Ingin Bekerja di Luar Negeri, Perhatikan Persiapan Dasar Penting ini!

Datang dan tinggal sementara di negeri orang tentu selalu menjadi hal yang menarik untuk dicoba, terutama Anda yang menyukai petualangan. Selain aktivitas traveling, bekerja di luar negeri juga merupakan pilihan lainnya yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Akan ada banyak pengalaman yang bisa didapatkan ketika bekerja di negri orang, yaitu  bisa mengenal dan belajar lebih dalam menyoal kinerja orang asing hingga budaya - budaya yang ada di negara tersebut bahkan bisa lebih dari itu.

Mengingat akan menetap lebih lama, maka persiapan yang matang sangat perlu dilakukan sejak awal. Hal ini penting, terutama jika ini menjadi pengalaman pertama bepergian dan bekerja di luar negeri. Jangan sampai keberangkatan Anda gagal hanya karena ada salah satu hal yang belum siap.

Selain keahlian atau keterampilan dan mental, ada tiga persiapan dasar yang tidak boleh diabaikan ketika ingin bekerja di luar negeri, di antaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kemampuan Bahasa Asing yang Baik

bahasa
Kemampuan berbahasa asing dengan baik

Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing menjadi dasar utama ketika bekerja di luar negeri. Pastikan Anda menguasai bahasa asing dengan baik, terutama bahasa di negara tujuan tempat bekerja. Hal ini penting, untuk menjamin kelancaran berkomunikasi dengan rekan-rekan di perusahaan atau bahkan masyarakat yang akan ditemui di sana. Selain bahasa negara tujuan, Bahasa Inggris juga merupakan bahasa wajib yang harus dikuasai dengan baik.

Untuk mempermudah mempelajari bahasa asing ini, Anda bisa belajar secara otodidak atau bahkan secara online. Saat ini, ada banyak situs kursus online yang bisa ditemukan dalam berbagai pilihan bahasa sekaligus. Selain itu, Anda juga bisa memilih level bahasa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan beberapa kursus online ini juga bisa diakses secara gratis. Namun jika lebih suka belajar secara konvensional, carilah tempat kursus bahasa asing terbaik di sekitar tempat tinggal.

Baca Juga: Tips Biar Bisa Bekerja ke Korea

2. Kemampuan Berpikir secara Global

  ide
Kemampuan berpikir secara global

Apa yang dibaca dan tonton, bagaimana lingkungan keluarga dan teman, tentunya akan sangat mempengaruhi kemampuan berpikir Anda. Sebagian besar perusahaan akan lebih menyukai pekerja yang memiliki wawasan luas, terutama terkait dengan perkembangan industri dan teknologi lainnya.

Karyawan yang memiliki kemampuan berpikir secara global tentu akan memiliki pikiran yang lebih kritis dalam menghadapi sebuah permasalahan, sehingga dirinya mampu mengambil keputusan dengan baik, cepat dan tepat. Pastikan Anda termasuk dalam kelompok calon pekerja yang seperti ini, agar bisa mendapatkan peluang besar diterima bekerja di luar negeri.

Baca Juga: Boleh Percaya atau Tidak, Cek Ramalan Zodiak Karir dan Keuangan di Tahun 2019

3. Pengalaman Berorganisasi

organisasi
Pengalaman Organisasi

Setiap perusahaan pastinya menginginkan calon pekerja yang sudah memiliki pengalaman, tidak hanya fokus pada pengalaman kerja saja tapi juga pengalaman berorganisasi juga dipertimbangkan. Dengan pengalaman berorganisasi yang dimiliki seseorang tentu akan mendukungnya untuk bisa lebih mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan, sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Mungkin saja pengalaman ini bisa didapatkan ketika menjadi anggota organisasi saat masih sekolah atau kuliah, volunter di sebuah acara, gabung di komunitas nasional atau internasional dan masih banyak lagi. Semakin tinggi pengalaman organisasi yang dimiliki, maka Anda akan semakin menarik juga dimata perusahaan.

Siapkan dengan Matang Sejak Awal

Bagi Anda yang berniat bekerja di luar negeri, segera mempersiapkan diri dengan persiapan dasar tersebut sejak awal. Hal ini penting, untuk menjamin kelancaran dan juga kesuksesan karier ketika bekerja di luar negeri nanti. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca Juga: Manfaat LinkedIn Bagi Karir Kamu