Ini Asuransi yang Cocok untuk Mobil Pribadi saat Mudik Lebaran

Mudik Lebaran seolah sudah jadi rutinitas masyarakat Muslim, terutama di Indonesia setiap tahunnya. Tak heran, bila Lebaran tiba, kepadatan dan kemacetan yang biasa terjadi di kota-kota besar seolah beralih ke kota-kota kecil di seluruh penjuru negeri.

Sepanjang jalan utama yang mengarah ke kota-kota kecil di seluruh pelosok Tanah Air tiba-tiba menjadi padat dipenuhi kendaraan ber-plat nomor kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, dan masih banyak lagi.

Hilir mudik kendaraan, mulai dari roda dua, roda empat, mobil pribadi dan kendaraan umum, menjadi pemandangan yang tak asing lagi. Jika mudik menggunakan kendaraan umum, tentu kita tidak akan dipusingkan dengan keperluan yang berkaitan dengan kendaraan tersebut karena itu sudah menjadi urusan mereka.

Tapi berbeda halnya bila kita berniat untuk mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil. Ada hal yang perlu dipersiapkan dengan baik dan sifatnya wajib agar perjalanan lancar, aman, dan menyenangkan, salah satunya adalah asuransi mobil.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Lalu, asuransi mobil apa saja yang harus dimiliki bila membawa mobil pribadi untuk mudik Lebaran nanti? Simak ulasan berikut ini.

1. Asuransi yang Memiliki Fitur Mobil Pengganti

Service Mobil
Ilustrasi bengkel mobil

Punya asuransi mobil yang memiliki fitur dengan mobil pengganti ini sangat penting dan sifatnya wajib dimiliki bila tidak ingin rencana mudik Lebaran Anda terancam berantakan bahkan batal. Mengapa asuransi dengan fitur mobil pengganti ini penting?

Tak ada yang lebih menyenangkan bila rencana mudik Lebaran tidak ada hambatan. Tapi, siapa yang tahu bila kendala itu datang, seperti halnya mobil tiba-tiba rusak dan ternyata butuh waktu lama untuk memperbaikinya di bengkel.

Jika itu yang terjadi, bukan hal mustahil rencana mudik Anda gagal, bukan? Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda punya asuransi mobil yang memiliki fitur mobil pengganti. Sebab bila mobil Anda rusak dan harus dibawa ke bengkel, Anda tetap bisa mudik sesuai jadwal dengan mobil pengganti dari pihak asuransi selama mobil Anda dirawat.

Lalu, asuransi mobil apa saja yang menyediakan fasilitas mobil pengganti selama kendaraan Anda diperbaiki di bengkel? Anda bisa menggunakan asuransi mobil yang memiliki fasilitas berikut ini:

  • Malacca Trust Insurance

Ketika mobil Anda harus diperbaiki di bengkel, Malacca Trust Insurance juga menyediakan mobil pengganti. Fasilitas ini merupakan salah satu perlindungan dari asuransi tambahan dengan persentase sebesar 0,05% dari jumlah tertanggung. Jadi, mudik Lebaran Anda tetap lancar sesuai rencana dengan adanya mobil pengganti ini tentunya.

  • ACA (Central Insurance Asia)

Apabila akibat kecelakaan, mobil harus Anda harus diperbaiki di bengkel selama lebih dari 48 jam (2 hari), maka pihak ACA Motor Assistance akan mengatur penyediaan mobil pengganti. Bantuan ini apabila mobil Anda sudah selesai diperbaiki atau penyediaan mobil pengganti telah mencapai hingga maksimum 5 x 24 jam (5 hari).

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana Ya?

2. Asuransi dengan Fitur Emergency Road Assistance

Mudik Lebaran
Ilustrasi mudik Lebaran

Kita tidak tahu kendala apa saja yang bakal menghampiri sepanjang perjalanan mudik Lebaran menuju kampung halaman. Untuk itu, mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal menghadapi kemungkinan yang terjadi saat membawa mobil sendiri sangat penting.

Ada banyak berbagai hambatan yang mungkin saja timbul selama perjalanan mudik, seperti tiba-tiba mobil mogok, jatuh sakit yang membutuhkan ambulan untuk segera dilarikan ke rumah sakit, dan keadaan darurat lainnya. Jadi memilih asuransi mobil yang menyediakan fasilitas untuk keadaan darurat di perjalanan sangat diperlukan.

Untuk itu, Anda membutuhkan asuransi yang bisa memberikan seluruh kebutuhan tersebut. Anda bisa pilih asuransi yang memiliki fasilitas-fasilitas itu, seperti:

  • ACA

Asuransi mobil ACA menyediakan fasilitas-fasilitas seperti mobil derek (towing car), bantuan darurat di jalan (emergency roadside assistance), ambulans, dan lainnya, saat Anda membutuhkannya. Jadi, jika tiba-tiba mobil Anda bermasalah di tengah perjalanan, manfaatkan fasilitas perbaikan darurat atas kerusakan yang terjadi, teknisi kendaraan dari pihak ACA akan memperbaikinya.

Begitu juga bila ternyata kerusakan mobil Anda tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan di tempat, maka Anda membutuhkan mobil derek guna membawa mobil ke bengkel. Tidak ada orang yang ingin mengalami kecelakaan, tapi kalaupun hal ini terjadi dan menimbulkan korban jiwa, maka ACA akan memberikan biaya Rp1 juta per bulan.

  • Autocillin

Asuransi mobil yang satu ini juga memiliki fasilitas serupa, yakni pelayanan keadaan darurat di perjalanan, yakni mobil derek, bantuan darurat di jalan, ambulans, dan lainnya. Apabila perjalanan Anda terganggu, tak perlu cemas, Anda tinggal memanfaatkan fasilitas dari asuransi tersebut, bukan?

3. Asuransi yang Memiliki Fasilitas Penggantian Biaya Taksi

Membayar Taksi
Ilustrasi membayar tarif taksi

Nah, fasilitas asuransi yang satu ini cukup menarik. Saat sesampainya di kampung halaman, namun ternyata mobil Anda harus dilakukan perbaikan di bengkel, maka otomatis akan menghambat aktifitas yang memang dibutuhkan kendaraan, sehingga Anda harus menggunakan taksi. Anda bisa memanfaatkan fasilitas dari asuransi yang memberikan layanan penggantian biaya taksi yang Anda keluarkan.

Anda bisa pilih asuransi-asuransi mobil yang memberikan fasilitas tersebut seperti berikut ini, sehingga kantong Anda tidak semakin jebol saat mudik Lebaran, diantaranya:

  • Tokio Marine

Asuransi mobil ini menyediakan fasilitas penggantian biaya taksi pada saat kendaraan Anda sedang di bengkel untuk dilakukan perbaikan. Jadi, Anda tetap bisa beraktifitas tanpa takut mengeluarkan biaya transportasi lebih besar lagi karena biaya taksi akan mereka tanggung.

  • AXA Mandiri

Begitu juga dengan jenis asuransi mobil ini, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas penggantian biaya taksi pada saat kendaraan Anda harus diperbaiki di bengkel. Nah, aktifitas Anda tetap lancar tanpa takut kantong kebobolan, bukan?

Baca Juga: Mau Lulus Survey Asuransi Mobil? Lakukan Hal Berikut

4. Asuransi yang Bisa Diklaim Melalui Aplikasi Mobile

Klaim Asuransi Online
Manfaatkan klaim asuransi secara online

Bisa melakukan klaim asuransi mobil melalui ponsel sangat penting, mengingat pada saat mudik, tentunya kita tidak akan punya banyak waktu hanya untuk mengurus klaim asuransi, bukan?

Oleh karena itu, asuransi mobil yang memiliki fasilitas klaim melalui aplikasi mobile ini sangat diperlukan. Untuk itu, pilih asuransi mobil yang mempunyai layanan klaim aplikasi mobile seperti:

  • Autocillin

Dengan asuransi mobil ini, Anda bisa melakukan klaim melalui Autocillin Mobile Claim App. Ini akan memudahkan Anda melakukan pelaporan klaim secara langsung dan mudah.

  • Malacca Trust Insurance

Asuransi mobil yang satu ini juga menyediakan layanan klaim secara mudah dan praktis hanya melalui aplikasi pada ponsel pintar (smartphone) Anda.

Mudik Lancar dengan Pilihan Asuransi Mobil yang tepat

Siapa pun pasti menginginkan agenda mudik Lebaran bisa berjalan lancar, aman, dan nyaman. Untuk itu, segala sesuatunya juga harus dipersiapkan dengan baik sejak awal, termasuk jenis asuransi mobil yang Anda gunakan. Pilih yang memberikan fasilitas sesuai kebutuhan Anda dan mudiklah dengan hati tenang dan selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta di kampung halaman.

Baca Juga: Ingin Klaim Asuransi Mobil? Berikut Langkah-langkahnya!