Hidup di Jakarta dengan 2 Juta Rupiah, Apa Bisa?

Kota Jakarta masih menjadi tujuan bagi para pekerja dan pelajar di Indonesia. Mimpi membangun masa depan yang lebih cerah terasa dapat diraih di sini. Banyaknya lapangan pekerjaan dan sekolah-sekolah unggulan menjadikan Jakarta sebagai kota dengan sejuta impian untuk meraih kehidupan yang layak. Namun, pada kenyataannya hidup di Jakarta tidak seindah yang diharapkan. Pekerjaan dengan gaji yang minim membuat orang merasa sangat sulit untuk hidup di Jakarta. Bagi kebanyakan orang, Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta sebesar Rp2.700.000 terasa terlalu kecil untuk dapat hidup dengan layak di Jakarta.

Sebenarnya, bener gak sih hidup di Jakarta itu mahal? Tidak! Bahkan kamu bisa hidup layak di Ibukota ini hanya dengan uang 2 Juta per bulan. Setiap orang memiliki standar kehidupan layak yang berbeda-beda. Nah, yang akan kita bicarakan kali ini adalah standar hidup layak secara umum untuk orang yang masih lajang, merantau ke Jakarta, dan tidak memiliki kendaraan pribadi. Inilah kisaran pengeluaran yang dibutuhkan untuk dapat hidup layak di Jakarta dengan 2 Juta rupiah.

1. Cari tempat tinggal yang murah dan nyaman, Rp450.000,-/bulan

Tempat Tinggal Sederhana via deviantart.net

Tempat Tinggal Sederhana via deviantart.net

 

Unsur pertama supaya kamu dapat hidup adalah kamu harus punya tempat tinggal. Dalam hal ini yang dimaksud adalah kos-kosan. Harga kos-kosan di Jakarta sangat bervariatif, mulai dari yang sangat murah namun kondisi sangat buruk, hingga yang sangat mewah tapi mahal. Memperhatikan kondisi kehidupan layak, maka kita ambil tipe yang menengah ke bawah. Harga kos bertipe menengah kebawah berkisar 450 ribu rupiah per bulan. Fasilitas yang ditawarkan dengan harga ini umumnya kamar luas 3 x 2.5 meter per segi dan kamar mandi di luar.

2. Beli makanan yang murah namun cukup, Rp750.000,-/bulan

Makan Murah via panduanwisata.id

Makan Murah via panduanwisata.id

 

Hal penting yang harus dipenuhi adalah masalah perut. Harga makanan di Jakarta juga sangat bervariatif, tergantung dari kemampuan kamu. Tapi jika untuk hidup layak saja, makan di Jakarta hanya perlu Rp7500 untuk nasi + sayur + telur, dan Rp10.000 untuk nasi + sayur + ayam. Kita ambil titik tengahnya, yaitu kira-kira Rp750.000 per bulan untuk 3 kali makan. Harga ini akan bisa lebih murah lagi jika kamu hanya makan 2x sehari. Jika kamu masih mau lebih murah, kamu bisa memasak sendiri.

3. Pilih transportasi yang mudah dan nyaman, tapi murah, Rp175.000,-/bulan

Transportasi Murah Dan Nyaman via wikimedia.org

Transportasi Murah Dan Nyaman via wikimedia.org

 

Kota Jakarta itu besar, jadi untuk pergi ke suatu tempat biasanya dibutuhkan transportasi. Salah satu transportasi yang tergolong murah dan nyaman adalah busway. Rutenya pun tergolong lengkap serta mudah. Harga untuk naik busway terbagi menjadi 2, yaitu untuk pukul 5.00 – 7.00, harganya Rp2.000 sedangkan untuk pukul 7.00 – 23.00, harganya Rp3.500. Umumnya, kebanyakan orang akan mulai aktivitas di atas jam 7 pagi, dengan asumsi kamu akan pulang dan pergi dengan busway, jadi biaya untuk transportasi per bulan adalah Rp175.000. Enaknya memakai busway adalah dengan sekali bayar, kamu tidak perlu bayar lagi jika kamu berganti koridor, atau dengan kata lain tiket busway ini adalah tiket terusan untuk keliling Jakarta asalkan kamu tidak keluar dari halte.

Jika kamu ingin lebih murah, carilah tempat kos yang dekat dengan tempat kerja atau belajar kamu, sehingga bisa diraih dengan jalan kaki. Masih ada nih alternatif lain, yaitu mulailah beraktivitas dibawah jam 7 pagi, jadi harga tiket busway semakin murah.

Baca Juga: 4 Aplikasi Transportasi Yang Menghemat Uang Dan Waktu

4. Dana untuk keperluan sehari-hari, Rp150.000,-

Dana Sehari-hari via theodysseyonline.com

Dana Sehari-hari via theodysseyonline.com

 

Biaya keperluan lain-lain ini meliputi pembelian sabun, shampoo, deodorant, kopi/teh, odol, gula, dll yang kamu butuhkan. Biaya untuk aspek ini bersifat sangat subjektif. Tidak bisa disama ratakan karena keperluan orang berbeda-beda. Nah, biaya Rp150.000 ini dirasa mampu memenuhi semua keperluan kamu secara umum.

5. Biaya untuk menambah teman, Rp50.000,-

Biaya Berteman via marketingtipsfortranslators.com

Biaya Berteman via marketingtipsfortranslators.com

 

Komunikasi tetap harus diperlukan. Walau kamu harus berhemat, jangan lupa untuk terus menambah teman. Memiliki banyak teman berarti memperbesar kemungkinan untuk sukses nantinya. Meski begitu, pengeluaran untuk hal ini perlu dibatasi agar tidak kebablasan. Uang yang harus dialokasikan adalah Rp50.000. Pilihlah provider telepon seluler yang paling murah agar pulsa tidak cepat habis.

6. Lakukan hal yang menyenangkan, Rp150.000

jangan Lupa Bersenang-Senang via sailingscuttlebutt.com

jangan Lupa Bersenang-Senang via sailingscuttlebutt.com

 

Pengeluaran ini memang terkesan agak seperti pemborosan, tapi sangat diperlukan. Kita harus sedikit memanjakan diri kita setelah bekerja keras dalam sebulan untuk menghilangkan penat. Dengan menyisihkan Rp150.000 per bulan, kita dapat sekali-kali merasakan makanan enak, membeli barang, atau juga bisa ditabung untuk membeli barang kesukaan kamu. Yang penting, jangan lupa untuk bersenang-senang juga ya.

Baca Juga: Mau Hemat Keliling Dunia? Ini Caranya

7. Sisihkan untuk berbagi dengan yang lebih membutuhkan, Rp50.000,-

Berbagi Dengan Yang Butuh via wordpress.com

Berbagi Dengan Yang Butuh via wordpress.com

 

Hidup itu tidak boleh selalu memikirkan diri sendiri, kan? Maka itu, cobalah sisihkan 2.5 persen dari uang kamu untuk bersedekah. Dalam hal ini, dengan pendapatan 2 Juta rupiah, maka uang yang bisa disisihkan adalah Rp50.000. Selalu ada orang yang lebih membutuhkan di sekitar kita, dengan bersedekah kita sedang menabung amal di Surga.

8. Simpan sisa uang untuk ditabung, Rp225.000,-

Ingat Menabung via onsugar.com

Ingat Menabung via onsugar.com

 

Hal yang paling penting adalah selalu ingat untuk menabung. Uang ini tidak hanya akan disimpan, tetapi juga bisa menjadi uang siaga untuk keadaan darurat. Selain itu, dengan menabung kamu bisa mulai memikirkan investasi masa depan supaya mimpi untuk hidup bahagia dan sejahtera nanti dapat tercapai.

Atur Uangmu Dengan Baik

Berdasarkan semua kisaran biaya yang dibutuhkan untuk hidup di Jakarta, yang kamu butuhkan hanya 2 juta rupiah. Bahkan dengan uang itu kamu masih memiliki tabungan. Tidak masalah seberapa besar uangmu, tapi jika kamu dapat mengaturnya dengan baik, pasti akan cukup. Dan jangan lupa kalau hidup itu Cuma sekali, buatlah hidup menjadi lebih bermakna dengan berbagi dengan orang lain dan juga bersenang-senang.

Baca Juga: Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting? Inilah Alasannya