Halo, Halo.. Yuk Ikutan Sayembara Desain Ibu Kota Baru, Total Hadiah Rp 5 Miliar

Cermati.com, Jakarta - Pengumuman, pengumuman... Sayembara desain ibu kota baru resmi dimulai. Kemarin (2/10), pemerintah membuka pendaftaran peserta hingga 18 Oktober 2019. Siapapun boleh ikut, baik putra putri bangsa maupun warga asing.

Lokasi ibu kota baru sudah ditentukan. Letaknya nan jauh di sana, di Provinsi Kalimantan Timur. Posisi persisnya berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lebih cepat lebih baik. Pemindahan ibu kota anyar memasuki persiapan awal. Dimulai dari membuat desain. Ibarat kata ‘produk baru,’ desain ibu kota ini dikompetisikan. Tujuannya agar masyarakat secara aktif terlibat untuk menentukan masa depan ibu kota baru pengganti Jakarta itu dalam jangka panjang melalui rancangan mereka.

Sayembara pun dibuka untuk umum. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya menjadi koordinatornya. Fokus tema sayembara desain ibu kota adalah “Smart City dan Forest City.”

Jadi desain harus sesuai visi Ibu Kota Negara (IKN). Yakni menggambarkan kota cerdas, modern, berstandar internasional, serta mampu mencerminkan identitas bangsa. Mengandung nilai-nilai filosofis dan pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Tetapi, tidak melupakan keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi. Komprehensif kan?

Penasaran soal informasi sayembara rupa ibu kota baru ini, berikut penjelasannya seperti dikutip Cermati.com dari laman resmi www.sayembaraikn.pu.go.id.

Baca Juga: Ibu Kota Baru Kalimantan Timur: Desain, Jadwal Pindah, dan Sayembara!

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Mau Ikutan Sayembara? Cek Dulu Jadwalnya

Ibu Kota
Cek jadwal pendaftaran sayembara ibu kota baru (foto: via sayembaraikn.pu.go.id)

Buat kamu yang mau ikutan sayembara desain ibu kota baru, perhatikan dulu nih jadwalnya. Mulai dari pendaftaran hingga pemilihan pemenang dan bagi-bagi hadiah:

  • Pendaftaran peserta: 3-18 Oktober 2019
  • Pemberian penjelasan (Aanwijzing): 18 Oktober 2019
  • Pemasukan karya: 18-29 November 2019
  • Evaluasi persyaratan administrasi: 2-6 Desember 2019
  • Penjurian tahap 1: 9-11 Desember 2019
  • Penjurian tahap 2: 11-13 Desember 2019
  • Proses penetapan pemenang: 16-20 Desember 2019
  • Penetapan pemenang: 23 Desember 2019
  • Pemberian hadiah: 27 Desember 2019.

Sayembara desain ibu kota baru melibatkan 13 juri. Mereka adalah para ahli bidang arsitektur, antara lain Imam Santoso Ernawi, Andy Siswanto, Ridwan Kamil, Nyoman Nuarta (pematung Garuda Wisnu Kencana), Masjaya, Ikaputra, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, Wiendu Nuryanti, Gunawan Tjahjono, Danang Priatmodjo, Denny Zulkaidi, Bintang Agus Nugroho, dan Daliana Suryawinata.

Total Hadiah Rp 5 Miliar

Ibu Kota
Sayembara Berhadiah Rp5 miliar

Buat pemenang sayembara, pemerintah menjanjikan hadiah. Selain piagam perhargaan, pemenang akan memperoleh hadian berupa uang dengan nilai fantastis. Untuk juara 1, hadiahnya bikin ngiler.

  • Juara 1 sebesar Rp2 miliar
  • Juara 2 sebesar Rp1,25 miliar
  • Juara 3 sebesar Rp1 miliar
  • Juara Harapan 1 sebesar Rp500 juta
  • Juara Harapan 2 sebesar Rp250 juta.

“Berdasarkan pertimbangan pemenuhan passing grade, dewan juri berhak menetapkan atau tidak menetapkan pemenang terbaik. Pajak (hadiah) ditanggung pemenang,” bunyi informasi laman resmi sayembara IKN.

Baca Juga: 5 Alasan Tidak Datang Ke Jakarta Pasca Lebaran

Syarat Umum Pendaftaran Sayembara

Ibu Kota
Syarat umum pendaftaran sayembara desain ibu kota

 

Pemerintah berharap, arsitek-arsitek lokal dapat unjuk gigi dalam kompetisi ini. Merancang karya terbaiknya untuk wajah ibu kota baru, pengganti DKI Jakarta.

Sayembara desain kawasan ibu kota baru terbuka untuk umum. Adapun syarat bagi kamu yang ingin mendaftar, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan non-WNI
  • Perseorangan atau kelompok yang ketuanya memiliki kompetensi atau keahlian dalam bidang arsitektur, dan/atau perencanaan wilayah dan kota, dan/atau perancangan kota
  • Memiliki minimal SKA Madya arsitektur atau perencanaan kota yang berlaku.

Tertarik? Daftar ke Sini

Ibu Kota
Tertarik ikut sayembara? Daftar di Sini (foto via: sayembaraikn.pu.go.id).

  • Daftar sayembara desain ibu kota baru di website www.sayembaraikn.pu.go.id.
  • Untuk informasi dapat langsung datang ke Sekretariat Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Gedung Utama Kementerian PUPR Lantai Dasar. Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110.
  • Atau whatsapp ke nomor 0878-2039-4515 atau 0817-7413-2452.

Tunjukkan Bakat dan Kemampuanmu

Kalau kamu punya gagasan desain ibu kota yang cocok untuk negara ini, tunjukkan di ajang tersebut. Buktikan pada dunia bahwa arsitek lokal mampu bersaing dengan ahli-ahli internasional.

Ini kesempatan besar yang sayang untuk dilewatkan. Siapa tahu bisa menjadi jalan untukmu menggapai kesukesan. Dikenal masyarakat seluruh Indonesia melalui karya membanggakan. Yang akan dikenang dan menjadi warisan anak cucu kelak.

Baca Juga: Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya Ini Bondo Nekat Abis. Nih Buktinya!