Hal-Hal yang Membuat Kerja Keras Kita Menjadi Sia-Sia

Menata masa depan dan mengejar sejumlah mimpi yang telah lama kamu simpan di dalam hati, kamu mungkin akan sibuk bekerja dan hanya bekerja saja. Kamu begitu fokus dan melakukan segala upaya terbaik di dalam pekerjaan kamu, sehingga karir menanjak dan penghasilan juga bertambah dengan cepat. Ini tentu hal yang sangat baik, terutama jika kamu menjalaninya dengan keinginan kamu sendiri. Namun, apakah semua hal ini telah membuatmu bahagia?

Ada banyak orang yang begitu sibuk bekerja, hingga pada akhirnya mereka sukses dan bisa meraih mimpi mereka. Namun di luar semua itu, mereka justru melupakan banyak hal lainnya yang tak kalah pentingnya di dalam kehidupan mereka, barangkali kamu juga mengalami hal yang sama seperti ini.

Seringkali kamu terlalu sibuk dengan dirimu sendiri, dengan pekerjaanmu dan urusan lainnya, sehingga kamu melupakan banyak hal di luar semua itu. Pencapaian karir dan pendapatan memang penting, namun menjadi bahagia tentu hal yang tak kalah penting dari kedua hal tersebut. Sebab, apalah arti keberhasilanmu jika tidak diimbangi dengan rasa bahagia dari dalam dirimu sendiri?

Setelah semua kerja kerasmu, pastikan kamu menikmatinya dengan maksimal, sehingga semua hal tersebut tidak menjadi sia-sia belaka. Simak beberapa hal berikut ini, yang dapat membuat kerja kerasmu menjadi sia-sia belaka:

Baca Juga: Tips Cerdas Ajukan Kenaikan Gaji

1. Mengabaikan Kesehatan

sakit  
Sakit

Terlalu lama bekerja dan menguras tenaga, tentu kamu membutuhkan asupan makanan yang baik dan bergizi untuk mengembalikan tenaga kamu yang telah terpakai. Namun alih-alih memahami hal ini dan menjalankanya dengan baik, kamu justru tidak memiliki disiplin yang baik untuk makan dan minum secara teratur. Kamu seringkali mengabaikan jam makan, bahkan meski tubuhmu telah lapar dan membutuhkan sumber tenaga yang baru. Hal ini akan membuat kesehatanmu menurun dan bisa saja berakhir di rumah sakit.

Ketika tubuh terlalu lelah dan tidak mendapatkan asupan makanan yang baik dan tepat, maka tubuh akan sakit dan tidak lagi mau diajak kompromi. Kamu sendiri yang akan rugi, sebab tubuhmu tidak akan mampu bekerja dengan baik lagi, bahkan mungkin akan membutuhkan istirahat selama beberapa hari di rumah sakit untuk pemulihan. Tifus menjadi penyakit yang kerap menyambangi pekerja keras yang tidak disiplin makan dan juga istirahat, jadi jangan sampai kamu ditandangi penyakit ini.

2. Tidak Istirahat dengan Cukup dan Teratur

Istirahat Tidak Cukup
Istirahat Tidak Cukup 

Memaksakan diri untuk bekerja siang malam, tanpa memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat adalah sebuah kesalahan fatal. Kamu mungkin selalu memiliki semangat dan motivasi yang kuat untuk bekerja setiap waktu, namun tidak dengan tubuhmu. Tubuhmu membutuhkan istirahat yang cukup dan sesuai dengan ketentuan yang seharusnya, agar tubuhmu tetap fit dan bisa bekerja dengan baik.

Jika kamu selalu mengabaikan jam istirahatmu, maka lama ke lamaan tubuhmu juga akan meradang dan mengalami kelelahan yang berlebihan, sehingga kamu bisa saja jatuh sakit. Jika sudah begini, apa kamu masih bisa bekerja keesokan harinya?

3. Kehilangan Waktu Bersama Keluarga

Kurang Menghabiskan Waktu dengan Keluarga  
Kurang Menghabiskan Waktu dengan Keluarga

Ketika kamu begitu berambisi untuk mendapatkan sejumlah uang dari pekerjaanmu, mungkin saja keluarga menjadi alasan dan motivasi besar kamu untuk melakukannya. Namun dalam proses meraih semua itu, seringkali kamu melupakan mereka dan bahkan tidak lagi memiliki waktu untuk bersama dengan mereka.

Tidak ada makan malam, sarapan, atau bahkan akhir pekan yang menyenangkan karena kamu akan sangat lelah dan menghabiskan akhir pekan kamu dengan jam tidur yang panjang. Kamu begitu lelah dan tidak memiliki waktu untuk sekedar bercerita atau bahkan sesekali pergi makan malam bersama mereka. Lalu, untuk apa semua uang yang kamu hasilkan selama ini, jika kamu harus kehilangan waktu yang berharga bersama dengan orang-orang yang kamu cintai?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

4. Memiliki Penghasilan, Namun Tidak Menabung dan Berbagi

Tidak Memiliki Tabungan dan Memberi
Tidak Memiliki Tabungan dan Memberi 

Gaji yang besar dan juga jabatan yang lumayan, kamu tentu patut bersyukur atas hal tersebut. Namun bersyukur saja tentu tidak cukup, sebab kamu juga harus memikirkan masa depanmu. Jika kamu tidak menabung dan memiliki sejumlah simpanan dan juga investasi, maka semua kerja kerasmu tentu akan sia-sia belaka, sebab kamu hanya bekerja untuk berbagai kebutuhan yang bersifat konsumtif saja.

Bukan hanya itu saja, tidak berbagi dengan dan menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk sesama tentu akan mengurangi nikmat dari keberhasilanmu. Memberi akan membuat kita kaya, jadi jangan pernah lupakan untuk selalu berbagi dengan sesama, berapapun jumlah gajimu setiap bulannya, selalu sisihkan untuk mereka yang membutuhkan.

5. Lupa Bersosialisasi dengan Teman

lupa bersosialisasi sama teman  
Tidak Bersosialisasi dengan Teman

Teman akan menjadi tempatmu menyampaikan apapun yang menjadi keluh-kesah di dalam hidupmu, rasa sedih, senang, atau bahkan sejumlah mimpi-mimpimu yang sedang kamu kejar. Mereka akan menemanimu tertawa, menangis, atau bahkan sekedar melakukan hal-hal konyol yang membuat kalian bahagia.

Namun kamu terlalu sibuk bekerja dan kini tidak lagi memiliki waktu untuk orang-orang ini. Atau lebih parahnya, kamu mulai melupakan mereka. Artinya, kamu telah kehilangan sebagian kebahagiaan kamu, padahal sebenarnya kamu bisa saja tetap memilikinya.

6. Terlalu Sibuk untuk Berolaraga

Sibuk Berolahraga  
Terlalu Sibuk Berolahraga

Joging terlalu melelahkan, sebab pekerjaan juga telah cukup melelahkan. Gym terlalu jauh untuk didatangi, untuk berenang juga tidak punya waktu. Kamu memiliki segudang alasan untuk tidak berolahraga, sementara tubuhmu sangat membutuhkan semua itu. Jika selalu menghindari kegiatan olahraga ini, maka bisa jadi kamu akan tumbang dan jatuh sakit, sebab menjalani pola hidup yang tidak seimbang. Padahal jika kamu mau, sejumlah olahraga ringan seperti push-up dan sit-up bahkan bisa dilakukan di dalam kamar tidur dan hanya menghabiskan 15 menit saja waktumu setiap harinya.

7. Melupakan Hobi yang Menyenangkan

Melupakan Hobi
 Melupakan Hobi

Kamu begitu sibuk, hingga tak lagi memiliki waktu untuk sekedar melakukan hobimu. Sementara, hobi inilah yang akan menjadi salah satu hal yang membuatmu bahagia dan sejenak lupa pada kesibukan kerja sepanjang minggu.

Baca Juga: Ciri-Ciri Lowongan Pekerjaaan yang Patut Diwaspadai

 

Jangan Bersikap Egois pada Diri Sendiri

Bekerja keras untuk mendapatkan gaji dan juga karir yang cemerlang tentu hal yang sah-sah saja untuk dilakukan, selama kamu melakukannya dalam porsi yang wajar. Sayangi juga dirimu dan jangan bersikap egois, sebab kamu juga perlu bahagia dan selalu sehat. Berikan waktu yang cukup bagi dirimu untuk hidup dengan normal, sebagaimana layaknya orang bekerja dan memiliki kehidupan pribadi dan sosial yang sehat.

Baca Juga: Anda Pekerja? Pahami dan Manfaatkan Tunjangan serta Kompensasi