Ingin Cat Mobil Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya!

Membeli mobil tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan untuk mendapatkan mobil dengan harga ratusan juta rupiah.

Tapi sayangnya, kerja keras ini tidak berlanjut sampai ke tahap perawatan sehingga cat mobil cepat terlihat kusam, bahkan cat mobil sudah tergores dan mengelupas walau baru beberapa bulan pemakaian. Padahal mobil yang terawat secara keseluruhan, selain memberikan kenyamanan saat berkendara, mobil juga terlihat mulus dan bersih, sehingga kondisi mobil tetap awet.

Untuk itu, lakukanlah perawatan cat mobil secara rutin sejak dini. Berikut enam tips yang bisa dilakukan:

1. Mencuci Mobil Secara Rutin

Sebelum membasahi mobil, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ban mobil terlebih dahulu. Gunakan sikat untuk membersihkan ban dari kotoran yang menempel seperti lumut atau lumpur. Setelah bersih, semprotkan air ke seluruh badan mobil.

Hindari kebiasaan membiarkan mobil kering dengan sendirinya. Hal ini dapat mempercepat pengelupasan cat mobil akibat kandungan mineral yang terdapat pada air keran. Segera lap bagian mobil setelah dicuci dengan menggunakan kain berbahan katun agar tidak menimbulkan goresan-goresan halus pada badan mobil.

2. Melindungi Mobil dari Cuaca Ekstrem

area parkir
Melindungi mobil dari cuara ekstrem

Selain merusak kulit, sinar UV juga dapat mengoksidasi cat mobil sehingga gampang memudar dan mengelupas. Akibatnya mobil terlihat lebih kusam. Sebaiknya, pilih tempat yang teduh saat memarkirkan mobil, seperti basement, garasi atau di bawah pepohonan rindang.

Usahakan pula untuk membawa pembungkus mobil setiap saat untuk berjaga-jaga jika area tempat parkir terpapar matahari langsung. Selain itu, Anda juga perlu waspada terhadap curah hujan yang tinggi. Apabila mobil sudah terlanjur terkena air hujan, segera siram mobil menggunakan air bersih.

3. Atur Volume Air dari Selang

Membersihkan mobil dengan air bervolume tinggi otomatis mempercepat pekerjaan. Tapi sadar atau tidak, hal ini justru membahayakan cat mobil. Sebaiknya atur volume air sesuai noda yang menempel pada mobil. Kecilkan volume air apabila noda tidak terlalu banyak, dan begitu sebaliknya.

Agar lebih aman, gunakan teknik mencuci mobil dengan cara mengguyur. Teknik ini memang menguras tenaga, tetapi baik untuk menjaga cat mobil menjadi lebih awet.

Baca Juga: Cermati perbedaan Asuransi Mobil dengan Garansi Mobil

4. Hindari Detergen atau Sabun

sabun
Hindari deterjan atau sabun lainnya

Bahan pembersih seperti detergen atau sabun dapat mempercepat pengelupasan cat mobil. Akibatnya warna cat tidak lagi merata, sehingga mobil terlihat kusam dan tua.

Agar cat tidak cepat memudar atau mengelupas, gunakan sampo khusus yang bisa Anda beli di supermarket, minimarket atau pasar. Harganya sekitar Rp20 ribu hingga Rp200 ribu, tergantung merek samponya.

Pastikan sampo yang dipilih ampuh mengangkat noda yang membandel agar Anda tidak perlu menggosok mobil secara berulang-ulang saat dibersihkan.

5. Oleskan Kit Mobil Tampak Mengkilap

Hanya sekedar mobil bersih saja belum cukup. Masih ada tahap lain yang perlu dilakukan yaitu mengoleskan kit pada seluruh badan mobil. Kit berguna untuk mengangkat sisa-sisa noda halus yang masih menempel, sehingga mobil tampak mengkilap dari jarak dekat maupun jarak jauh.

Oleskan kit secara merata ke seluruh badan mobil dengan gerakan memutar. Lakukan secara bertahap dari satu bagian ke bagian lain. Selain membuat mobil jadi mengkilap, kit juga bagus untuk mencegah proses pertumbuhan jamur pada cat mobil. Hasilnya cat mobil terlihat seperti baru setiap saat.

Baca Juga: Tips Lengkap Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah

6. Segera Perbaiki bila Tergores

baret
Segera Perbaiki bila Tergores

Goresan kecil pada mobil tidak dapat dihindari walaupun mobil sudah dirawat secara baik dan benar. Goresan ini bisa saja disebabkan oleh benda tajam atau reruntuhan ranting pohon dan sebagainya. Jika hal ini menimpa mobil Anda, segera lakukan perbaikan ke bengkel terdekat. Perbaikan secara cepat dapat mengatasi goresan meluas ke area sekitarnya.

Perawatan Rutin Adalah Kunci Utama

Semahal apapun cat yang digunakan untuk melapisi mobil, cat tersebut tidak bertahan bagus selamanya. Cat akan ikut memudar seiring berjalannya waktu. Jangan khawatir, ini bisa dihindarkan dengan melakukan rangkaian perawatan secara rutin. Jadikan mobil sebagai salah satu aset berharga agar Anda mau menyayangi dan merawat mobil dengan setulus hati.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Putih Agar Selalu Terlihat Menawan