Harbolnas, Pesta Belanja Online yang Digandrungi Pemburu Diskon

Bagi yang hobi belanja online, mungkin sudah tidak asing dengan program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Setiap akhir tahun, pesta belanja online terbesar ini berlangsung sangat meriah.

Hampir semua e-commerce di Indonesia berlomba-lomba memanjakan para pelanggan dengan banjir promo, seperti diskon, cashback, flash sale, dan masih banyak lainnya. Bahkan promo cashback bisa sampai 90%.

Tak heran perayaan Harbolnas selalu dinanti dan diserbu para penggila belanja online. Sebetulnya, apa sih yang dimaksud Harbolnas dan semeriah apa selebrasinya di Tanah Air? Berikut penjelasan tentang seluk beluk Harbolnas, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Hai Pemburu Promo, Coba Deh 6 Aplikasi Pemberi Cashback Ini. Dijamin Happy Terus

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tentang Harbolnas

Harbolnas
Harbolnas via harbolnas.com

Hari Belanja Online Nasional atau disingkat Harbolnas menjadi momen e-commerce untuk mendongkrak transaksi penjualan lewat perang promo. Gak tanggung-tanggung, promo yang ditawarkan gila-gilaan, bahkan ada flash sale mobil cuma seharga Rp12 ribu saja atau barang lain dibanderol 12 perak.

Apapun bentuk promonya, itu adalah strategi para e-commerce untuk menarik para pelanggan untuk berbelanja. Tentu saja, masing-masing e-commerce punya taktik dalam memberikan ragam promo agar beda dari kompetitor.

Mengutip laman resmi Harbolnas, Harbolnas adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce  di Indonesia. Puncak perayaan Harbolnas ini rutin digelar saban tahun, tepatnya tanggal 12 Desember. Jadi Harbolnas biasa disebut perayaan 12.12.

Tahun 2018, genap tahun ke-6, program Harbolnas di Tanah Air ikut dimeriahkan lebih dari 250 e-commerce. Sehari sebelum puncak perayaan di tahun lalu, Harbolnas mendorong penjualan produk-produk lokal dengan penawaran promo menarik. Mulai dari produk fesyen, kuliner, perangkat elektronik, semua made in Indonesia.

Awal Penyelenggaraan Harbolnas

Belanja Online
Awal Mula Gelaran Harbolnas

Harbolnas kali pertama digelar pada 12 Desember 2012. Memasang jargon unik 12.12.12, Harbolnas perdana sukses diselenggarakan oleh beberapa e-commerce perintis, seperti Lazada, Zalora, BukaLapak, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

Perayaan Harbolnas bukan hanya demi mencari keuntungan yang banyak, tapi juga memperkenalkan sebuah inovasi aplikasi belanja online kepada masyarakat Indonesia. Malahan di awal penyelenggaraan, perbankan ikut berpartisipasi menjadi peserta Harbolnas.

Banyak promo, kemudahan dalam pembayaran akan meningkatkan trafik penjualan ­e-commerce. Toko online yang mayoritas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga akan mereguk untungnya. Harbolnas kan di Indonesia. Kalau di luar negeri, namanya Cyber Monday. Pesta belanja online yang diadakan di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan negara lainnya.

Baca Juga: Oalah, Ini Toh Trik Belanja Cerdas Orang Kaya. Wajib Ditiru Nih

Ratusan e-Commerce “Perang Promo”

Promo Belanja Online
E-commerce 'Perang Promo'

Harbolnas jadi kesempatan emas e-commerce untuk menarik pelanggan berbelanja sebanyak mungkin. “Perang promo” sudah lumrah. Lazada misalnya, salah satu penggiat Harbolnas ini tak pernah absen ngasih promo joss banget buat pelanggan di tanggal 12 Desember. Contohnya diskon hingga 90%.

Di tambah lagi bagi-bagi voucher belanja ke konsumen. Voucher ini bisa dipakai untuk berbelanja, sehingga lebih hemat. Ada juga Elevania yang memberikan banyak voucher gratis ongkos kirim bagi pelanggan yang belanja di website-nya. Jadi gak perlu takut kena ongkir mahal.

Blibli gak mau kalah. Biasanya e-commerce ini menawarkan flash sale berbagai produk mulai harga Rp12 ribu. Bukalapak malah lebih berani. Pada Harbolnas tahun lalu contohnya, ­­e-commerce tersebut jualan mobil Mini Cooper seharga Rp12 ribu. Belum lagi potongan harga gede-gedean untuk produk ponsel dan alat elektronik lain.

E-commerce Shopee meramaikan pesta belanja online dengan tawaran diskon hingga 80%, cashback, gratis ongkir sehingga bikin betah pelanggan untuk belanja. Itulah beberapa contoh e-commerce yang ikut memeriahkan Harbolnas. Setiap tahun pasti akan terus begitu dengan strategi matang dari masing-masing perusahaan.  

Tips Belanja Cerdas saat Pesta Harbolnas

Belanja Online
Tips Belanja Cerdas saat Pesta Harbolnas

Siapa yang tidak tergiur dengan banjir promo dari ratusan e-commerce saat perayaan Harbolnas? Pasti bikin mata melotot, tangan ‘gatel’ mau belanja online, sehingga tanpa sadar pengeluarnmu tidak terkontrol. Jadi kamu perlu cerdas saat belanja di Harbolnas, meskipun banyak promo yang diberikan.

1. Sebelum memanfaatkan promo Harbolnas, ketahui dulu barang-barang yang ingin dibeli. Kalau perlu, buat daftar produk yang akan dibeli. Ingat ya, beli produk yang benar-benar sangat dibutuhkan, agar pengeluaranmu tidak membengkak

2. Jika sudah bikin daftar barang, cari harga dan cari promo di banyak ­e-commerce. Bandingkan harga dan promo antara satu dan yang lain. Tentu saja cari yang termurah dengan kualitas sama bagusnya.

3. Sebelum memutuskan membeli produk diskonan atau promo lain, cermati informasi syarat dan ketentuannya. Cek apakah kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan promo tersebut, misalnya minimum pembelian. Jika tidak, besar kemungkinan barang yang kamu beli tetap pada harga normal.

4. Ketahui juga jadwal e-commerce bikin flash sale. Biasanya promo flash sale hanya sebentar, jadi kalau lengah sedikit, bisa ketinggalan.

5. Agar keuntunganmu lebih maksimal, cari promo belanja dari aplikasi seperti dompet digital, dan semacamnya. Tak jarang aplikasi tersebut juga memberikanmu promo tambahan saat berbelanja di perayaan Harbolnas. Misalnya diskon baju 50%, kalau kirim pakai Go-Jek cashback 50%.

Pakai Kartu Kredit Biar Makin Untung

Saat Harbolnas, perbankan gak mau ketinggalan mengeruk untung. Biasanya mengeluarkan strategi andalan, yakni tawaran promo kartu kredit untuk belanja online. Pengguna kartu kredit bisa dapat promo dobel deh. Jika belum punya kartu kredit, kamu bisa mengajukan dengan cepat di marketplace produk keuangan, Cermati.com. Banyak pilihan kartu kredit yang dapat memberimu keuntungan.

Baca Juga: Kamu Doyan Belanja dan Traveling? Rugi Kalau Gak Punya Kartu Kredit Mandiri Ini