Ilmu Bisnis dari Taylor Swift, Apa Saja yang Bisa Dipelajari?

Taylor Swift, siapa yang tidak mengenal penyanyi muda yang sangat bertalenta ini. Bukan hanya sukses di dalam karirnya saja, namun gadis ini juga memiliki kemampuan yang luar biasa di dalam mengembangkan bisnis yang juga dijalankan olehnya, sehingga tak heran jika sejumlah orang menjadikannya sebagai idola dan juga panutan mereka.

Muda dan memiliki sejumlah talenta, tentu bukanlah sebuah pencapaian yang biasa-biasa saja. Taylor Swift mampu mengumpulkan sejumlah pundi-pundi melalui keberhasilan dan juga karirnya yang cemerlang. Anda tentu bertanya-tanya, apa saja yang dilakukannya untuk bisa mencapai itu semua.

Berikut ini adalah sembilan langkah yang dilakukan Taylor Swift dalam bisnisnya untuk bisa meraih semua keberhasilannya:

Baca Juga : 10 Cara Pengusaha Meningkatkan Produktivitas yang Patut Ditiru

1. Menjadi Pribadi dan Karakter yang Ramah

friendly character

Karakter yang Ramah via ww.incimages.com

 

Kesuksesan yang diraihnya, tidak membuat gadis muda ini menjadi seseorang yang memiliki kepribadian yang tidak menyenangkan, sebab dia justru memanfaatkan kesuksesan tersebut untuk terus membumi dan semakin dikenal oleh semua orang. Taylor sangat menyadari betapa pentingnya sebuah hubungan dan juga relasi, sehingga berbagai upaya akan dilakukannya untuk tetap bisa mempertahankan hal tersebut. Hal senada juga diungkapkan oleh Rachel Jimenes, seorang manajer operasional di logos Lifetime Enterprise Present yang mengatakan bahwa, “Taylor Swift masih sangat muda, cantik, kaya, musisi yang berbakat dan juga seorang pengusaha.

Namun di luar sana orang-orang mengenalnya melalui lagu-lagunya yang bercerita tentang masa-masa sulit yang telah dilaluinya, hal ini tentu menjadi perhatian dan penilaian positif tersendiri bagi mereka. Di lain sisi, seorang Britney Spears juga muda, cantik dan kaya, namun orang-orang justru tidak menyukainya karena dia selalu memamerkan sejumlah keberhasilannya, di mana orang justru menginginkan kegagalan dan juga kejatuhannya.”

Bersikaplah seperti Taylor dan bukan Britney, di mana Anda memang harus menunjukkan sisi “kemanusiaan” Anda ketika menjalankan sebuah bisnis.

2. Memahami Target Anda

Salah satu kesalahan fatal dari sebuah bisnis yang besar adalah ketika pebisnis menempatkan diri mereka di atas para pelanggannya. Seorang Taylor Swift tidak melakukan hal ini kepada para penggemarnya, di mana dia justru berusaha untuk bisa memberikan sebuah kontribusi yang positif kepada mereka. Hal ini mungkin bukan sebuah pekerjaan yang mudah, namun Taylor Swift melakukannya dengan berbagai pendekatan efektif yang akan selalu membuat audiensnya menjadi terhubung dengannya.

Taylor akan mencari tahu berbagai hal yang disukai dan juga tidak disukai oleh audiensnya, bahkan dengan cara mengandalkan media sosial yang dimiliki olehnya. Interaksi yang positif ini kemudian akan membuat terjalinnya sebuah hubungan yang baik dan hangat, sehingga audiens akan lebih mudah “dirangkul”. Jika kondisi tersebut telah tercipta, maka langkah Anda dalam memasarkan bisnis kepada mereka tentu akan menjadi lebih mudah, bukan?

3. Selalu Penuh Kejutan

Memiliki sejumlah pemikiran yang tidak biasa adalah hal yang selalu dilakukan oleh Taylor Swift, termasuk dalam memberikan sejumlah kejutan bagi para penggemarnya. Hal ini akan menjadi sebuah momen yang indah untuk dikenang dan bahkan akan selalu dibicarakan oleh banyak orang, itulah yang dilakukan oleh seorang Taylor Swift.

Beberapa waktu yang lalu dia memberikan sejumlah hadiah liburan bagi penggemarnya, hal ini tentu menjadi sebuah kejutan yang manis dan menyenangkan bagi mereka yang menerimanya. Terlebih lagi setiap paket hadiah akan selalu dibuat berbeda antara satu dengan yang lainnya, sehingga membuat penggemar tetap bertahan dan menunggu kejutan-kejutan lainnya yang akan diberikan oleh seorang Taylor Swift kepada mereka.

Hal yang sama juga terjadi di dalam dunia bisnis, di mana Anda tentu akan selalu dituntut untuk kreatif dan memiliki sejumlah kemampuan dalam menciptakan kejutan di dalam bisnis yang Anda jalankan. Berbagai kejutan bisa Anda selipkan di dalam produk Anda, sehingga pelanggan merasa senang dan begitu bersemangat untuk tetap setia pada produk yang Anda hasilkan tersebut.

Baca Juga : Kisah Pengusaha Sukses dan Cara Mengikuti Jejak Mereka

4. Sesuai dengan Aslinya

Seorang Taylor Swift sangat mengerti akan pentingnya menjaga kualitas dan juga kenyamanan dirinya sendiri ketika berada di antara para penggemarnya. Penyanyi ini akan tetap menjadi dirinya sendiri dan menunjukkan segala sesuatu di dalam dirinya dengan apa adanya, di mana dia akan menyanyi bersama penggemarnya, menari sebagaimana yang dia mau dan mampu, serta bergabung di antara para pengemarnya dengan nyaman dan gembira. Itu merupakan sebuah nilai jual yang tidak dimiliki oleh semua artis lainnya, di mana pada umumnya mereka akan selalu berusaha tampil sempurna dan bahkan meski hal tersebut harus membuat mereka menjadi berbeda dari diri mereka yang sebenarnya.

Hal serupa juga sangat penting untuk Anda terapkan di dalam bisnis Anda, sehingga Anda menemukan sebuah jati diri dan juga pengakuan orisinalitas atas produk yang Anda bisniskan secara luas tersebut. Jangan melakukan berbagai hal yang tidak patut, seperti: beriklan tanpa sebuah kejujuran, melakukan sebuah pemasaran yang tidak sesuai dengan standar yang seharusnya dipenuhi. Berbagai tindakan seperti ini hanya akan membuat bisnis Anda tutup buku dan berakhir dengan sempurna.

5. Menjadi Bintang Sosial Media

social media

Social Media Star via www.easyacc.com

 

Tak ada yang meragukan kemampuan penyanyi yang satu ini dalam mengelola dan meraih kepopuleran melalui sosial media yang dimilikinya. Dia memiliki kecakapan dan juga kekuatan dalam mengarahkan dan juga membuat penggemarnya menjadi begitu memperhatikan semua hal tentang dirinya, tentunya dengan berbagai cara yang elegan dan santun. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dan juga kemampuan luar biasa yang bisa diandalkannya dalam meraih kesuksesan di dalam lini bisnisnya tersebut.

Dengan mengandalkan beberapa sosial media miliknya, Taylor Swift bisa menjalankan berbagai agenda bisnisnya dengan maksimal, seperti: meng-update jadwal tour, menjual tiket secara online, menunjukkan berbagai kegiatan yang dilakukannya, atau bahkan sekedar berinteraksi dengan para penggemarnya. Tentu saja tidak semua orang mampu melakukan hal ini, bukan?

Tidak semua sosial media cocok untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda, itulah poin yang penting untuk diketahui sejak awal. Ketahui dengan tepat sosial media mana yang paling sesuai untuk Anda jadikan sebagai media pemasaran bisnis Anda, sehingga kegiatan tersebut bisa menghasilkan kesuksesan bagi Anda secara maksimal.

6. Undang Pelanggan ke Lingkaran Bisnis Anda

Ketika akan mengeluarkan sebuah produk, maka Anda harus melakukan berbagai pendekatan maksimal kepada para pelanggan Anda. Termasuk dengan cara mengundang dan mendatangi mereka dalam kegiatan promosi yang berbeda. Hal seperti inilah yang dilakukan oleh seorang Taylor Swift, di mana beberapa waktu yang lalu dia bermitra dengan American Express untuk membuat sebuah aplikasi dengan konten yang berisi adegan di balik layar video klip terbarunya. Hal ini akan membuat penggemar menjadi lebih tahu mengenai pembuatan klip tersebut, tentunya dengan jumlah porsi yang telah diatur sedemikian rupa.

Hal senada juga bisa Anda jalankan di dalam bisnis, di mana Anda memberi peluang bagi para pelanggan untuk mengetahui dan masuk ke dalam lingkaran bisnis yang Anda jalankan. Dengan begitu, maka mereka akan lebih loyal dan mengetahui dengan lebih dekat tentang bisnis tersebut, sehingga angka penjualan Anda ke depannya akan semakin meningkat.

7. Berikan Reward pada Pelanggan Setia

Taylor Swift sangat menghargai para penggemar setianya, itulah mangapa penting baginya untuk selalu memperhatikan dan memberikan reward kepada mereka. Secara mengejutkan dia akan mengirimkan beberapa hadiah yang berkesan dan berbeda kepada para fans setianya tersebut, di mana hal ini tentu menjadi sebuah kejutan dan pemberian yang tak terlupakan bagi mereka yang menerimanya.

Hal yang sama juga bisa Anda lakukan kepada para pelanggan setia Anda, di mana Anda meluangkan sedikit waktu dan juga sejumlah kejutan bagi mereka yang selalu loyal pada produk yang Anda hasilkan. Hal ini bisa Anda tunjukkan dalam beberapa bentuk, seperti: memberikan sejumlah diskon eksklusif, mengirimkan sejumlah voucher pembelian, atau bahkan memberikan produk gratis kepada para pelanggan tersebut.

8. Layanan Pelanggan yang Luar Biasa

Memberikan sejumlah waktu yang terbilang singkat, terkadang bisa memberikan dampak positif yang sangat besar bagi orang lain yang menerimanya. Hal seperti ini sangat disadari oleh seorang Taylor Swift, di mana dia tidak akan sungkan-sungkan untuk sejenak meluangkan waktunya untuk sekedar menuliskan kartu ucapan terima kasih atau yang lainnya. Ini mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, namun bagi yang menerima kartu tersebut hal ini akan sangat berarti dan bahkan menjadi salah satu kenangan terindah di dalam hidup mereka nantinya.

Lakukan hal yang sama kepada para pelanggan Anda, luangkan sejenak waktu Anda untuk sekedar menuliskan ucapan terima kasih kepada mereka. Hal ini bahkan tidak akan menghabiskan sepuluh menit dari waktu yang Anda miliki, bukan?

9. Keluar dari Aturan

thinking out of the box.jpg

Keluar dari Aturan via i.ytimg.com

 

Sesekali Anda harus memiliki keberanian untuk melangkah di luar jalur, sebab hal ini akan sangat membuat Anda berbeda dengan yang lainnya. Taylor Swift melakukan hal tersebut di dalam bisnisnya, di mana dia terjun langsung dan menangani lini-lini bisnisnya secara serius, sehingga berkembang dan menjadi sebesar sekarang. Jangan menunda untuk melakukannya secara langsung dan penuh, terutama jika ternyata Anda memiliki kemampuan untuk hal tersebut.

Ketahui Kemampuan Anda Sejak Awal

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda tentu akan dituntut untuk memiliki sejumlah kemampuan di bidang tersebut. Penting bagi Anda untuk mengetahui kemampuan ini sejak awal, agar Anda bisa menjalankan bisnis tersebut secara maksimal. Belajar dari cara Taylor Swift dalam membangun bisnisnya, maka Anda kemungkinan bisa menerapkan dan meraih kesuksesan yang sama dengan artis muda tersebut di masa yang akan datang.

Baca Juga : Agar Bisnis Berjalan Sukses, Ikuti Tips Cerdas Menyusun Strateginya Berikut Ini