Ingin Liburan dengan Mobil? Teliti 6 Hal Ini Agar Perjalanan Aman dan Lancar

Berlibur dengan mengendarai mobil memang terasa lebih menyenangkan daripada harus menggunakan bus ataupun bersama agensi perjalanan. Selain dapat memilih sendiri tempat wisata yang ingin dituju, Anda juga dapat dengan bebas berkeliling sesuai keinginan saat berkendara menggunakan mobil sendiri.

Namun, liburan dengan mengendarai mobil pribadi memiliki beberapa konsekuensi yang harus dipertimbangkan. Tak hanya harus bersiap menghadapi kemacetan saat liburan di waktu high season, Anda juga harus memeriksa kondisi mobil yang akan dikendarai.

Pasalnya, kondisi mobil yang tidak siap jalan dapat membuat masa liburan menjadi tidak nyaman. Bahkan, waktu yang harusnya digunakan untuk berwisata akan habis terbuang hanya untuk memeriksakan mobil di bengkel.

Untuk itu, saat berencana berlibur menggunakan mobil sendiri, pastikan bahwa kondisinya telah prima. Bila perlu, lakukan pengecekan kembali pada 6 hal ini agar masa liburan dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Periksa Radiator, Karburator, dan Ban Mobil 

  mesin mobil
Mesin mobil

Performa mobil seringkali menjadi tidak sempurna saat ada hal yang mengalami gangguan. Mengisi air radiator dan memeriksa kondisi karburator adalah hal yang sepele. Namun, jika tidak diperiksa, mobil bisa saja mendadak mogok ditengah perjalanan.

Hal lain yang terlihat sepele tetapi memiliki dampak yang cukup signifikan adalah memeriksa kesiapan ban mobil. Pastikan bahwa udara yang tersimpan cukup dan kondisi ban mobil cukup bagus. Bila perlu, jika kurang yakin dengan kondisi ban mobil, menyiapkan ban pengganti bukanlah ide yang buruk. 

2. Pastikan Barang Bawaan Tidak Berlebihan

Hindari membawa barang bawaan yang terlalu banyak saat berlibur menggunakan mobil. Selain tempat yang terbatas, kenyamanan liburan Anda akan jauh berkurang saat mobil penuh sesak dengan barang bawaan.

Untuk itu, usahakan untuk membawa barang yang penting-penting saja saat berlibur dengan mengendarai mobil. Mengatur posisi tas agar tidak berantakan juga hendaknya dilakukan agar bagasi mobil dapat terisi dengan lebih efektif. Memilah barang bawaan seperti snack, tisu, dan minuman ditempat yang mudah dijangkau.

Baca Juga: Biaya Tak Terduga Ketika Liburan Lebaran, Apa Saja?

3. Pasang ‘Charger’ Khusus Mobil

charger mobil
Pasang charger smartphone di mobil

Gawai adalah salah satu barang yang wajib dibawa saat liburan. Entah itu untuk keperluan mengecek tanggung jawab pekerjaan yang harus ditinggal semasa berlibur atau untuk mengabadikan momen liburan, Anda perlu memastikan bahwa baterai di gadget selalu terisi.

Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat memasang charger khusus mobil. Dengan begitu, tidak perlu risau saat smartphone lowbat. Sembari menunggu sampai ke tempat tujuan yang mungkin menempuh waktu berjam-jam, Anda dapat menunggu baterai gawai terisi hingga penuh dengan charger yang terpasang didalam mobil.

4. Bawa Peta Perjalanan

Ketika harus berlibur dengan mengendarai kendaraan sendiri, tentu Anda harus paham tentang rute perjalanannya. Jika tidak, bukan tidak mungkin akan tersesat dan waktu liburan akan terbuang saat perjalanan saja.

Untuk itu, persiapkan peta yang dapat menunjukkan jalan menuju lokasi yang ingin Anda tuju. Tak perlu ribet, Anda dapat mengakses peta dengan menggunakan smartphone. Selain praktis, fitur GPS juga tersedia dalam aplikasi peta tersebut sehingga kemungkinan Anda tersesat saat menuju tempat wisata menjadi semakin kecil.

Baca Juga: Cara Merencanakan Liburan Sendiri Tanpa Beban

5. Rajin Memantau Kondisi Lalu-Lintas Terbaru

lalu lintas
Rajin memantau lalu lintas

Lalu-lintas saat liburan memiliki risiko kemacetan yang lumayan tinggi, terlebih lagi saat sedang high season. Untuk itu, Anda wajib rajin mencari informasi mengenai tingkat kemacetan di rute yang ingin dituju.

Biasanya, stasiun radio lokal cukup sering memberitakan kabar jalan yang sedang mengalami kemacetan parah. Selain itu juga, saat ini kemacetan juga bisa dipantau dari aplikasi maps di smartphone. 

Mengetahui kondisi lalu-lintas juga dapat memberikan Anda informasi tentang kapan harus memilih jalur alternatif yang mungkin lebih lengang. Dengan begitu, rasa penat karena macet tidak selalu dirasakan saat liburan dengan mengetahui kondisi lalu-lintas terkini.

6. Bawa Barang yang Memberikan Kenyamanan Berkendara

Berlibur dengan mengendarai mobil sendiri memang lebih melelahkan ketimbang saat menggunakan bus atau semacamnya. Untuk itu, persiapkan segala kebutuhan yang sekiranya dapat membuat Anda merasa lebih nyaman saat berkendara.

Hal kecil seperti musik, kacamata hitam, dan penutup jendela terbukti akan membuat perjalanan liburan terasa lebih nyaman. Keperluan selimut dan juga bantal juga dapat Anda bawa mengingat lamanya waktu yang mungkin Anda habiskan di perjalanan. Yang pasti, jangan lupa membawa cemilan dan minuman agar perut tidak keroncongan saat terjebak macet selama liburan.

Perjalanan Lancar, Liburan Senang

Membawa kendaraan pribadi saat berlibur memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Meski membawa mobil sendiri saat liburan membuat Anda lebih leluasa di perjalanan, kondisi dalam mobil harus diperiksa dengan teliti agar tidak ada hal yang dapat mengganggu masa liburan. Selama perjalanan, perhatikan juga tingkat kepanasan mesin mobil. Pastikan beberapa jam sekali, mobil diistirahatkan selama 1 jam. Hal ini tentunya akan membuat kondisi mesin mobil tetap berfungsi dengan baik meski dibawa perjalanan liburan yang jauh.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan