sheila Marcia Joseph, Raline Shah hingga akhirnya berlabuh pada Wina Natalia tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anji.

Sebaliknya, halangan dalam hidup diubahnya menjadi berkat. Ia berhasil membalikkan keadaan serta mengolah tantangan yang dijumpainya. Ia menjadikannya sebagai inspirasi untuk menggubah karya, termasuk lagu Dia dan Menunggu Kamu. Dan benar saja, lagu itu pula yang membawa namanya semakin sukses melambung.

Kamu juga bisa mengikuti jejak kesuksesan Anji. Jika kamu bisa melihat hikmah di balik ujian kehidupan yang menghadang dan berhasil melampauinya dengan berprestasi, niscaya kamu pun akan sanggup membalikkan keadaan yang tadinya buruk berubah menjadi baik. intinya, tetap berusaha dan semangat dalam berkarya.

Baca Juga: Kisah Sukses Raline Shah, Wanita Cerdas yang Tak Mengandalkan Kekayaan Keluarganya