Hai Introvert dan Extrovert, Begini Lho Cara Membangun Komunikasi yang Efektif

Sebagai makhluk sosial, setiap orang membutuhkan komunikasi dengan orang lain. Komunikasi ini harus tersampaikan dengan baik agar lawan bicara mengerti atau memahami apa yang dikomunikasikan. Akan tetapi, hal ini tidak selalu mudah diimplementasikan, terutama bagi mereka atau mungkin termasuk kamu yang memiliki kepribadian sulit berkomunikasi.

Cara seseorang berkomunikasi akan dipengaruhi oleh kepribadian orang tersebut. Kepribadian ini umumnya dikelompokkan menjadi dua jenis yang berbeda, yakni introvert dan extrovert. Pengertiannya, introvert adalah tipe orang yang lebih senang menyendiri dan menyelesaikan berbagai urusan maupun masalahnya sendiri. Sebaliknya extrovert justru lebih suka menikmati keramaian dan cenderung lebih banyak beraktivitas dengan orang lain.

Pada dasarnya, baik introvert maupun extrovert memiliki cara masing-masing dalam membangun komunikasi yang efektif dengan orang lain, sehingga komunikasi berjalan dengan baik dan lancar. Apapun kepribadian kamu, pastikan kamu memiliki cara yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan baik.

Beberapa tips untuk introvert dan extrovert dalam meningkatkan komunikasi:

Baca Juga: Kata-Kata Bijak yang Keren Banget agar Hidupmu Penuh Motivasi

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Introvert

Introvert
Introvert

Introvert adalah tipe orang yang tidak begitu aktif di berbagai forum dan komunitas. Namun bukan berarti mereka tidak bisa berkontribusi dan berkomunikasi dengan baik. Pada umumnya, seseorang yang introvert lebih suka mempelajari dan menyimpan informasi terlebih dulu. Mereka hanya mengutarakannya jika hal tersebut dibutuhkan saja. Berikut ini adalah beberapa tips yang tepat agar introvert bisa menjalin komunikasi yang efektif:

  • Kenali Diri Sendiri

Jika komunikasi dan berbagai hal lain tidak sesuai keinginan, jangan terlalu dipikirkan sehingga memicu stres dan tekanan buat si introvert. Kamu harus menyadari dengan baik hal ini, dan membatasi diri untuk bersikap keras pada diri sendiri. Berdamai dengan keadaan merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan saat tidak dapat mencapai tujuan, termasuk dalam hal komunikasi.

  • Komunikasi dengan Singkat, Padat, Jelas

Introvert memiliki ketakutan tersendiri ketika berpendapat atau bahkan sekedar berkomunikasi di depan forum. Hal ini tentu akan sangat merugikan, terutama untuk momen-momen penting dalam karier. Menghilangkan rasa khawatir dan mencoba untuk menyampaikan ide merupakan langkah baik yang bisa dilakukan. Jika sulit, mulailah dengan komunikasi yang singkat, padat, namun tetap jelas dan mudah diterima orang lain.

  • Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Bersama orang lain kerap terasa kurang nyaman dan membuat introvert merasa tidak 100% menjadi diri sendiri. Padahal itu dibutuhkan. Untuk menjadi lebih baik lagi, introvert perlu memiliki waktu khusus untuk menyendiri, di mana mereka bisa diam dengan nyaman dan memikirkan berbagai hal penting di dalam hidup mereka, termasuk belajar membangun komunikasi dengan orang lain.

  • Kuasai Materi, Mulai Bangun Komunikasi di Forum Rapat

Berbagai pertemuan atau rapat sering menjadi tantangan bagi introvert yang tidak suka keramaian. Namun hal ini bukan lagi masalah, jika sejak awal introvert sudah mempersiapkan diri dan menguasai materi rapat dengan baik. Jika materi dan ide sudah di kepala, maka introvert bisa menghadapi pertemuan dengan penuh percaya diri dan lebih siap untuk komunikasi yang efektif.

Baca Juga: Tips Sukses Bangun Bisnis Ala Orang Jepang dan AS yang Bisa Anda Tiru

Extrovert

Extrovert
Extrovert

Dikenal aktif dan suka keramaian. Senang bergaul, dan berkomunikasi dengan teman, bahkan bisa langsung akrab dengan orang yang baru dikenal. Extrovert akan lebih mudah untuk berkomunikasi, tapi bukan berarti komunikasinya selalu efektif. Berikut ini adalah beberapa tips agar extrovert bisa berkomunikasi secara efektif:

  • Belajar Menjadi Pendengar yang Baik

Extrovert hampir tidak memiliki masalah untuk berkomunikasi. Mereka cenderung mendominasi percakapan. Untuk mengimbangi hal ini, extrovert perlu belajar menjadi pendengar yang baik, agar komunikasi yang efektif dan seimbang bisa terjadi.

  • Jangan Suka Potong Pembicaraan

Aktif dan mudah berkomunikasi, kebanyakan seorang yang extrovert terbiasa memotong pembicaraan dan menyampaikan ide-ide mereka dengan segera. Sikap ini tidak selalu baik, terutama jika dilakukan dalam forum yang formal. Extrovert harus membiasakan diri untuk membatasi interupsi dan lebih sabar mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang lain.

  • Hindari untuk Membatasi Diri

Extrovert membutuhkan ruang yang luas untuk berkomunikasi dan mengekpresikan diri, sebab mereka akan nyaman dengan kondisi tersebut. Extrovert harus menghindari untuk membatasi diri dan hanya menyimpan ide di dalam kepala saja, di mana mereka tidak menikmati hidup secara maksimal.

  • Melakukan Aktivitas Seru untuk Diri Sendiri

Selain dengan lingkungan yang ramai dan orang-orang di sekitarnya, extrovert juga perlu memiliki waktu sendiri. Lakukan aktivitas seru yang membuat nyaman, seperti mendengarkan musik, bermain game, membaca, dan aktivitas positif lainnya.

Introvert maupun Extrovert Berhak Bahagia

Extrovert maupun introvert, keduanya memiliki keunikan dan karakteristik berbeda. Apapun kepribadian kamu, pastikan kamu tetap memiliki cara yang tepat untuk memaksimalkan potensi diri, membangun komunikasi yang efektif. Selalu luangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan hal-hal yang menyenangkan, sehingga setiap harimu berjalan lancar dan bahagia.

Baca Juga: Kuasai 5 Hal Ini agar Karier Cemerlang di Usia 30 Tahun