Informasi Lengkap Tentang Tabungan Digital

Tabungan digital memiliki kesamaan dengan tabungan biasa atau konvensional. Dimana tujuannya untuk menyimpan uang yang disetor oleh nasabah. Hanya saja, teknologi yang digunakan untuk tabungan digital lebih canggih, dikarenakan telah menggunakan teknologi terkini yang berbau digital.

Nasabah yang ingin melakukan proses transaksi, mengetahui jumlah saldo, dan melakukan transfer, cukup buka dengan web browser atau aplikasi dari bank yang bersangkutan. Setelah itu, nasabah dapat melakukan transaksi apapun yang ia mau.

Proses transaksi dengan tabungan digital akan berhasil jika nasabah memiliki koneksi internet. Tanpa adanya koneksi internet, proses transaksi akan terhambat. Lain halnya jika selalu terkoneksi dengan internet, nasabah dapat selalu bertransaksi kapanpun dan dimanapun.

Untuk sistem pelayanan yang diberikan pada tabungan digital telah disesuaikan dengan ketetapan perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga tidak ada yang namanya fitur atau pelayanan yang melenceng.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Bagaimana Cara Bergabung Pada Tabungan Digital?

Tabungan Digital
Tabungan Digital

Pembukaan rekening tabungan pada tabungan digital sama dengan tabungan konvensional. Dimana calon nasabah perlu mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Akan tetapi, pengisian formulir pendaftaran dan syarat pendaftaran tabungan digital tidak perlu dilakukan di Bank. Pasalnya, calon nasabah dapat mengisi semua formulir tersebut secara online.

Cara pengisian formulir tabungan digital, antara lain:

  • Buka alamat website dari Bank yang menyediakan layanan tabungan digital
  • Setelah itu, muncul pengisian formulir pendaftaran. Isilah seluruh kolom di formulir pendaftaran dengan benar
  • Selanjutnya, calon nasabah perlu melampirkan bukti identitas diri agar proses pembuatan rekening disetujui oleh Bank. Adapun identitas yang dilampirkan, seperti KTP / SIM / Paspor, dan NPWP
  • Kirimkan formulir yang telah diisi tadi, tunggu beberapa saat sampai mendapat kode verifikasi dan nomor akun virtual
  • Masukkan kode verifikasi dan nomor akun virtual untuk mengisi jumlah setoran awal. Poin ini opsional saja, karena sebagian Bank tidak mengharuskan nasabahnya untuk mengisi rekening saldo tabungan awal secara online
  • Cek email yang digunakan pada proses pengisian formulir tadi. Apabila telah menerima notifikasi dari Bank yang bersangkutan, itu tandanya pembuatan rekening tabungan digital sukses. Untuk pengambilan ATM dan buku tabungan bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank terdekat. Jika tidak punya banyak waktu, tunggu hingga Bank yang bersangkutan mengirimkan ke alamat Anda

Metode pendaftaran tabungan digital lebih mudah, bukan? Apalagi pengisian formulir bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Calon nasabah juga tidak perlu repot mendatangi kartu cabang dan menunggu antrean yang panjang. Hanya dengan “klik dan isi” semuanya bisa beres dalam sekejap.

Baca Juga: Cara Membuat Rekening dan Saldo Minimal di TabunganKu BNI

Apa Saja Kelebihan Tabungan Digital Dibanding Tabungan Konvensional?

Kelebihan Tabungan Digital Dibandingkan Tabungan Konvensional
Kelebihan Tabungan Digital Dibandingkan Tabungan Konvensional

Tabungan digital menawarkan lebih banyak keuntungan dibandingkan tabungan konvensional.

  1. Mekanisme pembukaan rekening tabungan yang cukup simpel dan praktis. Hanya dengan meraih gadget, Anda bisa mendaftar secara online dengan bantuan koneksi internet.
  2. Nasabah bebas menetapkan tenggang waktu berlakunya tabungan digital. Baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang. Uang yang telah ditabung di tabungan digital dapat ditarik saat jatuh tempo dan digunakan untuk berbagai kegiatan. Misalnya, pendidikan, jalan-jalan, beli rumah, maupun kendaraan.
  3. Bunga yang ditawarkan oleh tabungan digital lebih menggiurkan daripada tabungan konvensional. Jika tabungan konvensional hanya mampu memberikan bunga sebesar 3% per tahun, tabungan digital mampu memberikan bunga 5% per tahun. Suku bunga ini sangat berpengaruh pada pertambahan nilai tabungan. Semakin besar jumlahnya, semakin besar pula keuntungan dari suku bunganya.
  4. Tabungan digital memiliki fungsi yang sama seperti tabungan konvensional. Bisa digunakan untuk membayar segala jenis tagihan, seperti biaya listrik, telepon, air, asuransi, transfer, dan bayar cicilan utang.
  5. Tabungan digital lebih menghemat waktu. Karena semua proses transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan gadget. Berbeda dengan tabungan konvensional yang harus dilakukan di mesin ATM.

Baca Juga: Cara Buat Rekening di Bank BCA, Berapa Saldo Minimalnya?

Praktis dan Aman

Cukup dengan memiliki smartphone ditangan, maka Anda telah bisa memiliki tabungan digital yang memiliki segudang manfaat dalam transaksi online tanpa harus repot-repot lagi bolak balik ke bank bersangkutan atau ke mesin ATM. Dengan segala kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh tabungan digital, tentu akan menambah semangat Anda dalam menabung dan mengatur keuangan menjadi lebih baik.

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank