Ingin Dapat Promosi Jabatan? Cek Apa Anda Termasuk Tipe Kepribadian Ini

Promosi merupakan kesempatan untuk berkembang dan maju yang dapat mendorong karyawan untuk lebih baik atau lebih bersemangat dalam melakukan suatu pekerjaan dalam lingkungan organisasi atau perusahaan. Promosi sendiri adalah penghargaan dengan kenaikan jabatan dalam suatu organisasi ataupun instansi baik dalam pemerintahan maupun non pemerintah (swasta). Oleh karena itu, pimpinan dalam organisasi atau instasi pemerintah maupun swasta, harus menyadari pentingnya promosi dalam peningkatan produktivitas yang harus dipertimbangkan secara objektif.

Seseorang yang menerima promosi harus memiliki kualifikasi yang baik dibanding kandidat-kandidat yang lainnya. Salah satu yang menjadi pertimbangan para pemimpin dalam memberikan promosi pada setiap karyawannya, adalah Keterampilan dan riwayat kerja. Namun tahukah Anda, Selain keterampilan dan riwayat kerja. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan pemberian promosi jabatan adalah Tipe kepribadian.

Menurut Robert Hogan, seorang psikolog dan profesor di Universitas Of North di Charlotte "Sejumlah besar data mendukung klaim bahwa kepribadian memprediksi kinerja pekerjaan yang lebih baik daripada metode evaluasi diketahui lainnya, termasuk wawancara dan tes IQ”. Beberapa dari kepribadian bahkan menentukan kenaikan jabatan dalam suatu perusahaan.

Berdasarkan pengalaman dan data para ahli, berikut Tipe kepribadian yang sering mendapat promosi jabatan dalam pekerjaan. Tipe kepribadian seperti apa saja yang dimaksud, berikut penjelasannya :

 

1. Si Cepat Beradaptasi

Tipe Cepat Beradaptasi via indonesiaone.org

Tipe kepribadian seperti ini selain mempunyai kecerdasaan yang membuatnya dapat dengan cepat belajar dan menyesuaikan diri dengan setiap tugas atau lingkungan kerja, orang dengan kepribadian ini juga mempunyai intuisi dalam mencari tahu bagaimana untuk mengatasi peran baru. Tipe seperti ini sangat cepat beradaptasi dengan lingkungannya, hal ini membuatnya mudah memiliki banyak teman. Karena sifatnya ini pula tipe kepribadian ini mudah diterima dan disukai oleh rekan-rekan kerjanya yang lain.

2. Si Delegator

Tipe Delegator via spreaditout.wordpress.com

Seperti arti kata dasarnya Delegasi yang berarti pemberian otoritasi atau pemberian tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan tertentu kepada orang lain yang disebut delegator. Orang dengan tipe ini sangat tahu bagaimana memberikan umpan baik, tidak hanya itu tipe kepribadian ini sangat tahu mendelegasikan tugas-tugas konstruktif berdasarkan kekuataan anggota semua tim. Komunikasi adalah senjata tipe kepribadian ini. Dengan komunikasi, orang dengan tipe kepribadian ini selalu dapat menyampaikan apa yang dinginkannya pada orang lain.

3. Si Pengambil Keputusan

Tipe Pengambil Keputusan via magpose.com

Tipe seperti ini disebut tipe penentu. Mereka adalah seorang yang mempunyai ketegasan dan kepercayaan diri dalam mengambil keputusan. Kemampuannya dalam memilih arah dengan cepat dan efektif sangat penting, khususnya untuk peran dan tugas yang berbasis stretegi. Karena kelebihannya ini juga, orang-orang ini sering diandalkan sebagai pemimpin dalam sebuah tim. 

Baca Juga :  8 Tanda Anda Adalah Pengusaha Sukses

4. Si Beretika

Si Beretika

Tipe Beretika via wordpress.com

Berbeda dengan tipe lainnya, orang dengan tipe ini tidak bertindak berdasarkan sifat dan karakter namun lebih berdasarkan etika dan intergritas. Orang dengan tipe ini tidak akan berkompromi masalah moral atau mencoba maju dengan mengorbankan rekan-rekan kerjanya sendiri. Mereka mempunyai prinsip kejujuran dan intergritas yang tinggi. Hal inilah yang membuat tipe dengan keunggulan seperti ini pantas dibayar dengan sebuah promosi peningkatan karir.

5. Si Mudah Bergaul

Tipe Mudah Bergaul via morganmckinley.com.sg 

Hampir serupa dengan Tipe si Adaptasi. Tipe seperti ini memiliki keperibadian yang menyenangkan, mudah bergaul dengan orang lain dan selalu menyenangkan berada disekitarnya. Orang dengan kepribadian seperti ini biasanya disukai oleh para klien, rekan kerja dan bos. Melihat keperibadian mereka yang sangat mudah beradaptasi, tipe ini cenderung di promosikan sebagai pemimpin dalam sebuah tim atau poisi lain yang membutuhkan keahlian memimpin seperti seorang manajer.

Baca Juga :  6 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Tiru

Kepribadian Sangat Berpengaruh Dimanapun

Hal diatas menjelaskan bahwa kepribadian tidak hanya berpengaruh dikehidupan sosial atau kehidupan pribadi Anda saja, namun juga berpengaruh terhadap kehidupan Anda lainnya. Sepeti di lingkungan kerja, kepribadian justru seringkali menjadi faktor utama yang digunakan dalam membuat keputusan personal oleh para pemimpin, selain pengalaman dan kinerja Anda tentunya. 

Lalu, Apakah Anda termasuk dalam Tipe kepribadian diatas?

Baca Juga :  5 Kebiasaan Kecil yang Membuat Anda Sukses