Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan, Terutama Jika Masih Lajang dan Ingin Memiliki Rumah Pribadi

membeli rumah

Rumah adalah tempat ternyaman untuk bisa berteduh dari panas terik matahari dan hujan. Tentu saja akan melindungi Anda dari berbagai macam bahaya dan ancaman dari binatang buas.

Pada umumnya, orang akan memikirkan untuk memiliki rumah pribadi setelah menikah. Meski kebutuhan kian meningkat, tapi keinginan untuk memiliki rumah pribadi tentu tetap ada di dalam benak. Namun ternyata, tidak hanya orang yang sudah berstatus menikah saja yang memiliki keinginan memiliki rumah.

Ada juga yang sudah dari jauh hari memiliki rencana dan keinginan memiliki rumah meskipun masih lajang. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Anda harus mulai mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini. Seperti yang dikutip oleh Cermati.com, perhatikan hal-hal ini agar bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya.

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Memahami Risiko yang akan Dihadapi

Memiliki rumah pribadi, Anda pasti merasa senang dan bangga. Tapi, juga akan dihadapkan dengan beberapa macam risiko. Tentu saja memiliki sebuah rumah pribadi akan menambah beban biaya bulanan . Contohnya seperti biaya cicilan rumah, biaya perawatan rumah, pajak properti, dan juga biaya lainnya. Risiko seperti ini harus siap Anda atasi jika ingin memiliki sebuah rumah pribadi.

Baca Juga: Aturan Baru: Beli Rumah Harga Segini Bayar Pajaknya Rp6 Miliar!

 

2. Perhatikan Kondisi Keuangan

Berambisi kuat ingin memiliki sesuatu tentu tidak dilarang. Tapi jika memaksakan keadaan yang memang belum saatnya tentu akan menimbulkan sesuatu yang buruk . Saat Anda berkeinginan kuat ingin memiliki rumah namun sampai saat ini Anda hanya memiliki satu sumber penghasilan, tentu akan sedikit sulit merealisasikannya.

Pertimbangkan bagaimana kondisi keuangan saat ini sebelum mengambil sebuah rumah. Sebaiknya, stabilkan dahulu keuangan Anda dan menabunglah sedikit demi sedikit agar finansial tidak terganggu.

3. Lebih Teliti dengan Adanya Biaya Tambahan 

Memiliki sebuah rumah tidak lantas Anda bisa bersenang-senang dan bisa terbebas dari semua masalah. Justru harus mulai memikirkan biaya DP dan cicilan perbulannya.

Selain itu, pertimbangkan terlebih dahulu jika ingin membeli sebuah rumah. Kenapa? Karena saat membeli rumah, tentu di dalamnya akan ada biaya-biaya tambahan yang tersembunyi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Biaya tambahan yang dimaksud adalah biaya pajak rumah, asuransi, properti, pemeliharaan rumah, dan juga biaya renovasi rumah jika diperlukan. 

4. Diskusikan Dahulu Masalah Keuangan dengan Pemberi Pinjaman Kredit

Mungkin tidak semua wanita atau pria lajang memiliki keuangan yang cukup baik. Adakalanya mereka harus lebih berhati-hati dan teliti dalam mengatasi masalah keuangan.

Jika Anda termasuk golongan pria atau wanita lajang yang memiliki masalah dengan keuangan , sebaiknya bicarakan secara baik-baik terlebih dahulu dengan calon pemberi pinjaman kredit. Tentu saja ini akan membantu nantinya. Dengan menjelaskan keadaan secara jujur, kemungkinan besar pihak bank yang akan memberikan pinjaman menanggapi permintaan untuk meringankan suku bunga atau memberi waktu pinjaman menjadi lebih panjang.

Salah satu cara agar biaya cicilan perbulan menjadi lebih ringan bisa juga dengan membayar uang muka dengan nominal yang cukup tinggi. Membayar uang muka dengan nominal yang tinggi tentu membutuhkan perjuangan yang keras agar bisa menabung sedikit lebih lama hingga uang cukup untuk membayar uang muka tersebut.

Alangkah baiknya jika mulai saat ini mulai memikirkan cara lain untuk bisa mendapatkan uang lebih banyak dengan waktu yang cukup singkat. Selagi masih lajang dan masih muda, apa salahnya jika mencoba untuk menginvestasikan uang Anda. Dengan berinvestasi tentu uang yang Anda miliki bisa lebih cepat digunakan untuk membeli sebuah rumah pribadi.

5. Pilihlah Rumah yang Tepat

Jika masih lajang, sebaiknya pilihlah rumah yang minimalis. Setidaknya memiliki dua kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 dapur, dan 1 kamar mandi. Tentu saja ini sangat membantu jika suatu saat Anda membutuhkan uang tambahan untuk membiayai kebutuhan lainnya. Satu kamar yang tidak digunakan bisa dijadikan kamar sewa.

Uang yang diperoleh bisa untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Selain itu, rumah yang minimalis juga tentunya akan lebih hemat dalam segi perawatan, pemenuhan perabot, maupun biaya lainnya.

Baca Juga: Ingin Punya Rumah? Yuk Manfaatkan KPR Tanpa DP

Persiapkan Semua Sejak Dini

Jika masih muda dan lajang, namun sudah mulai memikirkan masa depan untuk membeli sebuah rumah pribadi tentu itu adalah hal yang sangat cerdas. Bagaimana tidak, semua orang pasti sudah mengerti bahwa properti seperti rumah, tanah, bangunan akan selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Jadi tunggu apalagi, jika keuangan sudah mendukung segeralah penuhi impian.

Baca Juga: Ini 6 Momen yang Tepat untuk Membeli Rumah