Hindari Kesalahan ini saat Gunakan Kartu Kredit di Usia 30 tahun

Ketika sudah memasuki usia 30-an berarti sudah berada di posisi kedewasaan yang sudah semakin matang secara menyeluruh. Kedewasaan itu bisa dilihat dari perilaku yang semakin baik, memiliki pola pikir yang bagus, mampu menjaga emosional, hingga bertanggung jawab terhadap semua hal.

Namun, pada kenyataannya tingkat dewasa seseorang tidak bisa diukur dari usianya. Masih banyak orang yang sudah memasuki usia 30an tapi tidak bertanggung jawab pada finansialnya, salah satunya adalah penggunaan kartu kredit yang salah dan terus dibiarkan tanpa adanya perbaikan. Padahal, kesalahan tersebut bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar, yaitu berupa hutang.

Tentunya hal tersebut tidak mau Anda alami, bukan? Nah, berikut beberapa daftar kesalahan yang sering dilakukan pengguna kartu kredit. Cek kembali dan lakukan perbaikan sebelum keuangan menjadi hancur.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Laporan Kartu Kredit Tidak Dibaca

laporan kertu kredit
Mengabaikan Laporan Kartu Kredit

Walau membayar tagihan kartu kredit secara online, bukan berarti kita bersikap cuek pada laporan kartu kredit. Bahkan ada saja orang yang tidak menyentuh laporannya dan dibiarkan tergeletak di meja pojok rumah. Padahal, membaca laporan kartu kredit merupakan hal yang penting dilakukan. Tujuannya agar mengetahui pengeluaran secara rinci dari penggunaan kartu kredit.

Tips: cek laporan tagihan secara rinci dan menyeluruh. Jika adanya data tagihan yang tidak sesuai, maka Anda bisa langsung melakukan komplain kepada pihak bank.

2. Bayar Tagihan Terlambat

terlambat
Terlambat Membayar Tagihan Kartu Kredit

Terlambat atau menunda pembayaran tagihan kartu kredit akan berdampak buruk bagi penggunanya. Selain dikenakan denda yang membuat tagihan kartu kredit semakin membengkak, Anda juga akan dicap sebagai kolektabilitas buruk oleh bank sehingga merusak riwayat pebankan. Artinya, akan semakin sulit mendapatkan pinjaman atau pengajuan kartu kredit lainnya.

Tips: tidak ada kata terlambat menjadi lebih baik termasuk pada penggunaan kartu kredit. Belajarlah tepat waktu saat melakukan pembayaran tagihan. Catat tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit di setiap kalender yang Anda miliki.

Baca Juga: Manfaat Kartu Kredit: Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

3. Hanya Melakukan Pembayaran Minimum

uang (2)
Hanya Membayar Cicilan Minimum

Tidak ada yang melarang jika pengguna kartu kredit hanya melakukan pembayaran pada cicilan minimumnya saja. Tapi kalau ini dilakukan secara terus menerus, maka sisa tagihan yang belum terbayarkan serta bunga akan menjadi tumpukan hutang yang semakin besar. Jika kesalahan tersebut masih dilakukan, maka mau tidak mau Anda akan menghadapi kondisi keuangan yang semakin kacau.

Tips: berhenti melakukan pembayaran minimum pada tagihan kartu kredit. Selanjutnya mulailah membayar tagihan secara penuh. Hal ini agar hutang tidak terus menerus membesar. Segera lakukan pelunasan hutang agar keuangan Anda membaik.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Lunasi Kartu Kredit

4. Tidak Bayar Tagihan

debt collector
Tidak Membayar Tagihan Kartu Kredit

Memiliki hutang kartu kredit yang begitu besar dan merasa tidak sanggup untuk membayarnya sehingga Anda memutuskan berhenti membayar hutang seluruhnya. Hal ini adalah salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan pengguna kartu kredit di usia 30an.

Memang benar pihak bank akan menutup akun kartu kredit kalau selama enam bulan tidak melakukan pembayaran. Tapi bukan berarti Anda terbebas dari tagihan. Justru pihak bank akan terus menagih paksa Anda melakukan pelunasan hutang dengan mendatangkan debt collector ke rumah.

Tips: Jika tidak bisa melunasi hutang yang cukup besar, sebaiknya jangan mengambil keputusan sendiri. Anda bisa konsultasi ke pihak bank atau perusahaan kartu kredit sehingga dapat menemukan solusi yang terbaik. Lakukan hal ini agar kondisi keuangan tetap aman.

5. Menutup Kartu Kredit

potongan kartu kredit
Menutup Kartu Kredit

Kebanyakan orang berpikir menutup kartu kredit yang tidak digunakan adalah cara yang terbaik. Padahal, itu bukanlah solusi yang terbaik bagi pengguna kartu kredit. Penutupan akun kartu kredit yang Anda miliki justru akan merusak skor kredit atau rasio pemanfaatan kredit. Nah, Semakin tinggi rasio Anda, maka akan semakin besar pula dampak negatif terhadap skor kredit.

Tips: walau ada kartu kredit yang tidak digunakan, biarkan saja kartu kredit tersebut tetap terbuka. Tujuannya agar rasio penggunaan kartu kredit Anda tetap rendah.

Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Hindari melakukan kesalahan pada penggunaan kartu kredit yang bisa berdampak buruk pada kondisi keuangan Anda. Hal tersebut tentunya berlaku bagi semua pengguna kartu kredit. Gunakan kartu kredit sebaik mungkin agar manfaat dan keuntungan bisa Anda rasakan. Dengan begitu, penggunaan kartu kredit tentunya bisa membantu dan berdampak baik pada keuangan Anda.

Baca Juga: 10 Cara Benar Menggunakan Kartu Kredit