Ingin Cepat Kaya? Simak 10 Tips dari Miliarder Berikut Ini!

Siapa yang tak ingin menjadi seorang miliarder? Hampir seluruh orang di dunia pasti ingin menjadi seorang miliarder yang mampu membeli material apa saja yang dibutuhkan dalam hidup. Memang bagi ‘orang biasa’, menjadi seorang miliarder merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut akan terwujud. Banyak miliarder-miliarder di dunia yang awalnya berasal dari keluarga kurang mampu, bahkan dapat dikatakan sangat miskin. Berkat tekad dan kerja keras yang dilakukan, mereka mampu menyaingi banyak orang untuk menjadi seseorang yang kaya raya. Lalu bagaimana caranya agar bisa cepat kaya? Berikut 10 tips para miliader yang bisa Anda lakukan agar cepat kaya:

1. Meningkatkan Income

Meningkatkan Income

Meningkatkan Income via missowealth.com

 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan pemasukan. Jangan Cuma meningkatkan jam kerja saja namun tidak efektif. Namun yang lebih penting, income atau pemasukanlah yang seharusnya semakin bertambah. Mungkin Anda sering mendengar bahwa seseorang lembur untuk menjadi orang kaya. Hal tersebut tidak lah benar. Apabila lembur namun tidak efektif, percuma saja kan?

2. Banyak Belajar

Banyak Belajar

Banyak Belajar via highlanderdistrict.org

 

Seseorang tidak akan bisa menjadi miliarder tanpa disengaja dan usaha sama sekali. Anda bisa mulai dengan belajar berbagai hal seputar keuangan seperti membuat perencanaan keuangan, suku bunga, dividen, rentang pajak, investasi, tabungan, dan lainnya. Anda bisa mendapatkan banyak informasi seputar keuangan dari buku, majalah, internet, seminar, dan masih banyak lainnya. Pelajari seluruh aturan mainnya. Anda juga bisa mempelajari tentang kewirausahaan, mulai dari mengetahui cara memulainya, mengidentifikasi pasar serta kebutuhan konsumen, hingga mengembangkan. Anda bisa meniru langkah-langkah sukses yang telah dilakukan oleh para miliarder sukses untuk mendapatkan kekayaan, seperti yang dilakukan oleh Warren Bufett dan Jon Huntsman, Sr.

3. Memulai Menabung

Memulai Menabung

Memulai Menabung via staticflickr.com

 

Setelah menghasilkan income, Anda harus mulai menabung. Sisakan sebagian dari gaji Anda, kemudian simpan di rekening khusus yang terpisah. Anda bisa menentukan persentase dari pendapatan Anda. Anda bisa memulainya dari jumlah yang kecil terlebih dahulu. Walaupun jumlahnya kecil pun tidak masalah. Hal ini tetap akan membuat perubahan pada hidup Anda dua atau tiga tahun ke depan. Apabila uang tersebut digunakan untuk investasi yang memiliki risiko tinggi pun tidak masalah karena besarnya uang tersebut sebesar uang yang Anda relakan.

4. Membuat Rekening Pensiun Untuk Individu

  Rekening Pensiun

Rekening Pensiun via cnbc.com

 

Rekening pensiun individu merupakan rencana keuangan yang bisa disesuaikan dan diatur untuk masa depan. Intinya tabungan ini merupakan tabungan jangka panjang. Semakin banyak Anda menabung, maka jumlah bunga juga akan semakin bertambah pada tabungan. Ambil jumlah risiko dalam investasi agar bisa menghasilkan uang lebih banyak lagi. Sebaiknya Anda juga mencari penasihat keuangan untuk membicarakan hal ini.

5. Melunasi Utang

Melunasi Hutang

Melunasi Hutang via huffingtonpost.com

 

Tentu Anda akan sulit untuk maju menjadi kaya jika Anda masih memiliki banyak hutang yang menumpuk. Sebaiknya segera lunasi seluruh utang yang ada, baik itu hutang biaya pendidikan, kartu kredit, KPR, kredit kendaraan, dan lainnya. Tingkat rata-rara persentase tahunan dapat bervariasi, yaitu sekitar 20% sampai 30%. Artinya jumlah hutang Anda akan bertumbuh apabila Anda tidak menyelesaikannya segera.

6. Membuat Rencana per Lima Tahun

Membuat Rencana per Lima Tahun

Membuat Rencana per Lima Tahun via wordpress.com

 

Anda bisa memperhitungkan estimasi rencana untuk lima tahun kedepannya secara manual. Berapa banyak uang yang dapat ditabung selama 5 tahun ke depan. Sebaiknya tentukan uang Anda paling tepat digunakan untuk apa, apakah untuk berbisnis, tabungan, atau investasi agar uang tersebut tetap bisa berkembang. Pastikan ide yang Anda miliki tetap berada pada ingatan. Anda bisa menuliskannya di catatan, kemudian meletakkannya di tempat yang bisa dijangkau setiap hari agar bisa selalu ingat, misalnya di lemari, cermin kamar, atau dasbor mobil.

Baca Juga : Tips Cerdas Menjalankan Resolusi Keuangan

7. Membeli Properti

Membeli Properti

Membeli Properti via cdn2.hubspot.net

 

Cara umum yang paling banyak dilakukan untuk menghasilkan uang lebih banyak ialah dengan cara berinvestasi properti. Mengapa demikian? Nilai properti pada umumnya akan bertumbuh seiring berjalannya waktu, sehingga akan memberikan keuntungan yang lebih banyak. Investasi properti dapat Anda tukar, sewa, maupun kembangkan. Namun berhati-hatilah dalam berinvestasi pada pasar inflasi buatan. Pastikan bahwa Anda bisa membayar hipotek bulanan dengan lancar.

8. Mencoba Investasi Saham dan Obligasi

Investasi Obligasi

Investasi Obligasi via everythinginvestments.com

 

Memulai atau membeli sebuah bisnis memang menjadi cara yang kuat untuk menghasilkan uang yang lebih banyak dalam jangka panjang. Anda bisa menciptakan atau memilih perusahaan yang menawarkan produk atau jasa yang bisa Anda beli dan kembangkan. Perbanyak pengetahuan mengenai industri yang ingin Anda geluti tersebut, kemudian belajarlah untuk bisa membedakan investasi bisnis yang baik maupun buruk. Bisnis yang diprediksi dapat bertumbuh dalam 10 tahun ke depan adalah membeli dan menjual saham serta obligasi.

Pasar saham dapat menjadi sebuah tempat yang bagus untuk menumbuhkan kekayaan Anda. Namun Anda juga harus berhati-hati dalam melihat pasar saham tersebut sebelum membeli atau menjual saham. Perhatikan saham mana saja yang bertambah nilainya. Setelah berinvestasi saham, Anda juga harus memahami bahwa sebagian besar saham akan naik dalam jangka panjang. Sehingga usahakan dapat bertahan pada saham yang turun sedikit dan ambil risikonya sekali waktu. Rencanakan investasi dividen serta rencana pembelian saham langsung tidak melalui pialang, sehingga dibeli langsung dari perusahaan atau agen mereka.

Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi pada obligasi pemerintah. Obligasi merupakan sertifikat bunga yang dikeluarkan oleh agen pemerintah, khususnya Departemen Keuangan, yang biasanya menawarkan kegagalan tanpa risiko. Pemerintah mengendalikan mesin percetakan dan dapat mencetak uang apa pun yang dibutuhkan. Sehingga obligasi termasuk investasi yang aman secara relatif dan bagus untuk menanam uang. Anda bisa membicarakan hal ini pada pialang yang sudah berhubungan baik dengan Anda. Kemudian kembangkan rencana pembelian obligasi selama beberapa tahun ke depan untuk mengembangkan portofolio yang Anda miliki. Setelah itu, simpan uang Anda di tempat yang berbeda-beda.

9. Mempertahankan Kekayaan

Mempertahankan Kekayaan

Mempertahankan Kekayaan via worldcargocenter.com

 

Anda bisa berkonsultasi dengan pialang saham untuk mendapatkan nasihat yang baik. Besarnya uang Anda akan setara dengan kualitas nasihat yang Anda terima. Anda juga harus mengembangkan portofolio serta investasi dengan cara menyimpan uang di banyak tempat. Setelah berhasil menjalankan salah satu investasi, Anda bisa mencoba beberapa investasi lainnya seperti properti, obligasi, reksadana, dan lainnya. Pastikan juga Anda bisa membuat keputusan finansial yang cerdas, jangan mudah tertipu dengan beragam penipuan yang menyatakan ada cara cepat untuk kaya. Biasanya ada oknum-oknum yang ingin memangsa orang-orang yang mudah ditipu. Lakukan riset sebelum memutuskan segalanya. Tidak ada kan yang namanya miliarder dalam semalam saja?

10. Bersikap Seperti Orang Kaya

Bersikap seperti orang kaya

Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-orang Kaya Budaya via investopad.com

 

Apabila Anda ingin menjadi seorang miliarder, Anda bisa bersikap seperti mereka. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang kaya yang berbudaya. Kemudian ambil nasehat serta cara dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Anda harus mengerti perbedaan “orang kaya lama” dengan “orang kaya baru”. Ungkapan “orang kaya baru” biasanya ditujukan kepada orang-orang baru yang bisa mendapatkan banyak uang dengan cepat, kemudian mereka memamerkan kekayaannya dengan menghabiskan banyak uang dan menjalani gaya hidup yang mewah. Apabila Anda ingin menjaga kekayaan tersebut, sebaiknya belajarlah dari cara “orang kaya lama” untuk menjalani kehidupan.

Baca Juga : 3 Aturan Perencanaan Keuangan Yang Harus Kamu Terapkan

Jadilah Orang yang Kreatif dan Aktif

Beberapa tips dari para miliarder untuk menjadi kaya di atas bisa Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda harus menjadi orang yang kreatif dan aktif agar bisa memulai menabung, berbisnis, maupun investasi dengan baik. Selain itu, hindari juga penipuan yang menyatakan ada tools untuk cepat kaya.

Baca Juga : 4 Cara Jitu Agar Anda Melek Finansial