Indomie Jadi Mi Instan Terlezat Sejagat, Ternyata Begini Fakta Menariknya

Indomie

Indomie Rasa Ayam Panggang yang Dinobatkan Jadi Mi Instan Terenak di Dunia via Instagram @indomie

Ucapkan selamat pada Indomie. Produk mi instan yang termasuk makanan sejuta umat ini dikukuhkan menjadi mi instan terenak di dunia. Bangga banget deh

Aku, kamu, dan kita pasti pernah makan Indomie kan? Mi rebus atau mi goreng bertemu bumbu asin, pedas, dan bumbu minyak. Kemudian diaduk rata hingga keseluruhan menyatu. Belum juga dimakan, aromanya sudah ‘menusuk’ hidung. Begitu menikmati suapan pertama, rasa Indomie gurih-gurih laziz (enak).

Apalagi ditambah topping cabai rawit, sayur sawi, dan telur setengah matang. Duh, kenikmatan yang HQQ (red-hakiki). Yang ngantuk jadi melek, yang lagi kena pilek langsung meler. Yang tadinya ‘puasa’ mi instan, bisa tergoda kalau ‘iman’ gak kuat.

Sudah enak, harga Indomie murah banget. Di warung kelontong, mi instan jagoan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk tersebut dijual seharga Rp2.500 per buah. Pantas saja jika Indomie termasuk makanan merakyat. Dari kuli sampai direksi, tua muda, besar kecil, semua doyan Indomie. Indomie juga jadi penolong anak kosan di tanggal tua.

Kelezatan Indomie tak ada lawan. Dunia mengakuinya. Pengakuan ini diterima Indomie sebagai mi instan terlezat sejagat versi Los Angeles (LA) Times. Penasaran dengan Indomie jadi raja mi instan di dunia? Berikut ulasannya seperti dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Brand Indonesia yang Mendunia ini Dikira Milik Luar Negeri

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Indomie Rasa Ayam Panggang Sang Juara

Kolumnis Makanan, Lucas Kwan Peterson menyusun LA Times Instant Ramen Power Rankings, baru-baru ini. Dari laporannya yang dimuat di laman latimes.com, Indomie Ayam Panggang (BBQ) berhasil menduduki peringkat pertama mi ramen instan paling enak di dunia.

Mengalahkan merek mi instan dari negara lain, yakni MyKuali rasa Kari Putih dari Malaysia, Nongshim Shin Black, Sapporo Ichiban Shio, Ibumie Mi Goreng Kari Karapitan, hingga Samyang Mala Hot Chicken yang hanya menempati posisi ke-13.

Sementara varian Indomie lain, yakni Indomie Mi Goreng tetap berada di posisi 10 besar mi instan terlezat di dunia. Tepatnya di urutan ke-10.

Penilaian Peterson dalam menyajikan data peringkat mi ramen instan ini didasarkan pada pengalamannya menyantap semua jenis mi instan di seluruh dunia. Tolok ukur penilaian ada dua, yakni rasa dan kesesuaian rasa maupun tampilan dengan iklannya.

Hasilnya Indomie Ayam Panggang juaranya. Mi instan ini dinilai Peterson punya paket rasa yang komplit. Ada 5 paket rasa yang berbeda, yaitu 3 bumbu cair (minyak bawang, kecap manis, dan saus cabai), serta 2 saset bumbu kering (bubuk ayam yang kaya dengan MSG atau micin dan bawang merah goreng.

“Mereka semua (bumbu dan mie) berbaur menjadi satu, benar-benar surgawi,” kata Peterson. Menurutnya, Indomie bisa membuat siapapun ketagihan dengan rasanya. “Bisa dan mau makan setiap hari,” Peterson mengungkapkan.

Sementara untuk Indomie (mi goreng klasik) yang bertengger di posisi 10, diakui Peterson memiliki keseimbangan rempah, rasa asin, dan tekstur yang luar biasa. Hanya saja ia menilai, kelemahan Indomie varian satu ini terlalu manis. Bagaimana menurutmu?

Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam Si Pelopor

Tahukah kamu Indomie kuah rasa kaldu ayam adalah produk pertama yang meluncur di Indonesia? Varian ini hadir saat mi instan mulai menjamur di Tanah Air. Mi instan mampu membuktikan dapat menjadi bahan pangan pokok dengan harga terjangkau, gampang banget penyajiannya, dan awet atau tahan lama.

Begitu meluncur Indomie kuah rasa kaldu ayam, penjualan laku keras bak kacang goreng. Karena rasanya sesuai dengan selera dan lidah orang Indonesia. Kemudian di tahun 1982, dirilis lagi produk Indomie kuah teranyar rasa kari ayam.

Puncaknya setahun kemudian, Indomie kian digandrungi masyarakat. Muncul lah ide menghadirkan varian Indomie Mi Goreng (klasik). Hingga saat ini, banyak sekali varian rasa Indomie kuah dan goreng yang dapat disantap. Ada rasa ayam geprek, rendang, rasa mi Aceh, empal gentong, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Ssst, Ternyata Ini Rahasia Sukses Gudang Garam Jadi Produsen Rokok Raksasa di RI

Eksis di Luar Negeri hingga Ada Warung Indomie di Nigeria

Indomie
Pabrik Indomie di Turki (Foto: Kementerian Perdagangan)

Nama Indomie asal Indonesia sudah terkenal seantero dunia. Bagaimana tidak, produk Indomie telah melanglang buana ke lebih dari 80 negara. Pasar ekspornya bukan cuma negara tetangga, tapi sudah merambah Nigeria, Timur Tengah, Afrika, Amerika Serikat, Australia, Inggris, China, sampai negara-negara Eropa.

Saking dicintai negara lain, Indofood sampai membangun pabrik di beberapa negara, seperti Malaysia, Nigeria, Suria, Mesir, Arab Saudi, hingga Turki. Eksis banget ya Indomie.

Maka dari itu, kamu dapat dengan mudah menemukan Indomie di minimarket saat liburan ke luar negeri. Meski harga jualnya lebih mahal ketimbang di Indonesia, tetap saja dibeli karena kangen dengan cita rasanya.

Menariknya lagi, kalau di Tanah Air ada warkop yang jualan Indomie atau warmindo (warung Indomie) pinggir jalan, di Nigeria pun gak mau ketinggalan. Beredar video di YouTube, warga Nigeria yang sedang sibuk berjualan menu Indomie. Omzetnya gak main-main, sekitar Rp1 juta per hari.

Selain itu, ada restoran halal di Milan yang menyajikan menu Indomie Mi Goreng. Sementara di Hong Kong, Indomie Goreng dijual di minimarket dan bisa langsung dimasak di sana. Menyantapnya sambil berjalan. Nikmat sekali sepertinya.

Artis K-Pop Doyan Makan Indomie

View this post on Instagram

bias siapa nih? Ketika orang indo mukbang samyang, orang korea mukbang indomie 😂👌 . . . . - Kang 😎 | @akangnam . . . ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー 🔍 Find and Share more Fact at @kpopfanboy_id ? Search with hastag ⇨ #KFI_Fact ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ❗ DONT FORGET TO : ❤ Like postingan sebelum nya 📝 komentar 👫 Tag teman kamu 🎵follow @akangnam ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー . . ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー #kpopfanboy_id #KpopVideo #faktaAPINK #kpopfact #faktakpop #Koreanartist #KoreaSelatan #Indonesia #Idol #BTS #EXO #VIXX #SNSD #RedVelvet #Blackpink #WannaOne #Gugudan #Twice #KPOP #Eunwoo #kangdaniel #parkjihoon #NCT2018 #THEBOYZ #APINK #Bomi #Eunji ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー ーー

A post shared by ZONA KOKOREAAN (OPEN PP) 🔵 (@kpopfanboy_id) on

Indomie ternyata mampu menggoyang lidah para selebriti luar negeri. Bisa jadi karena demen, lama-lama jadi ‘budak cinta (bucin)’ Indomie. Buktinya, beberapa artis Korea Selatan dan India pernah membuat video mukbang maupun memajang foto Indomie:

  • Yoon Bomi, Personil Girlband K-Pop Apink mukbang Indomie Goreng dan menuliskan caption “Hmm enak!”
  • Kyuhyun, Personil Super Junior minta disediakan Indomie rasa Kari Ayam kepada promotornya saat konser di Indonesia. Tak lupa kabarnya, ia memboyong sekardus Indomie varian yang sama untuk dibawa ke negaranya.
  • Parineeti Chopra, Bintang Bollywood memamerkan Indomie dengan aneka rasa di instagram story-nya. Sepupu artis Priyanka Chopra ini kegirangan mendapatkan kiriman mi instan tersebut dari sahabatnya.

Indomie Tenar, Jangan Lupakan Sang Penciptanya

Indomie
Nunuk Nuraini, Pencipta Rasa Indomie yang Lezat (Foto via celebesonline.com/boombastis.com)

Nama Indomie sudah berkibar selama lebih dari 30 tahun. Di balik ketenarannya karena rasa yang lezat, ada sosok Nunuk Nuraini. Wanita yang sudah puluhan tahun berkarier di Indofood ini adalah pencipta semua varian rasa Indomie.

Nunuk lihai meracik bumbu, mengombinasikannya, hingga memiliki cita rasa otentik yang selalu bisa diterima lidah orang Indonesia, termasuk orang bule. Fokus jebolan Universitas Padjajaran, Bandung jurusan Teknologi Pangan itu ada pada pengembangan rasa Indomie. Membuat bumbu skala kecil dulu, untuk kemudian diproduksi dalam jumlah besar. Terima kasih Bu Nunuk.

Optimistis dan Jeli Melihat Peluang Pasar

Merek Indomie tumbuh besar karena ada prinsip optimistis dan kejelian perusahaan melihat pasar. Saat mi instan dianggap sulit menjadi salah satu bahan pangan pokok, Indomie hadir menjawab keraguan tersebut.

Prinsip ini pula yang harus kamu munculkan dalam diri bila ingin mendirikan usaha. Ciptakan produk yang menurut orang mustahil. Jangan takut dibilang gila, karena dari ide bisnis tersebut, kamu dapat menciptakan produk yang belum pernah ada sebelumnya dan mampu merajai pasar.

Baca Juga: Sarita Sutedja Blakblakan Resep Sukses Warunk UpNormal Cs