Ini Caranya Bekerja Sambil Kuliah Secara Efisien dan Efektif

Bekerja di kala kuliah kini bukan hal yang baru lagi bagi para mahasiswa ataupun pekerja. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa banyak sekali yang menyempatkan waktunya bekerja sambil kuliah atau sebaliknya. Dimulai dari kekurangan dana untuk biaya kuliah, kekurangan dana untuk biaya hidup, mencari penghasilan sendiri, sampai hanya untuk menambah pengalaman dalam dunia kerja. Yang nantinya bisa dijadikan bekal dalam menghadapi dunia kerja.

Namun, hal ini bisa menjadi sebuah masalah besar apabila pelakunya tidak bisa menjalankan kedua kegiatan tersebut secara baik dan benar. Oleh karena itu, ulasan ini akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan para mahasiswa yang juga bekerja sambil kuliah.

1. Membuat Jadwal Secara Rinci

  Jadwal Kerja Kuliah

Menjadwalkan Kegiatan agar Waktu Tak Terbuang Percuma via huffingtonpost.com

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat jadwal secara rinci. Buatlah jadwal yang jelas dan juga rinci perihal waktu dalam bekerja dan juga waktu dalam berkuliah. Anda bisa menggunakan smartphone ataupun catatan-catatan kecil untuk menuliskan jadwal-jadwal tersebut. Yang paling penting dalam poin ini bukanlah jadwal yang Anda buat, melainkan kedisiplinan Anda dalam melaksanakan jadwal yang sudah dibuat. Tentu saja Anda akan dituntut untuk bisa secara disiplin menjalankan jadwal yang sudah dibuat secara rinci tersebut.

Baca Juga: Mengajukan KTA Ternyata Menguntungkan bagi Mahasiswa

2. Bekerja dengan Efektif, Efisien, dan Konsisten

  Kerja Efisien Multitasking

Bekerja Ala Multitasking via hubspot.com

 

Seperti yang sudah dikatakan pada poin sebelumnya, Anda akan sangat dituntut untuk bisa melaksanakan setiap jadwal yang sudah dibuat secara maksimal. Anda tentu harus bisa memanfaatkan waktu kerja sebaik mungkin tanpa membuangnya percuma. Sebagai motivasi dalam bekerja, beberapa orang bahkan memajang foto-foto orang yang mereka sayangi di meja kerja. Hal ini bisa dibilang dapat memicu semangat. Yang nantinya akan membuat Anda tergugah untuk kembali bekerja secara maksimal.

3. Belajar dengan Efektif, Efisien, dan Konsisten

  Belajar Efisien Multitasking

Belajar Sambil Bekerja via p2.trrsf.com

 

Masih serupa dengan poin sebelumnya, Anda pun akan dituntut untuk bisa belajar dengan cara yang efektif, efisien, dan konsisten. Anda harus bisa menghargai jadwal yang sudah dibuat dengan melakukannya secara teratur dan juga disiplin. Anda harus menyadari bahwa belajar adalah sebuah kewajiban yang harus Anda lakukan.

Selain itu, Anda mempunyai kewajiban lainnya sebagai manusia, yaitu bertahan hidup. Salah satu cara yang sudah Anda pilih sebagai cara dalam bertahan hidup adalah bekerja. Jadi, sadar akan kepentingan kedua hal tersebut bisa menjadi motivasi tersendiri dalam melakukan kedua kegiatan tersebut dengan disiplin dan juga teratur.

4. Positive Thinking dan Kurangi Stres

  Berpikir Positif Positive Thinking

Berpikir Positif Menjauhkan dari Stres via medium.com

 

Jangan mudah menyerah. Kata-kata tersebut tentu sudah sering didengungkan banyak orang, seperti orang tua, guru, ataupun dosen. Dalam hal ini, Anda harus bisa selalu berpikir secara positif. Berpikir positif pada setiap hal yang menimpa Anda diketahui bisa menjadi obat tersendiri dalam menghindari datangnya gangguan stres dan juga rasa capek yang berlebihan.

Tentu saja dengan padatnya jadwal kerja dan kuliah akan membuat tubuh terasa lebih cepat lelah. Ditambah lagi dengan tugas-tugas kuliah dan juga beberapa bahan yang harus dibaca sebelum tes-tes dimulai. Stres tentu sudah menjadi hal yang sangat wajar terjadi pada mahasiswa yang berkuliah dan bekerja. Solusi yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa stres dan lelah secara berlebihan ini adalah berpikir positif. Pikirkan hal-hal baik yang membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan juga bekerja.

5. Nekat namun Tetap Disiplin

  Nekat Disiplin

Asal Disiplin Pasti Bisa via patagonia.com

 

Bekerja dan kuliah pada waktu yang bersamaan tentu saja awalnya akan menjadi hal yang sulit untuk Anda lakukan. Sebagai pelajar yang memiliki tugas menumpuk ditambah lagi dengan belum adanya pengalaman khusus dalam bekerja, tentu kedua hal tersebut akan menjadi hambatan terbesar dalam melakukan kedua kegiatan ini. Untuk bisa melaluinya, Anda harus berani nekat melawan rasa capek dan juga tetap disiplin dengan melakukan kedua kegiatan tersebut secara maksimal dan tidak berat sebelah.

Baca Juga: Ayo Bebas Finansial Sejak Masih Mahasiswa! Ini Dia Panduannya

Lakukan dengan Cermat agar Bisa Merasakan Manfaatnya

Kemauan adalah hal utama yang dibutuhkan supaya cara-cara yang sudah diterangkan di atas bisa berguna langsung. Dari sekian banyak yang bekerja juga kuliah atau sebaliknya, tak jarang ditemukan yang menyerah dan memutuskan untuk bekerja saja atau kuliah saja. Namun, setelah berhenti, muncul keinginan bekerja atau kuliah lagi. Saat berangan itu, mereka mengingat pengalaman mereka dulu dan akhirnya mengurungkan niat mereka kembali. Cara-cara di atas bisa saja gagal karena kurang cermat dalam menjalankannya. Asal dilakukan dengan cermat, niscaya cara-cara di atas akan berdampak positif bagi Anda.

Baca Juga: Cara Hemat Beli Gadget dan Smartphone Impian