Hemat Uang dengan Menerapkan 6 Langkah Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis sudah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir karena terbukti dapat membantu seseorang untuk hidup hemat dan memiliki banyak waktu luang. Tetapi apakah sebenarnya Anda tahu yang dimaksud dengan gaya hidup minimalis itu? Apa keuntungan menerapkan gaya hidup minimalis?

Gaya hidup minimalis secara singkat dapat didefinisikan sebagai perlawanan terhadap arus konsumerisme. Tentunya dengan membatasi diri untuk membeli, memiliki atau mengonsumsi banyak hal. Pasalnya banyak orang membeli barang yang sebetulnya tidak mereka butuhkan.

Dampaknya, orang tersebut jadi butuh lebih banyak untuk merawat barang-barang tersebut sehingga membuang uang, waktu, dan tenaga. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, Anda akan menahan diri untuk hal-hal yang sifatnya hanya keinginan dan mengutamakan kebutuhan.

Manfaat implementasi gaya hidup minimalis tidak dapat dirasakan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, butuh konsistensi untuk mendapatkan semua manfaat dari gaya hidup ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh manfaat atau keuntungan dari gaya hidup minimalis:

Baca Juga: 8 Cara Cepat Mengubah Gaya Hidup Konsumtif

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Rapikan kamar Anda

Rapikan Kamar Anda
Rapikan Kamar Anda

Tips pertama yang paling sederhana untuk memulai gaya hidup minimalis adalah membersihkan dan merapikan kamar Anda. Apa hubungannya gaya hidup minimalis dengan beberes kamar?

Coba Anda merapikan kamar, lemari pakaian, rak sepatu Anda. Pilah antara barang-barang yang masih Anda butuhkan dan yang tidak. Dengan demikian, kamar Anda tidak lagi terlihat penuh dan menyesakkan barang-barang tersebut. Setelah selesai memilih, Anda akan menyadari betapa banyak barang yang sudah Anda beli, tapi tidak pernah digunakan.

Tips sederhana gaya hidup minimalis ini diharapkan dapat mengurangi keinginan Anda untuk membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan. Jadi bisa lebih hemat kan ke depannya.

2. Rawat barang dengan baik agar bertahan lama

Orang yang tidak memiliki banyak barang biasanya punya lebih banyak waktu dan uang untuk merawat barang-barangnya, terutama agar barang tersebut lebih awet. Salah satu contoh merawat pakaian Anda. Cuci dengan cara yang benar, sehingga tidak mudah rusak dan Anda bisa mengurangi belanja baju setiap minggu atau setiap bulan.

3. Membeli barang yang berkualitas

Biasanya orang mencari barang dengan harga murah. Tujuannya supaya bisa membeli barang dengan jumlah lebih banyak. Tetapi biasanya barang-barang murah, kualitasnya tidak terlalu bagus sehingga cepat rusak dan tidak bertahan lama.

Oleh karena itu, cara gaya hidup minimalis berikutnya adalah membeli barang-barang berkualitas. Meski harganya agak lebih mahal, tapi biasanya kualitas lebih oke. Lebih baik membeli dalam jumlah sedikit, tapi awet, tahan lama, tidak mudah usang kan ketimbang banyak, tapi gampang rusak. Dan akhirnya Anda harus membeli barang yang sama lagi sebagai penggantinya.

Membeli barang mahal sebetulnya tidak salah, apalagi kalau benar-benar Anda butuhkan. Jadi gaya hidup minimalis bukan berarti terlalu mengirit untuk kebutuhan pribadi, tapi Anda bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Baca Juga: Cara Mengatur Uang di Masa Muda Agar Hidup Sejahtera Saat Hari Tua

4. Kurangi bawaan Anda saat bepergian

Cara gaya hidup minimalis lainnya, yakni mengurangi bawaan saat bepergian. Contohnya ketika pergi dengan menggunakan pesawat. Rata-rata maskapai penerbangan memberikan batas free untuk bagasi 20 kg. Jadi usahakan untuk tidak lebih dari batas itu, sehingga Anda tidak perlu lagi membayar untuk kelebihan barang bawaan Anda.

5. Gunakan barang yang praktis

Zaman sekarang, banyak sekali barang yang dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan orang dalam melakukan kegiatan. Contohnya, macam-macam alat pengupas buah dengan masing-masing kegunaannya, seperti alat pengupas alpukat, apel, dan lainnya. Sayangnya, benda-benda tersebut tidak cocok dengan gaya hidup minimalis karena tidak praktis. Kalau semua hal itu bisa dipakai pada satu alat pisau, kenapa tidak? Selain lebih praktis, juga bisa berhemat.

6. Kurangi Jajan Makanan

Kurangi Jajan Makanan
Kurangi Jajan Makanan

Mengurangi belanja makanan sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang menerapkan gaya hidup minimalis. Karena hal tersebut berarti mencegah pemborosan uang dan mengurangi limbah dari makanan. Jangan terlalu nafsu untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak, tapi ternyata tidak habis. Akhirnya makanan itu terbuang, mubazir. Jadi belilah secukupnya, sesuai porsi makan Anda.

Gaya Hidup Minimalis Konsisten, Keuangan Lebih Teratur

Membeli sesuatu yang diperlukan jauh lebih penting ketimbang membeli barang yang hanya sekedar keinginan. Ingat, gaya hidup konsumtif dapat menghambat Anda untuk menghemat uang, waktu, dan tenaga. Tetapi, hal tersebut dapat Anda lawan dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Selamat mencoba dan semangat berhemat!

Baca Juga: 8 Cara Hidup Orang Kaya di Dunia yang Superhemat