Ikuti Tips Keuangan Ala Safir Senduk agar Tidak Lagi Bingung Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan memang sudah menjadi sebuah keharusan, terutama bagi yang sudah memiliki pemasukan sendiri. Dengan mengelola keuangan dengan baik tentu saja akan mendukung kondisi keuangan yang sehat kedepannya. Jika tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, maka salah satu risiko yang bisa terjadi adalah munculnya tumpukan-tumpukan utang yang akan menganggu keuangan di masa depan.

Namun sayangnya tidak semua orang memahami bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar. Sehingga banyak sekali kesalahan-kesalahan yang dilakukannya dalam mengatur keuangan. Sebenarnya Anda bisa mempelajari tips-tips keuangan dari para ahlinya sebagai pedoman untuk mengelola keuangan yang baik, salah satunya yaitu Safir Senduk.

Safir Senduk merupakan lulusan dari STIE I/BMI Jakarta dan juga penulis sejumlah media cetak, tabloid bisnis keuangan, hingga di beberapa radio-radio ternama. Salah satu bukunya yang cukup populer adalah Perencanaan Keuangan Keluarga. Bahkan belia pun juga menjadi pembicara di beberapa seminar dan televisi serta menjadi pemilik dari situs keuangan terlengkap yaitu perencanaan keuangan. Sebagai salah satu ahli keuangan, Safir Senduk memberikan beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengelola keuangan yang baik:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

loader
Mengelola Keuangan

1. Secara Sopan Santun, pihak Bank tentu saja tidak akan mengeluarkan kartu kredit tanpa adanya seijin dari Anda. Sehingga jika merasa penggunaan kartu kredit tidak terlalu penting, akan lebih baik jika tidak mengajukan pembuatan kartu kredit

2. Buatlah bisnis dengan modal yang kecil namun bisa dijual dengan nilai yang tinggi, apakah itu? Bisnis konsultasi.

3. Berinvestasi pada barang-barang koleksi. Semua barang tentunya dapat dikoleksi, namun tidak semua barang bisa dijadikan investasi.

4. Jika Anda seorang karyawan sekaligus memiliki bisnis sampingan? Maka silahkan berhenti menjadi karyawan jika pemasukan bisnis 3 kali lipat dari gaji sebagai karyawan.

5. Ingin memiliki mobil namun dana terbatas? Maka Anda bisa mempertimbangkan membeli mobil bekas. Hal ini karena nilai mobil di tahun-tahun pertama akan menyusut besar.

6. Namun bagaimana jika Anda ingin kredit mobil baru? Jika memiliki cash, itu akan lebih baik.

7. Ada 2 macam aset, aset pertama adalah aset yang selalu membuat Anda mengeluarkan uang setiap bulan. Aset kedua adalah yang selalu memberikan Anda uang setiap bulan.

8. Ada 5 komponen biaya dalam liburan, yaitu transportasi, akomodasi, objek wisata, makanan dan minuman, dan belanja/oleh-oleh.

9. Single parent? Mengapa tak mencoba untuk memiliki bisnis sendiri. Jangan hanya mengandalkan profesi sebagai karyawan.

10. Cobalah kredit bank Syariah, pihak bank akan membeli barang tersebut lalu menjual kepada Anda dengan harga yang lebih tinggi untuk dicicil hingga lunas.

11. Bedakan membeli barang dengan menggunakan kredit bank umum dan bank syariah. Jika menggunakan kredit bank umum, maka Anda membayar harga pokok ditambah bunga nya yang dapat naik turun.

12. Menabung via bank umum dan syariah tentunya berbeda. Jika di bank umum maka Anda akan mendapatkan bunga. Sedangkan di bank syariah, Anda akan mendapatkan melalui sistem bagi hasil.

13. Semakin panjang jangka waktu investasi, maka itu akan semakin baik. Sehingga tidak masalah jika memilih investasi dengan keuntungan besar meskipun risikonya juga besar.

14. Tabungan berjangka vs asuransi jiwa? Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih besar, maka akan lebih baik untuk memilih tabungan berjangka.

15. Tips berlibur dengan dana yang minim, Anda bisa menekan pada biaya penginapan dan transportasi.

16. Ada 3 macam budget untuk berlibur, yaitu budget minim, budget normal, dan budget lebih.

17. Penggunaan kartu kredit tentu harus untuk hal-hal yang produktif, jangan gunakan kartu kredit untuk hal konsumtif.

18. Makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum merasa kenyang di dalam keuangan. Sehingga siapkan investasi sejauh hari serta jangan rakus dengan keuntungan kedepannya.

19. Cobalah mengenal reksa dana syariah, yaitu investasi reksa dana yang berbasis syariah Islam.

20. Bagi yang baru bekerja, Anda bisa mencoba untuk memulai tabungan berjangka dan kemudian beralih ke reksadana.

Baca Juga: Ini Cara Modern untuk Mengatur Keuangan Pribadi

Pentingnya Mengelola Keuangan Yang Baik

Mengelola keuangan dengan baik akan sangat bermanfaat bagi kondisi finansial kedepannya. Anda bisa mulai belajar dari orang-orang sekitar, buku-buku keuangan, maupun ahli dalam masalah keuangan.

Baca Juga: 8 Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan