Indonesian Idol Jadi Ajang Pencarian Bakat Bergengsi di Indonesia, Ini Ulasannya

Belakangan ini, ajang pencarian bakat menjadi incaran banyak orang terutama kalangan milenial. Mereka memanfaatkan ajang tersebut sebagai jembatan menuju kesuksesannya. Setiap penyelenggara ajang tentunya menjanjikan hadiah berupa uang tunai ratusan juta hingga kendaran. Bahkan setiap finalisnya juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan kontrak kerja.

Salah satu ajang pencarian bakat di Indonesia adalah Indonesian Idol. Diadopsi dari ajang pencarian bakat paling terkenal di inggris dengan nama Pop Idol, ajang pencarian bakat tersebut disponsori oleh Fremantle Media dan menggandeng RCTI sebagai stasiun televisi resmi yang menyiarkan acara ini dari awal audisi hingga kompetisi berakhir.  

Indonesian Idol sendiri adalah ajang pencarian bakat tarik suara yang  secara langsung skor perolehannya didapatkan dari voting langsung oleh penonton. Hingga saat ini Indonesian Idol telah mencapai musim kesembilan dari pertama kali mengudara.

Berikut ulasan mengenai Indonesian Idol dari awal hingga menjadi ajang pencarian bakat paling bergengsi di Indonesia yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sempat Turun Tayang karena Rating Anjlok

indonesian idol
Indonesian Idol via indonesianidol.com

Dibalik nama besar Indonesian Idol nyatanya acara ini tak selamanya berjalan mulus. Sempat turun tayang dikarenakan ratingnya yang anjlok pada tahun 2011 dikarenakan kehadiran acara Master Chef Indonesia yang kebetulan juga tayang di RCTI.

Penurunannya tersebut hingga tahun 2014 dan akhirnya di tahun berikutnya Indonesian Idol benar-benar vakum dan digantikan dengan The Voice Indonesia 2 yang semula disiarkan oleh Indosiar.

The Voice Indonesia 2 pun turut diramaikan oleh runner-up Indonesian Idol musim kedua sebagai jurinya yakni Judika Sihotang. Sebagai gantinya, pihak Fremantle Media pun menghadirkan kompetisi bernyanyi dengan konsep berduet yakni Just Duet yang ditayangkan oleh Net TV. Namun sayangnya, acara tersebut tak terlalu banyak mendapatkan perhatian masyarakat sekalipun menghadirkan Almarhum Mike Mohede sebagai salah satu jurinya.

Baik The Voice Indonesia 2 maupun Just Duet nyatanya tak berhasil meraup perhatian banyak penonton, oleh karenanya pihak Fremantle Media pun mengumumkan akan merilis kembali Indonesian Idol setelah kehadirannya sempat terhenti selama 3 tahun. Dimana tepat pada tahun 2018, Indonesian Idol kembali hadir dan memasuki musim ke 9.

Musim ke 9 ini Indonesian Idol mengusung tema “Idol is Back” dan dibawakan kembali oleh host Daniel Mananta. Acara kali ini terbilang cukup istimewa mengingat pemenangnya adalah kontestan termuda sepanjang sejarah Indonesian Idol yakni Maria Simorangkir dari Medan. Sementara runner-up nya yakni Ahmad Abdul.

Keberhasilan Indonesian Idol dalam melahirkan penyanyi-penyanyi berbakat nyatanya menuai beberapa penghargaan bergengsi tanah air. Salah satunya yakni Panasonic Awards untuk kategori Music & Variety Show terbaik dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut, yakni tahun 2005 dan tahun 2006. Keberhasilan Indonesian Idol meraih penghargaan mengalahkan Akademi Fantasi Indosiar dan KDI yang masuk dalam nominasi yang sama.

Selain mendapatkan penghargaan dalam negeri, Indonesian Idol nyatanya juga mendapatkan penghargaan dari Singapore Tourism Board saat finalis Indonesian Idol menunjukan kebolehannya dalam membuka tur dunia American Idol musim ketiga.

Babak Kompetisi Indonesian Idol

View this post on Instagram

A post shared by Indonesian Idol (@indonesianidolid) on

Kompetisi Indonesian Idol menjadi sangat banyak diminati oleh masyarakat lantaran menawarkan beberapa babak kompetisi hingga mencapai kemenangan yang cukup menantang dan membuat penontonnya menjadi penasaran. Babak tersebut di antaranya:

  • Audisi

Babak pertama dalam kompetisi Indonesian Idol adalah audisi yang dilakukan di kota-kota besar Indonesia seperti Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makassar dan terakhir tentunya DKI Jakarta. Proses audisi ini pun terbilang berlapis-lapis dimana pada tahap pertama kontestan akan dihadapkan pada juri khusus untuk audisi awal. Setelah dinyatakan lolos, di babak berikutnya barulah kontestan akan dihadapkan pada juri utama Indonesian Idol.

Antusiasme masyarakat Indonesia terbilang cukup tinggi untuk mengikuti ajang ini dimana pada musim pertama peserta audisi Indonesian Idol mencapai 32.000 peserta dan terus bertambah hingga musim ketiga dengan jumlah peserta audisi mencapai 48.000 peserta.

Baca Juga: Lika-liku Karier Slank Sebelum Jadi Band dengan Honor Termahal

  • Eliminas

Tahap berikutnya kontestan yang dinyatakan berhasil lolos akan dihadapkan pada babak eliminasi. Setiap peserta yang mendapatkan golden  atau titanium tiket pada saat proses audisi berhak melaju ke babak eliminasi dimana pada tahap ini setiap kontestan akan bernyanyi secara solo, duet hingga grup.

  • Workshop

Setelah berhasil lolos dari babak eliminasi, setiap kontestan akan dihadapkan pada babak workshop. Pada babak ini biasanya pihak Indonesian Idol telah mengumpulkan 24 finalis dan dibagi kembali dalam 3 kelompok dimana setiap kelompok akan disaring kembali dan hanya akan diambil 3 atau 4 orang saja. Pada tahap ini setiap finalis wajib mengantongi jumlah sms terbanyak, hingga akhirnya terbentuklah 12 besar Indonesian Idol.

  • Wildcard / Amnesti

Babak satu ini terbilang paling banyak dinantikan oleh setiap finalis yang gugur selama babak workshop. Dimana pada babak ini, setiap peserta yang gagal untuk melaju ke babak spektakuler akan diberikan kesempatan lagi untuk bertanding kembali.

Pada musim pertama, babak ini dikenal juga dengan nama babak Amnesti dan dipilih berdasarkan SMS. Pada musim kedua babak ini sayangnya ditiadakan, sementara pada musim ketiga babak ini dihadirkan kembali dengan sebutan Wild Card dan diteruskan hingga musim keenam.

Baca Juga: ‘Alamat Palsu’ Jadikan Ayu Ting Ting Artis Sukses, Ini Kisah Perjalanannya

  • Spektakuler Show

Babak berikutnya yang harus dijalani oleh setiap kontestan adalah Spektakuler Show. Peserta yang masuk dalam babak ini adalah peserta yang sebelumnya telah unjuk kebolehan hingga lolos dari babak workshop. Babak ini akan berlangsung setiap minggunya dan menyisihkan satu hingga dua kontestan dengan voting terendah.

Babak ini ditayangkan seminggu sekali dan berlaku pada musim pertama hingga musim kedelapan. Sementara pada musim kesembilan babak spektakuler show ditayangkan dalam rentang waktu dua minggu sekali.

Pada babak spektakuler show ini setiap kontestan akan menyanyikan lagu tema Indonesian Idol dengan judul Idola Indonesia yang merupakan ciptaan dari Andi Riyanto dan Monty Tiwa. Lagu ini akan terus dinyanyikan hingga babak final yang menyisakan dua kontestan.

  • Result Show Spektakuler Show

Babak berikutnya yang paling mendebarkan adalah result show yang ditayangkan selama 1 jam setelah para kontestan menampilkan kemampuannya dalam babak spektakuler. Pada saat masuk dalam sesi ini, voting akan ditutup dan setelahnya akan diumumkan kontestan yang dinyatakan tersisih.

Pada musim keenam hingga musim kedelapan, sesi result show ini akan ditayangkan satu jam setelah babak spektakuler dilaksanakan. Berbeda dengan result show pada musim kesembilan, dimana result show akan ditayangkan pada hari kedua dan sesi pengumuman finalis mana yang tak berhasil melaju ke tahap berikutnya akan dilakukan di penghujung acara.

  • Result Show Grand Final

Babak terakhir yang paling mendebarkan adalah result show grand final yang ditayangkan sehari setelah Battle Goes On (sebutan pada musim pertama hingga musim ke empat) atau biasa dikenal dengan Grand Final.

Babak ini dikenal dengan naman Result and Reunion Show. Babak ini menjadi babak penentu pemenang kompetisi Indonesian Idol dengan melihat jumlah voting yang masuk. Voting tertinggi akan dinobatkan sebagai pemenang Indonesian Idol.

Tawaran Kesuksesan dalam Pencarian Bakat

Siapa yang tidak tergiur dengan mengikuti ajang pencarian bakat. Selain bisa membuatmu terkenal dan mengantarkan mencapai kesuksesan, kamu tentunya juga akan mendapatkan hadiah ketika berhasil memenangkan ajang tersebut.

Sekarang ini banyak ajang pencarian bakat tarik suara yang bisa kamu ikuti, misalnya saja aliran pop dan aliran dangdut. Namun, sebelum itu kamu perlu mengenali genre atau jenis musik apa yang kamu kuasai agar tidak salah memilih ajang yang ingin diikuti. Jangan lupa untuk selalu berlatih dengan giat dan iringi dengan doa agar keberhasilan bisa digapai dengan mudah.

Baca Juga: Marion Jola, Penyanyi Pendatang Baru yang Nyabet Banyak Prestasi