Hindari Berhutang saat Travelling, Ini Dia Cara Menghemat Pengeluarannya

Pada umumnya, bagi traveller akan melakukan persiapan yang matang dari jauh hari sebelum berangkat menjelajah tempat yang akan dikunjungi. Mulai dari perlengkapan yang akan dibawa seperti pakaian ganti, perlengkapan mandi, kamera hingga yang paling utama, yaitu uang saku selama travelling.

Namun, sering kali beberapa orang malah mengabaikan uang saku tersebut. Mereka berpikir travelling tidak membutuhkan uang saku yang banyak karena travelling hanya untuk menikmati pemandangan, foto-foto, bukan makan-makan atau belanja. Padahal, saat di perjalanan pergi atau pulang akan menghabiskan uang yang banyak, baik itu untuk membeli makan, minum dan sebagainya.

Nah, jika uang saku yang dibawa tidak cukup, maka mau tidak mau harus meminjam uang atau berutang kepada teman atau saudara. Sebaiknya, hindari hal tersebut agar kondisi keuangan tetap pada posisi yang aman. Berikut ada beberapa cara cerdas menghemat pengeluaran saat travelling yang bisa dilakukan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Rencanakan dengan Tepat

rencana liburan
Rencanakan Anggaran dengan Tepat

Merencanakan atau buat anggaran dengan jelas apa saja yang dibutuhkan ketika travelling merupakan satu hal yang bisa dijadikan patokan pengeluaran ketika travelling agar keuangan tetap terkontrol dengan baik.

Cari informasi terlebih dahulu mengenai tempat yang ingin dikunjungi. Jangan lupa selalu manfaatkan adanya potongan harga, promo atau diskon saat ingin membeli kebutuhan yang mendukung selama travelling.

Hindari persiapan tersebut secara dadakan atau terburu-buru. Anda bisa mencicilnya dari jauh hari saat ingin membeli kebutuhan agar uang yang Anda keluarkan tidak cepat habis dan sisa uang bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

Baca Juga: Cara-Cara yang Membuat Rencana Travelling Bisa Menjadi Kenyataan

 

2. Kurangi Pengeluaran Uang “Kecil”

keluarin uang
Kurangi Pengeluaran Uang Kecil

Ketika travelling pengeluaran yang memiliki nominal kecil sering dianggap remeh atau dibiarkan keluar gitu saja. Misalnya, untuk laundry, beli makanan ringan, botol minum kemasan, sewa kendaraan dan lainnya. Jika uang kecil tersebut dikumpulkan tentu akan menjadi jumlah yang besar dan bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya. Maka, usahakan selalu memaksimalkan anggaran sehingga pengeluaran tidak terbuang dengan sia-sia sehingga travelling akan menjadi menyenangkan.

3. Bawa Makanan Tahan Lama

makanan di toples
Bawa Makanan Tahan Lama atau Awet via hipwee.com

Tidak ada salahnya membawa makanan yang tahan lama atau awet. Hal ini solusi yang baik dilakukan  bagi traveller agar bisa menghemat pengeluaran uang saat travelling. Jangan lupa pilih makanan yang kering dan mudah dibawa, seperti makanan instan atau kemasan yang siap saji. Selain bisa meminimalisirkan pengeluaran, makanan tahan lama ini juga membantu Anda saat menu makanan yang disajikan penginapan atau disekitar tempat wisata tidak disukai.

Baca Juga: 9 Benda Murah yang Wajib Dibawa Saat Jalan-Jalan

4. Manfaatkan Aplikasi Tour Guide di Smarthphone

tour guide on phone
Manfaatkan Aplikasi pada Smartphone

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya banyak aplikasi baru bermunculan yang mendukung kegiatan travelling. Selain maps, kini adapula aplikasi pemandu wisata yang memiliki keistimewaan bisa membantu Anda ketika memilih penginapan, tiket yang sesuai dengan kantong. Bahkan, ada juga yang bisa menjelaskan tempat wisata tersebut. Jadi, tidak perlu lagi menyewa tour guide yang bisa saja akan mengeluarkan uang banyak.

5. Coba Makanan Lokal

makanan
Mencoba Makanan Khas Daerah

Ketika travelling atau berada di daerah, maka jangan memaksa mengonsumsi makanan mahal karena tentu saja akan tidak sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Alangkah baiknya, ketika berada di daerah cobalah mencicipi makanan khas daerah tersebut. Selain harga yang ditawarkan tidak mahal, Anda juga bisa memperkaya pengetahuan tentang kuliner dan pastinya bisa menghemat pengeluaran.

6. Beli Oleh-Oleh di Pasar

buah tangan
Beli Oleh-oleh di Pasar atau Pusat Perbelanjaan Oleh-oleh

Buah tangan atau oleh-oleh menjadi ciri khas yang tidak boleh dilewatkan karena itu menjadi salah satu tujuan akhir saat menyelesaikan travelling. Nah, agar sesuai dengan anggaran yang telah dibuat, sebaiknya hindari pembelian oleh-oleh di sekitar tempat wisata karena harga setiap barang akan naik berkali-kali lipat

Manfaatkan pasar, seperti pusat jajanan dan oleh-oleh yang memiliki harga lebih murah. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak pilihan mulai dari ukuran, model, hingga jenis oleh-oleh yang beragam.

Atur Keuangan dengan Baik

Menyoal pengelolaan keuangan yang baik tentunya akan kembali lagi kepada masing-masing orang ketika sedang melakukan perjalanan. Anda bisa memilah mana yang harus diprioritaskan dan yang tidak. Memang benar menekan anggaran tidak mudah karena akan mengurangi kebebasan ketika liburan. Namun, hal ini dilakukan demi Anda yang tidak ingin memiliki beban hutang dan lainnya ketika setelah selesai travelling.

Baca Juga: 7 Bukti Keseruan Road Trip saat Travelling Ini Bikin Ketagihan