Ini Bedanya Keuntungan Membeli Rumah Baru dan Rumah Bekas

Membeli rumah idaman merupakan cita-cita hampir semua orang sebab rumah merupakan salah satu kebutuhan primer.  Rumah juga dapat membawa keuntungan secara ekonomis baik dengan cara disewakan ataupun dijual di kemudian hari karena rumah, seperti properti lain pada umumnya, cenderung selalu mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun.

Namun peningkatan harga tersebut juga menjadi momok bagi Anda yang belum memiliki rumah, karena dana Anda mungkin sulit untuk membiayai pembelian rumah tersebut. Dalam kondisi inilah Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dapat menjadi solusi pembiayaan, karena Anda hanya perlu menyediakan uang muka dan sisanya dapat dibiayai oleh bank.

Dalam memilih rumah yang akan dibeli, salah satu pertimbangan utama adalah membeli rumah baru atau bekas. Maklum saja, meskipun sama-sama memenuhi kebutuhan, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat dipertimbangkan:

a. Membeli Rumah Bekas

•  Harga lebih murah

Rumah bekas pada umumnya lebih murah dibanding rumah baru dengan kondisi dan luas yang sama. Semakin lama usia rumah tersebut maka harganya juga makin murah. Bila Anda ingin membeli rumah bekas secara kredit, maka bank akan mengecek dan menilai terlebih dahulu rumah tersebut.