Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memilih Asuransi untuk Keluarga

Membeli produk asuransi di tengah maraknya promosi produk tentu bukanlah hal yang mudah. Jika Anda amati, selain barang konsumtif, asuransi merupakan produk yang paling banyak dipasarkan, baik melalui agen maupun media internet. Salah satu yang sering diabaikan oleh masyarakat namun sejatinya sangat penting adalah asuransi kesehatan. Saat orang sehat seringkali lupa bahwa sakit itu mahal, dan kalaupun diingatkan untuk mengambil produk asuransi kesehatan, kecenderungan asal pilih dan menganggap bahwa semua produk asuransi kesehatan adalah sama.

Tentu saja ini pendapat yang perlu diuruskan. Walaupun secara prinsip dasar proteksi adalah sama, namun yang membedakan adalah kebutuhan masing-masing pesertanya.

Baca Juga: 6 Tips Jitu agar Cermat Dapatkan Asuransi Kesehatan

Sudah ada BPJS Kesehatan, Masih Perlukah Asuransi Swasta? Apa Bedanya?

Status peserta BPJS Kesehatan saat ini memang wajib bagi semua warga negara. Namun ada baiknya Anda sekeluarga paham plus minusnya. BPJS kesehatan ini punya keunggulan iuran murah dengan manfaat lengkap yang tanpa pre-exisiting condition, tanpa medical check-up dan tidak ada batasan plafond. Tanpa plafond, essentially, semua tagihan rumah sakit akan dicover oleh BPJS selama mengikuti prosedur dan kelas kamar. Namun, tantangannya di BPJS adalah proses berbelit, antrian panjang dan terbatasnya pilihan rumah sakit. Proses di BPJS masih jauh dari convenience buat peserta.

Dari sinilah banyak orang menambah proteksi tambahan dengan ikut produk asuransi kesehatan swasta dengan beberapa keunggulan seperti unggul dalam hal kecepatan, kemudahan dan fleksibilitas memilih rumah sakit. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk mengambil produk asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam memilih asuransi untuk keluarga seperti ulasan berikut ini:

1. Pelajari Manfaat yang Didapat dan Bandingkan dengan Produk Lainnya

produk asuransi
Produk Asuransi

Jika kita cerdas dan cermat dalam memilih produk asuransi, maka kita akan mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk asuransi kesehatan, manfaat yang perlu dicermati adalah manfaat rawat inap dan rawat jalan. Apakah kedua jenis manfaat tersebut didapatkan secara penuh atau sebagian saja. Semua manfaat erat kaitannya dengan besarnya premi yang harus dibayarkan. Jadi, prinsipnya, seberapa butuh Anda akan manfaat produk tersebut dan seberapa besar anggaran untuk bayar premi yang kita siapkan.

2. Ambil Produk Jangan Berlebihan, Sesuaikan dengan Kebutuhan Saja

Dalam membeli produk asuransi, besarnya manfaat yang didapatkan berbanding lurus dengan biaya premi yang harus dikeluarkan. Jadi dalam membeli produk cukup ambil seperlunya saja, dan sesuaikan dengan kebutuhan yang sedang diperlukan. Banyak tawaran menjebak dengan berbagai diskon atau penawaran lainnya yang bisa saja membuat Anda berlebihan dalam mengambil produk yang sebenarnya tidak diperlukan.

Misalnya saja perlindungan tambahan terhadap berbagai macam penyakit kritis dengan menambah sejumlah premi yang sekilas tampak tidak terlalu besar, padahal sebenarnya tidak butuh produk itu. Penting kiranya untuk melakukan observasi atas penyakit yang diderita untuk mengetahui produk mana dari asuransi kesehatan keluarga yang cocok untuk dipilih. Observasi mengenai riwayat penyakit membuat Anda lebih aman dan nyaman saat mempunyai asuransi kesehatan keluarga dengan biaya sesuai dengan kebutuhan.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

3. Pahami Detil Produk Asuransi Khususnya dari Sisi Manfaat dan Biaya Premi

 

mempelajari manfaat produk asuransi
Memahami Detil Produk Asuransi

Saat mendapatkan penawaran produk asuransi, cara paling mudah untuk mempelajari detil manfaat adalah dengan tanya jawab ke agen asuransi. Jangan langsung percaya atas semua penjelasan agen. Mintalah kepada agen untuk menunjukkan klausul mana di polis yang menjelaskan tentang manfaat tersebut. Misalnya saja untuk asuransi kesehatan, beberapa hal yang perlu diketahui adalah, besarnya premi dan plafon yang diberikan. Kemudian jangan lupa juga mekanisme klaim, apakah reiumburse atau sistem kartu (tanpa perlu bayar lebih dulu). Ini penting, demi kenyamanan Anda nantinya.

4. Seberapa banyak Rumah Sakit Rekanan dan Apakah Dekat dengan Lokasi Anda?

Makin bonafit sebuah produk asuransi kesehatan, maka jaringan rumah sakit yang bekerja sama juga akan semakin banyak. Ini peting untuk diperhatikan. jangan sampai Anda sakit malah semakin susah akibat minimnya rumah sakit yang jadi rekanan asuransi tersebut. Pilih produk asuransi yang punya jaringan rumah sakit bonafit dan dekat dengan lokasi bekerja atau lokasi tinggal. Lebih ideal lagi jika punya rujukan dokter langganan yang biasa bekerja di rumah sakit rujukan tentu akan lebih memudahkan Anda nantinya.

Baca Juga: Simak Cara Klaim Asuransi Kesehatan Berikut Ini

5. Ambil Produk Asuransi Kesehatan yang Memberi Proteksi Satu Keluarga, Bukan Perorangan

asuransi kesehatan untuk keluarga
Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

Umumnya, produk asuransi kesehatan ditawarkan dengan opsi perlindungan tunggal (hanya untuk 1 orang), namun ada juga yang menawarkan dalam bentuk pasangan atau keluarga. Beberapa diantaranya menawarkan harga spesial untuk tambahan anak. Pilih opsi perlindungan kesehatan menyeluruh dalam satu keluarga, jangan ambil yang individual mengingat risiko bisa terjadi pada siapa saja, terutama bayi dan anak di bawah lima tahun.

Agar mudah dalam proses pembayaran dan administrasi pilih sistem pembayaran yang memberikan kemudahan, baik dalam bentuk sistem cashless dan sistem reimbursement. Sistem cashless, Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai untuk membayar biaya perawatan (rawat inap, rawat jalan). Saat terjadi risiko sakit, Anda cukup menunjukkan kartu asuransi kesehatan dan tagihan berobat akan terbayar otomatis.

Pahami juga aturan kerja sistem cashless pada polis asuransi kesehatan agar tidak keluar biaya ekstra nantinya. Sedangkan sistem reimbursement, Anda harus membayarkan seluruh biaya pengobatan lebih dulu dan baru kemudian seluruh tagihan pengobatan ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan.

6. Harga Premi Terjangkau dengan Manfaat yang Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam membuat rencana keuangan, besarnya premi bisa dimasukkan dalam anggaran pengeluaran rumah tangga bulanan, bisa dimasukkan ke dalam kelompok biaya kesehatan seperti biaya rumah tangga (air, listrik, telepon) atau biaya sekolah. Jangan terlalu membebani biaya premi yang di luar kemampuan. Cukup sewajarnya aja, yang penting sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Pahami Produk, Buat Pilihan yang Tepat!

Ulasan mengenai hal yang perlu dipertimbangkan di atas sebelum mengambil produk asuransi kesehatan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai cara memilih produk asuransi yang tepat. Pastikan memiliki asuransi kesehatan, baik dalam bentuk BPJS Kesehatan, atau tambahan proteksi dari produk asuransi kesehatan dari perusahaan swasta lainnya. Ingat, biaya kesehatan tidak pernah bisa diprediksi dan seolah unlimited, sehingga mutlak harus diproteksi dari produk asuransi kesehatan.

Baca Juga: BPJS dan Asuransi Kesehatan Swasta, Siapa yang Terbaik?