Gak Perlu Repot Bekerja, Begini Rahasianya Menghasilkan Uang Saat Liburan

Menikmati waktu liburan memang selalu identik dengan aktivitas bersenang-senang. Apalagi jika mendatangi berbagai destinasi baru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Meski memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan dan produktivitasmu, namun liburan juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Selama liburan, kamu akan meninggalkan pekerjaan dan tidak produktif untuk sementara waktu.  Bahkan kamu justru akan menghabiskan banyak uang untuk perjalanan ini.

Lalu, bagaimana dengan kondisi keuanganmu setelah kembali nanti? Kondisi keuangan sangat mungkin terganggu setelah kembali dari liburan, apalagi kalau tidak merencanakan liburanmu dengan baik sejak awal.

Jika ingin kondisi keuanganmu aman selama dan setelah liburan, menikmati liburan yang produktif tentu akan menjadi keputusan tepat. Walaupun tidak melakukan rutinitas harian, kamu tetap bisa menghasilkan uang selama liburan.

Simak tips menghasilkan uang saat liburan tanpa harus bekerja:

Baca Juga: Hari Libur Nasional 2020, Ayo Rencanakan Liburan di Tahun Baru dari Sekarang

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

  • Sewakan rumahmu selama liburan

Sewa Rumah
Sewakan rumahmu selama liburan

Kalau kamu liburan dalam waktu cukup lama, pasti rumah bakal kosong tanpa penghuni. Daripada nganggur, lebih baik sewakan saja rumahmu kepada orang lain selama menikmati liburan. Tarif sewa bisa harian, tiga harian, atau mingguan. Seperti homestay atau apartemen saja.

Misalnya per hari dikenakan tarif Rp50 ribu. Jika dikalikan 2 minggu (14 hari), maka kamu sudah bisa mengantongi Rp700 ribu. Lumayan kan. Apalagi saat ini banyak orang, wisatawan domestik atau turis asing yang senang mencari tempat penginapan murah meriah, ketimbang hotel.

Promosikan saja soal sewa rumah di media sosial atau melalui perantara. Tapi ingat, selama kamu menyewakan rumah ke orang lain, jangan pernah tinggalkan barang-barang berharga. Kamu dapat menitipkan barang berharga di rumah saudara yang betul-betul kamu percaya.

  • Beli barang bermerek dan jual kembali 

Barang Bermerek
Beli barang bermerek dan jual kembali

Ini akan menjadi aktivitas seru untuk yang hobi belanja. Pastikan kamu punya dana lebih untuk membeli barang-barang bermerek atau yang dijual terbatas di tempat liburanmu. Misalnya di luar negeri. Biasanya harga barang-barang tersebut lebih murah di negara asalnya.

Sesampainya di Tanah Air, kamu dapat menjual kembali barang-barang tersebut dengan harga lebih tinggi. Selisih harga beli dan jual ini akan menjadi keuntunganmu. Tapi perlu diingat, sebelum membeli barang bermerek di luar negeri, lakukan riset harga dulu. Kemudian, menjualnya dengan memanfaatkan media sosial atau jual di e-commerce.

Baca Juga: Selama Natal dan Tahun Baru, Lewat Jalan Tol ini Gratis

 

  • Terima jasa titip (jastip)

Belanja
Terima jasa titip (jastip)

Ini sih bisnis yang lagi ngetren. Jastip alias jasa titip. Memanfaatkan liburan ke luar negeri dengan menerima pesanan barang dari orang lain, teman, atau saudaramu. Misalnya barang-barang yang tidak dijual di Tanah Air.

Kamu dapat memberitahukan mengenai rencana liburanmu ke luar negeri atau ke destinasi wisata dalam negeri di media sosialmu, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Selanjutnya catat daftar barang yang dipesan satu persatu dengan detail.

Sementara sistem pembayarannya, bisa melalui DP atau uang muka 50% dan sisanya saat barang sudah tiba di Tanah Air. Opsi lain, bayar langsung sebelum kamu berangkat. Dalam bisnis ini, prinsipnya adalah kepercayaan. Jadi jangan sampai kamu mengecewakan pelanggan. Oh ya, pastikan kamu memahami aturan bea cukai mengenai barang bawaan penumpang pesawat.

  • Berbagi pengalaman liburanmu dengan banyak orang

Liburan
Berbagi pengalaman liburanmu

Bukan cuma di Facebook atau Instagram pribadi saja, kamu juga bisa berbagi pengalaman liburanmu melalui media lainnya. Abadikan perjalananmu dengan foto-foto berkualitas dan tuliskan artikel menarik berisi petualangan serumu selama liburan.

Lalu kamu bisa mengirimkannya ke berbagai media online yang menerima tema tersebut. Saat dimuat nanti, kamu bisa mendapatkan honor dari media tersebut. Ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan, apalagi jika kamu memiliki bakat fotografi dan menulis yang cukup mumpuni.

Liburan Kurang Lengkap Tanpa Asuransi Perjalanan

Selain memikirkan itinerary dan cara menghasilkan uang agar tetap produktif selama liburan, kamu juga perlu mengajukan asuransi perjalanan sebelum bepergian. Asuransi perjalanan akan melindungimu dari berbagai risiko selama di perjalanan, seperti kecelakaan, ketinggalan bagasi pesawat, dan risiko lainnya.

Mencari uang boleh-boleh saja selama liburan agar keuanganmu tetap aman terkendali. Tapi jangan abaikan asuransi perjalanan. Saat ini, banyak produk asuransi perjalanan yang menawarkan premi terjangkau dan kamu bisa dapatkan melalui website atau aplikasi Cermati.com.

Baca Juga: Kunjungi 15 Tempat Wisata Dieng Wonosobo Ini, Jika Budget Liburan Anda Cuma 1 Jutaan!