Hal yang Harus Diketahui dari Membuat Visa Turis

Berencana liburan ke luar negeri dan menghabiskan waktu selama beberapa saat di sana, Anda tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Berbeda dengan liburan di dalam negeri, liburan ke luar negeri akan membutuhkan persiapan yang lebih kompleks lagi, mengingat perjalanan ini akan membutuhkan sejumlah dokumen pendukung yang wajib dibawa sebagai persyaratan perjalanan ini.

Selain paspor dan yang lainnya, visa adalah salah satu persyaratan wajib yang harus dilengkapi sebelum berlibur ke luar negeri. Dalam perjalanan ini, Anda akan membutuhkan visa turis yang secara khusus memang dikeluarkan untuk para wisatawan yang ingin melakukan kunjungan ke negara lain yang menjadi tujuan wisata pilihannya.

Visa ini akan disesuaikan dengan negara tujuan wisata tersebut, sehingga penting untuk memastikan negara tujuan terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengurus visa untuk perjalanan ini.

Baca Juga: Cara Mengurus Perpanjangan Paspor Manual atau Online

Kapan dan Dimana Tempat Mengurus Visa?

Ilustrasi Mengisi Formulir untuk Pengajuan Visa di Kantor Kedutaan
Ilustrasi Mengisi Formulir untuk Pengajuan Visa di Kantor Kedutaan

Terkait dengan waktu pengurusan visa, sangat penting untuk memahaminya sejak awal. Untuk mengurus visa dibutuhkan proses setidaknya sekitar 2 mingguan, sehingga penting untuk mengurusnya sejak awal. Pada masa liburan, kemungkinan akan dibutuhkan waktu yang lebih panjang lagi. Namun meski demikian, visa juga memiliki masa berlaku, sehingga harus mencermati dengan baik tanggal perjalanan yang telah ditetapkan sejak awal.

Jangan sampai sudah mengurus visa, namun tidak bisa berangkat karena mengalami kendala dalam masalah tiket dan yang lainnya. Buatlah jeda waktu yang akan Anda butuhkan untuk menyelesaikan urusan visa ini dengan tanggal keberangkatan, setidaknya 2 atau 3 pekan sebelumnya, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk mengurus hal lainnya untuk perjalanan tersebut.

Selain hal tersebut, tidak ada jaminan bahwa visa akan disetujui oleh pihak berwenang dengan alasan tertentu. Kendala seperti sangat mungkin terjadi dan harus Anda antisipasi sejak awal. Hindari untuk membeli tiket pesawat dan akomodasi lainnya terlebih dahulu, sebelum mendapatkan visa yang Anda butuhkan untuk perjalanan tersebut. Hal ini akan membantu menghindari berbagai kerugian, jika sewaktu-waktu visa tidak disetujui.

Pengajuan visa ini bisa Anda lakukan di kantor kedutaan atau konsulat negara tujuan yang akan dikunjungi nanti. Penting untuk membawa semua dokumen dan persyaratan yang diminta, agar proses pengajuan visa ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Dokumen dan Syarat Mengajukan Visa

Saat akan mengurus visa, Anda juga membutuhkan sejumlah dokumen serta persyaratan lainnya. Ada baiknya melengkapi semua ini sejak awal, agar proses pengurusan visa ini tidak perlu berulang-ulang, terutama bagi yang tinggal di daerah dan membutuhkan waktu lama untuk bisa tiba di kedutaan. Bukan hanya menghemat waktu, namun hal ini juga akan menghemat banyak biaya perjalanan.

Berikut ini adalah beberapa dokumen dan syarat yang harus dipenuhi saat mengajukan visa turis di kedutaan:

1. Paspor

paspor
Paspor

Pastikan telah memiliki paspor terlebih dahulu sebelum mengajukan visa, sebab dokumen ini menjadi salah satu syarat utama dalam pengajuan visa. Jangan lupa untuk mencermati masa berlaku paspor, mengingat perjalanan masih akan dilakukan beberapa waktu yang akan datang. Akan sangat merepotkan jika ternyata di saat keberangkatan nanti, Anda justru mengalami masalah akibat paspor yang masa berlakunya telah habis. Atau, kemungkinan besar permohonan paspor akan ditolak akibat masa berlaku paspor yang akan segera berakhir seperti ini.

Biasanya, masa berlaku paspor minimal 6 bulan lagi sebelum melakukan perjalanan. Artinya, jika masa berlaku paspor telah kurang dari waktu tersebut saat mengajukan visa, maka kemungkinan besar permohonan visa harus diulang kembali atau bahkan ditolak. Akan lebih baik untuk melakukan perpanjangan paspor terlebih dahulu, jika masa berlaku paspor sudah akan berakhir beberapa bulan ke depan.

Untuk mengurus visa ini, khusus bagi yang masih berusia di bawah 18 tahun akan dibutuhkan formulir tambahan dan juga KTP orangtua yang bersangkutan. Pastikan kedua hal ini juga dilengkapi dengan baik, agar proses pengajuan bisa berjalan lancar dan tidak perlu diulang.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

2. Formulir Pengajuan Visa

 Formulir Pengajuan Visa 
Formulir Pengajuan Visa 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir pengajuan visa. Hal ini bisa saja dilakukan secara online, di mana Anda mendapatkan formulir ini pada masing-masing website resmi milik kedutaan negara tujuan nantinya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan formulir online di sana, lalu mengisinya dengan cermat. Jika telah terisi dengan baik, maka bisa mencetak formulir tersebut.

Pastikan mengisi semua data dengan benar dan teliti, sebab hal ini akan mempengaruhi proses pengajuan visa yang Anda lakukan. Pengisian data secara online akan lebih mempermudah Anda, sebab kesalahan penulisan bisa dihindari.

3. Pas Foto

pas foto 
Pas Foto

Anda juga akan membutuhkan beberapa lembar pas foto untuk kebutuhan pengajuan visa ini. Jumlah dan ukurannya serta ketentuan lainnya akan beragam, tergantung pada kebijakan masing-masing kedutaan. Ketahui informasi ini sejak awal melalui website resmi kedutaan yang bersangkutan, agar bisa menyediakan pas photo yang tepat dan sesuai.

Sebagaimana pas foto yang dibutuhkan untuk berbagai dokumen resmi, pas foto ini juga harus memenuhi syarat standar, seperti: raut wajah tampak jelas, tampak telinga, hasil foto terang, dan yang lainnya. Untuk lebih aman, gunakan jasa fotografer profesional.

4. Bukti Pembayaran

bukti pembayaran 
Bukti Pembayaran

Dalam pengajuan visa ini, Anda juga akan diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya administrasi. Jumlahnya akan beragam, tergantung pada negara tujuan dan juga jenis visa yang akan Anda ajukan nanti. Pada umumnya, pihak kedutaan akan menyediakan informasi tersebut di website resmi mereka, sehingga bisa melakukan pembayaran terlebih dahulu di bank-bank yang telah ditentukan. Pastikan telah melakukan pembayaran dan membawa serta bukti pembayaran tersebut saat akan mengajukan visa perjalanan.

5. Bukti Kesiapan Finansial

Bukti Kesiapan Finansial 
Bukti Kesiapan Finansial

Berbeda dengan perjalanan di dalam negeri, perjalanan ke luar negeri tentu akan membutuhkan sejumlah biaya yang besar, tergantung negara tujuan dan juga masa kunjungan yang akan Anda lakukan. Namun bagaimanapun juga, negara tujuan tentu tidak menginginkan Anda mengalami masalah keuangan dan kesulitan ketika berada di negara mereka nanti, sebab ini akan menimbulkan masalah bagi mereka juga.

Anda harus menunjukkan kemampuan keuangan yang akan menjadi jaminan atas kelancaran perjalanan selama di sana. Hal ini bisanya akan ditunjukkan dengan mencetak rekening tabungan / koran selama 3 bulan terakhir. Di dalamnya, Anda harus memiliki jumlah rata-rata saldo yang mencukupi untuk membiayai perjalanan nanti. Jumlah ini sangat beragam dan tergantung pada masing-masing negara, misalnya $ 6000 untuk perjalanan ke Australia.

Baca Juga: Tips Keliling Eropa Lancar dan Aman

6. Surat Keterangan Kerja

Surat Keterangan Kerja
Surat Keterangan Kerja 

Surat keterangan kerja juga akan dibutuhkan di dalam pengurusan visa. Biasanya hal ini sebagai bentuk antisipasi negara tujuan, agar kelak tidak menyalahgunakan izin tinggal sementara di sana, misalnya izin berkunjung (wisata) digunakan menjadi bekerja.

Persiapkan dengan Baik dan Matang

Melakukan perjalanan ke luar negeri akan membutuhkan persiapan yang lebih kompleks, termasuk pengajuan visa perjalanan. Persiapkan hal ini dengan baik sejak awal, agar perjalanan menjadi lancar. Lengkapi semua dokumen dan syarat yang diminta, sehingga pengajuan visa bisa berlangsung mudah dan cepat.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Baru yang Wajib Masuk “List” Destinasi Favorit para Backpacker Traveller