Ingin Jadi Orang Kaya? Ini Caranya

Tentu semua orang ingin kaya, termasuk Anda. Bercita-cita menjadi orang kaya bukanlah hal yang tidak mungkin. Menjadi kaya bisa memotivasi kita untuk semakin lebih baik dalam mencari peluang dan mengatur keuangan.

Untuk itu, ikuti langkah yang pasti agar impian Anda menjadi orang kaya bisa terwujud. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut, salah satunya dengan membaca buku agar kita mendapatkan inspirasi.

Inspirasi ini sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan semangat guna meraih cita-cita. Ada banyak buku yang sukses membahas soal keuangan. Menjadi orang kaya, tentu identik dengan kebebasan finansial.

Orang kaya seharusnya tidak lagi memiliki utang dalam jumlah besar yang hanya digunakan untuk hal-hal konsumtif. Nah, semua itu sudah tertuang dalam beberapa buku yang membahas mengenai cara meraih impian untuk menjadi orang kaya.

Berikut beberapa pilihan buku yang bisa dijadikan referensi Anda untuk mendapatkan inspirasi dan mewujudkan keinginan menjadi orang kaya:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Buku ‘Rich Dad, Poor Dad’

Kaya dan Miskin
Ilustrasi kaya dan miskin

Judul dari buku ini memang cukup unik, ‘Rich Dad, Poor Dad’. Buku yang ditulis Robert T Kiyosaki ini sangat cocok dibaca oleh Anda yang serius ingin menjadi orang kaya.

Jika membedah isi buku ini, Rob berusaha untuk menjelaskan kedua makna judul buku tersebut. Dari sisi Rich Dad, mengatakan bahwa uang adalah kekuatan (money is power).

Sedangkan dari sisi Poor Dad, menyebutkan bahwa uang bukanlah masalah (money doesn’t matter). Dan isi halaman berikutnya, buku ini akan membagikan cara berpikir dari para jutawan yang sangat menginspirasi.

2. Buku ‘The Millionare Next Door’

Miliuner
Wujudkan keinginan Anda menjadi orang kaya

Buku yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1996, berjudul ‘The Millionare Next Door’, oleh Thomas J Stanley dan William Danko D, ini mengulas bagaimana cara para jutawan Amerika Serikat menggunakan 7 langkah kunci agar bisa menjadi orang kaya.

Terungkap, ternyata metode yang mereka lakukan untuk menjadi kaya sangat sederhana. Metode itu adalah menghabiskan sedikit dari yang kita peroleh. Mereka bisa terhindar dari membeli terlalu banyak dan lebih banyak berinvestasi.

3. Buku ‘Think and Grow Rich’

Kaya
Ilustrasi orang ingin kaya

Bisa dibilang, usia buku ini sudah tua, sudah hampir satu abad. Buku ini ditulis pertama kalinya pada tahun 1937 oleh Napoleon Hill. Ia juga seorang mantan penasihat Franklin Roosevelt. Banyak ilmu yang bisa diambil dari buku ini untuk menjadi orang kaya.

Menurut buku ini, untuk menjadi sukses dan kaya raya, kita harus menetapkan tujuan dan semangat untuk meraih tujuan tersebut. Tujuan yang dimiliki itu ternyata bisa diraih dengan tindakan dan kekuatan pikiran kita sendiri.

Baca Juga: Cara Buka Bisnis Salon Kecantikan

4. Buku ‘How Rich People Think’

Berpikir
Pelajari bagaimana cara berpikir orang kaya

Buku ini ditulis oleh Steve Siebold, yang berisi hasil wawancara dirinya dengan 1000 jutawan dan miliarder pada masa itu. Steve menghabiskan waktu 30 tahun untuk melakukan wawancara tersebut.

Poin yang didapatkan dari hasil wawancara tersebut adalah orang kebanyakan yang umumnya akan berpikir uang adalah sumber kejahatan. Namun orang kaya percaya bahwa kemiskinanlah yang merupakan sumber kejahatan.

5. Buku ‘You’re So Money: Live Rich, Even When You’re Not’

Cara Berpikir
ilustrasi kaya dan miskin

Ulasan dari buku ini lebih ditujukan bagi orang dengan berpenghasilan kelas menengah ke atas. Buku yang ditulis oleh Farnoosh Torabi ini mengungkap bagaimana cara kita menyimpan uang di beberapa area khusus dalam kehidupan kita.

Selain itu, buku ini juga menguraikan sebuah gagasan yang dapat memberikan saran untuk para kaum muda saat ini. Anak-anak mudah seharusnya memiliki kecerdasan untuk menangani masalah keuangan pada masa usia mudanya, agar kelak bisa menjadi orang kaya.

6. Buku ‘The Science of Getting Rich (A Thrifty Book)’

  Uang Jahat dan Baik
Ilustrasi uang jahat dan sebaliknya

Buku karya Penulis Wallance Wattle, ini mengangkat kerangka intelektual yang bisa membangun kekayaan pribadi dengan berpikiran positif. Buku ini lebih memfokuskan kita untuk bisa menciptakan kekayaan melalui pikiran kita sendiri.

Contoh, jika saja Anda percaya bahwa uang memang jahat, maka hingga kapan pun Anda akan sulit untuk menjadi orang kaya, dan sebaliknya.

7. Buku ‘The Richest Man in Babylon’

Bill Gates
Bill Gates, salah satu orang terkaya dunia

Buku ini memberikan sebuah cerita yang inspiratif, tentang bagaimana cara berhemat dan merencakan keuangan dengan baik. Buku ini ditulis oleh George S. Clason, yang benar-benar menggali prinsip dan rahasia yang harus dibawa dalam kehidupan pribadi Anda.

Berbagai kiat sukses dalam bentuk sebuah cerita dikemas dengan sangat menarik. Buku ini juga cocok digunakan untuk lingkungan institusi keuangan seperti asuransi, perusahaan investasi, perbankan, dan pengusaha. Mereka akan menemukan makna yang sangat berharga tentang keuangan.

8. Buku ‘The Automatic Millionare’

Miliuner
Ilustrasi miliuner

Buku yang ditulis David Bach, ini membagikan fakta yang cukup mengejutkan tentang kekayaan. Ternyata, kita bisa kaya dengan membuat anggaran secara teratur. Artinya, kita harus memiliki rencana anggaran secara maksimal. Nantinya, anggaran itu sendiri yang akan membayar kita secara otomatis.

Cara ini juga otomatis akan membuat masa depan akan lebih terjamin dan lebih siap alias mapan. Buku ini juga dilengkapi dengan beberapa alamat situs dan nomor telepon yang bisa membantu Anda meraih jalan untuk menjadi kaya dalam waktu singkat.

Baca Juga: 10 Film Inspiratif yang Memberi Motivasi Bagi Entrepreneur

9. Buku ‘The Millionare Fastlane’

Cara Cepat Kaya
Ilustrasi cara cepat kaya

Buku ini mengulas berbagai hal yang akan membuka mata kita untuk melihat perbedaan. Perbedaan ini tentang apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan untuk menjadi kaya. Buku ini juga bisa mengubah pola pikir kita bahwa kaya itu sebenarnya bisa diraih saat kita masih muda tanpa harus menunggu usia tua.

10. Buku ‘Screw It, Lets Do It: Lessons In Life’

Buku Cara Kaya
Bacalah buku-buku tentang cara menjadi orang kaya

Buku yang ditulis Richard Branson, seorang pengusaha yang sudah menjadi miliarder, menawarkan beberapa langkah yang cukup praktis untuk menjadi sukses seperti dia. Buku ini menuliskan pengalaman pribadinya dalam meraih kesuksesan hingga seperti sekarang ini. Anda akan sangat terinspirasi dengan membaca buku tersebut.

Ikuti Pesan dan Langkah Positif yang Menginspirasi Anda untuk Sukses

Dengan membaca buku seputar kisah hidup orang-orang sukses dan kaya, maka pola piker kita juga akan lebih positif lagi dalam menjalani hidup untuk meraih apa yang dicita-citakan. Pelajari secara perlahan, lalu mulai praktikkan. Perhatikan juga alasan mereka mempertahankan bisnis atau perusahaan mereka hingga saat ini. Siapa tahu, ilmu yang didapat ternyata cocok untuk bidang pekerjaan yang sedang Anda jalani saat ini.

Baca Juga: Inspirasi 6 Cerita Pengusaha Sukses yang Telat Memulai Karirnya