Ingin Terhindar dari Masalah Kartu Kredit? Simak Tips Cerdas Menggunakannya

kartu kredit

Sebagai pengganti uang tunai untuk bertransaksi, kartu kredit menawarkan beragam manfaat yang bisa mendukung gaya hidup Anda di dunia yang serba digital saat ini. Apapun bisa Anda dapatkan dan lakukan dengan mudah hampir tanpa ada kendala. Tak ayal jika kartu kredit kerap dijuluki sebagai kartu ajaib.

Karena kemudahan yang ditawarkannya inilah terkadang kartu kredit sering disalah gunakan. Seperti untuk memuaskan nafsu belanja yang tak ada habisnya hingga kesulitan untuk bayar tagihan dan akhirnya terjerat utang.

Agar tak sampai muncul masalah, maka Anda harus mengatasinya dengan menjadi nasabah yang cerdas. Ingin tahu seperti apa caranya? Simak ulasan berikut sampai tuntas.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Batasi Pemakaian

Meskipun menawarkan banyak kemudahan dan kelebihan, kartu kredit pun sejatinya memiliki keterbatasan yakni limit atau batas maksimal penggunaan. Setiap kartu memiliki limit yang berbeda tergantung jenis kartu yang dipilih ketika pertama kali dibuat.

Agar jadi nasabah yang cerdas maka gunakan kartu kredit  dengan wajar dan jangan sampai melampaui batas limit. Tentukan batas maksimal penggunaan hanya 60 sampai 70% saja. Supaya Ana tak terbebani tagihan dan bunga yang tinggi serta belajar untuk bijak mengelola kartu kredit. Selalu tanamkan kedisiplinan dan gunakan sewajarnya jangan berlebihan.

2. Dua Kartu Saja Cukup

Setiap kartu kredit memiliki fitur dan fasilitas yang berbeda, karenanya jika hanya memiliki satu kartu kredit saja rasanya tak cukup. Tapi memiliki banyak kartu di dompet bukanlah cara yang cerdas karena justru merugikan dan membuat Anda dipusingkan dengan tagihannya. Meskipun tak digunakan untuk bertransaksi Anda tetap dikenakan iuran wajib.

Sehingga kurang cerdas jika Anda menyimpannya terlalu banyak sebab sama saja memperbanyak hutang. Tetapi sebelum memilih kartu mana yang harus ditutup, pilih kartu kredit yang menawarkan fitur lengkap, suku bunga wajar serta sering memberikan banyak penawaran menarik.

Dan kartu kredit tetaplah kartu kredit yang wajib dibayar tagihannya, maka jika tak ingin pusing bayar tagihan banyak-banyak maka batasi dengan maksimal dua saja.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit yang Cocok untuk Wanita

3. Maksimalkan Point Rewards yang Didapat

Punya kartu kredit jangan hanya disimpan saja di dompet, tapi manfaatkan kelebihannya. Seperti cashback atau poin rewards jika  rajin bertransaksi menggunakan kartu tersebut. Cerdas bertransaksi membuat kartu kredit memberikan banyak sekali keuntungan yang menyenangkan.

Ketika poin transaksi telah terkumpul coba tukarkan dengan rewards. Ada juga kartu kredit yang langung memberikan cashback dan diskon ketika belanja di gerai-gerai atau swalayan tertentu dengan syarat dan ketentuan berlaku. Jadi manfaatkan secara cerdas keuntungannya agar semakin meringankan Anda.

4. Segera Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Bukan hanya membuat nama Anda sebagai kreditur jadi semakin baik, bayar tagihan tepat waktu juga akan menghindarkan Anda dari denda dan beban bunga yang akan bertambah.

Terlebih lagi jika Anda melunasi tagihan jauh sebelum tanggal jatuh tempo, misalnya sebelum transaksi dibukukan bahkan tak sampai dikenakan beban bunga.

Karenanya disiplin dan tepat waktu bayar tagihan jangan sampai telat apalagi tak bayar tagihan berbulan-bulan.

5. Hindari Pembayaran Tagihan Minimum

Ketika  tak dapat membayar tagihan kartu kredit sepenuhnya, Anda tetap bisa membayar tagihan dengan minimum payment. Biasanya besaran minimum payment yang ditetapkan oleh pihak bank biasanya 10% dari seluruh total tagihan yang harus dibayarkan.

Tetapi jangan dulu senang karena tak perlu bayar tagihan penuh dan terkena denda. Sebab ketika hanya membayar minimum payment maka sisa saldo hutang kartu kredit justru malah akan terus menerus bertambah.

Ada baiknya untuk membayar tagihan secara penuh minimal separuh dan hindari bayar minimum payment. Untuk itu penting untuk mengalokasikan sebagian gaji atau penghasilan untuk bayar tagihan kartu kredit jangan sampai kalang kabut kalau sudah jatuh tempo.

Baca Juga: Apply Kartu Kredit Sekarang atau Nanti? Inilah Jawabannya

Memiliki Banyak tanggung jawab, Bijaklah Menggunakan Kartu Kredit

Memahami bagaimana cara kerja kartu kredit sangat penting karena ada banyak manfaat yang menuntut tanggung jawab dari Anda sebagai pengguna. Kenali apa sajakah itu dan manfaatkan dengan baik lalu bertanggung jawab atas pemakaiannya. Cerdas dalam mengelola akan mengurangi resiko buruk pemakaian kartu kredit yang kurang bertanggung jawab.

Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?