Ikuti Kiat Bisnis Jeff Bezos, Dijamin Sukses

Jeff Bezos

Merintis bisnis dari skala kecil merupakan hal yang lazim dilakukan oleh para pelaku bisnis. Pada kenyataannya, hampir semua orang yang berkecimpung di dunia bisnis memulai usaha mereka dari nol. Namun yang kemudian menjadi menarik adalah kenyataan bahwa hanya segelintir kecil saja dari pebisnis ini yang pada akhirnya sukses dan bisa membangun bisnis mereka menjadi sebuah perusahaan raksasa.

Sebut saja Jeff Bezos yang bahkan hanya memulai bisnisnya dari garasi rumah orangtuanya dan bukan di sebuah kantor mewah yang memiliki berbagai fasilitas terbaik di dalamnya. Menjadi satu dari segelintir pebisnis yang sukses di usia bisnis yang terbilang muda, Bezos kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bersama dengan perusahaan Amazon miliknya, pria kelahiran Albuquerque, New Mexico, pada 12 Januari 1964 ini mendulang kesuksesan yang gemilang di dalam bisnis online yang dirintisnya.

Meski pada awalnya toko online yang dirintisnya hanya menyediakan produk buku saja, namun Bezos memiliki keyakinan besar bahwa bisnis yang dijalankannya akan berkembang dengan pesat kedepannya. Hal ini tentu bukan isapan jempol semata, sebab di dalam perkembangannya, Amazon bertransformasi menjadi situs penjualan online terbesar yang menyediakan berbagai produk yang lengkap dan sangat beragam. Hal ini bahkan bisa dicapainya dalam hitungan waktu yang cukup singkat, yakni sekitar 2 dekade saja.

Jika sebagian bisnis membutuhkan proses panjang untuk bisa berkembang dan menjadi yang teratas, maka hal serupa sepertinya tidak berlaku untuk Bezos dan Amazon. Semua ini tentu didapatkan dengan sejumlah strategi dan juga pola yang jitu sejak awal, sehingga Amazon bisa bekembang dan sukses seperti sekarang. Sebagai seorang pebisnis besar yang melakukan terobosan luar biasa di dalam bisnisnya, tentu ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari seorang Jeff Bezos.

Berikut ini adalah beberapa kiat sukses yang bisa dipelajari dari seorang Jeef Bezos:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Berhemat dan Alokasikan Uang untuk Berbagai Hal yang Prioritas

Mengatur keuangan dengan ketat merupakan salah satu kunci utama yang mendukung kesuksesan Amazon hingga seperti sekarang. Hal ini telah dibiasakan oleh Jeff Bezos sejak awal berdirinya Amazon dan masih menempati ruangan kecil saja sebagai kantornya.

Bezos menerapkan sistem penghematan untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting dan lebih memilih untuk mengalokasikan dana ke berbagai kepentingan lainnya yang berkaitan dengan pengembangan dan juga pertumbuhan bisnis secara berkesinambungan. Hal ini jelas berimbas dan menjadi salah satu pola kerja yang diterapkan di Amazon, di mana para karyawannya tidak dibiasakan dengan berbagai fasilitas gratis yang nyaman.

Di tempat ini, setiap orang akan memberikan lebih dan bekerja dengan keras. Masing-masing orang tidak berleha-leha dan menikmati berbagai kenyamanan, sehingga mereka justru fokus pada setiap tugas yang mereka emban.

2. Fokus pada Pelanggan dan Perkembangan Perusahaan

Tak sekedar berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Amazon memang secara khusus berupaya keras untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan-pelanggannya. Kepuasan pelanggan akan menjadi poin penting di dalam bisnis online, dan hal ini disadari betul oleh seorang Bezos sejak awal.

Secara konsisten Amazon mempelajari kebutuhan dan juga perilaku pelanggannya, sehingga situs belanja ini bisa berupaya lebih baik untuk memberikan apa yang dicari dan dibutuhkan pelanggan secara maksimal. Hal ini dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan menampung berbagai masukan dari para pelanggannya.

Bukan hanya itu saja, Amazon juga memberikan ruang yang cukup luas bagi pelanggan yang ingin berbagi ulasan dan pengalaman mereka, sehingga bisa menjadi tolak ukur bagi pelanggan lainnya yang akan berbelanja. Jika sebagian besar perusahaan menghindari berbagai keluhan pelanggan, maka hal tersebut tidak terjadi di Amazon.

Baca Juga: 4 Pengusaha Sukses yang Merintis Bisnis dari Nol

3. Pikirkan dan Lakukan untuk Bisnis Jangka Panjang

Sejak awal seorang Bezos sepertinya begitu yakin dengan kesuksesan yang bisa diraihnya dari Amazon. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana pria ini memikirkan berbagai langkah yang akan memajukan bisnisnya untuk jangka yang panjang. Berbagai strategi dijalankannya untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan, dan bukan hanya sekedar mendapatkan laba besar dalam waktu yang singkat dan sesaat.

Hal ini tentu tidak dilakukan oleh kebanyakan pebisnis, di mana pada umumnya pebisnis akan mengupayakan laba terbesar di dalam setiap kesempatan yang datang, bahkan meskipun laba tersebut pada akhirnya membuat bisnis hanya seumur jagung saja. Bezos melakukannya dengan cara yang unik dan berbeda, sehingga Amazon bisa dikenal sebagai salah satu perusahaan yang memiliki strategi pemasaran yang terukur dan lebih berani.

4. Libatkan Semua Orang untuk Ide Terbaik bagi Perusahaan

Di dalam setiap pertemuan dan rapat internal, Amazon menerapkan pola yang unik dalam mengambil keputusan. Setiap orang akan diminta untuk menuliskan ide mereka dan menuangkannya dalam beberapa lembar kertas, di mana masing-masing yang datang akan memiliki kewajiban untuk membaca dan membedah setiap ide ini secara mendalam, sebelum akhirnya sebuah keputusan diambil untuk perusahaan.

Hal ini akan efektif, sebab berbagai ide cemerlang untuk mengembangkan bisnis bisa dihasilkan dengan proses yang lebih kreatif dari setiap orang yang berkepentingan di dalam perusahaan. Amazon juga tidak membiasakan diri dengan tim yang besar sekaligus, namun lebih fokus untuk membangun tim dalam beberapa bagian yang lebih kecil dan produktif. Pola seperti ini dianggap lebih tepat dan produktif.

5. Tidak Mudah Puas dan Tetap Tertantang untuk Berkembang

Meski pada awalnya situs online ini hanya menjual buku dan kemudian meraih kesuksesan dari bidang tersebut, Bezos tidak serta merta merasa puas dan berhenti untuk menikmati kesuksesan yang telah dicapainya. Amazon harus terus tumbuh dan berkembang, termasuk ke berbagai produk lainnya yang lebih beragam.

Hal ini merupakan salah satu kunci penting di dalam kesuksesan Amazon, di mana  perusahaan ini bertransformasi menjadi yang terbesar di antara perusahaan sejenis lainnya. Hingga saat ini, Amazon telah menyediakan berbagai produk yang sangat lengkap, beberapa di antaranya bahkan yang tidak bisa ditemukan di situs belanja online lainnya.

6. Berani Mengambil Risiko

Tak ada bisnis yang tak memiliki risiko, bahkan meski hanya dalam skala kecil sekalipun. Semakin besar kesuksesan yang akan dicapai, maka akan semakin besar juga risiko yang harus ditanggung oleh sebuah perusahaan. Namun kenyataan tersebut tidak serta merta membuat Bezos mengurungkan niatnya untuk membangun Amazon dengan mengandalkan seluruh uang tabungannya kala itu.

Mengambil risiko merupakan hal yang penting dalam mengembangkan bisnis, sebab keputusan seperti ini memberikan peluang bagi bisnis untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Hal seperti ini menjadi salah satu budaya di Amazon, di mana para karyawannya juga terlibat dalam memberikan berbagai ide dan gagasan yang dibutuhkan untuk perkembangan perusahaan ke depannya.

Sebagai imbalannya, Bezos tidak sungkan-sungkan untuk memberikan penghargaan kepada para karyawannya, baik kepada mereka yang mencoba dan berhasil dengan baik ataupun kepada mereka yang mencoba dan tidak berhasil dalam percobaan tersebut.

Baca Juga:  Artis-Artis Sukses Korea Selatan ini Ternyata Juga Bisa Sukses Jadi Pebisnis

7. Pelajari dan Pahami Pasar untuk Mendukung Kesuksesan

Jika melihat perkembangannya saat ini, kebanyakan orang tidak akan percaya bahwa Amazon pada awalnya memulai bisnis dengan hanya menjual buku semata.

Namun itulah kenyataannya, di mana seorang Bezos mau dan mampu melihat perkembangan pasar yang ada dan mengembangkan bisnisnya ke arah sana dengan sangat baik.

Penting untuk selalu memahami dengan baik berbagai hal yang terjadi di pasar dan terkait dengan bisnis yang dijalankan, agar berbagai upaya untuk mengembangkan bisnis tersebut bisa dilakukan secara maksimal, dan Bezos melakukan hal ini dengan sangat baik.

Sosok Pekerja Keras yang Inspiratif

Menjalankan bisnis dengan cara yang berbeda dan unik menjadi salah satu kunci kesuksesan Jeff Bezos. Pria ini memiliki keyakinan dan gaya tersendiri di dalam mengembangkan bisnisnya Amazon. Dengan berbagai pemikirannya tersebut, sosok inspiratif ini sukses membawa Amazon menjadi salah perusahaan ritel terbesar di dunia saat ini.

Baca Juga: Inspirasi Positif dari BTS ‘Kpop Group’ Pertama yang Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia