Ini Dia Keuntungan dari Mengadakan Pernikahan secara Privat

Menggelar pernikahan yang megah menjadi keinginan banyak orang, terutama jika kedua mempelai berasal dari keluarga besar dengan banyak kerabat. Di Indonesia sendiri pernikahan identik dengan gelaran pesta besar dan juga sejumlah ritual adat yang unik, dimana hal ini biasanya membutuhkan persiapan panjang dan juga biaya yang tidak sedikit. 

Namun jika Anda dan pasangan termasuk orang yang praktis, menggelar pesta pernikahan yang privat dan elegan bisa menjadi pilihan. Konsep pernikahan yang satu ini bahkan semakin populer dan banyak dipilih belakangan ini, bahkan oleh para selebritis ternama tanah air dan mancanegara. 

Tidak menggelar pesta yang besar dengan tamu undangan yang banyak, pernikahan privat memang masih terbilang jarang dilakukan di kalangan masyarakat awam. Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, pernikahan privat bahkan bisa saja memberikan kesan yang berbeda dan tak kalah elegan dari pernikahan megah lainnya. 

Selama dipersiapkan dengan matang, pernikahan privat juga bisa saja berjalan dengan unik dan menarik. Bukan hanya itu saja, Anda dan pasangan juga akan lebih mudah untuk mengatur segala sesuatunya, mengingat tamu yang hadir hanya sedikit saja. Lalu, apakah Anda dan pasangan sudah siap untuk menggelar pernikahan privat seperti ini? 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggelar pernikahan privat:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Proses Persiapan yang Singkat dan Mudah

  mempersiapkan pernikahan

Pernikahan privat tidak melibatkan banyak tamu, sehingga bisa mempersiapkannya dengan lebih simpel. Anda tidak perlu melakukan persiapan hingga berbulan-bulan atau bahkan tahunan, seperti ketika mempersiapkan pesta megah dengan banyak tamu. 

Semakin sedikit tamu yang diundang, maka akan semakin mudah juga Anda dan pasangan mempersiapkan pernikahan tersebut. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri, terutama jika Anda dan pasangan juga memiliki tingkat kesibukan yang sangat tinggi sepanjang bulan. Anda dan pasangan bisa tetap berkonsentrasi pada pekerjaan, sambil menyiapkan pernikahan privat ini.

Baca Juga: Contoh Undangan Pernikahan untuk Jenis Formal, Unik atau Murah

 

2. Biaya dan Tenaga yang Lebih Hemat

  lebih hemat

Biaya tentu menjadi salah satu pertimbangan penting ketika menggelar pernikahan, sebab ada banyak pengeluaran yang harus ditutupi, apalagi ketika menggelar pesta pernikahan dalam skala besar. 

Namun jika Anda dan pasangan menggelar pernikahan privat, maka biaya ini tentu bisa dihemat dengan baik. Anda bisa lebih mudah untuk mengatur segala sesuatunya, bahkan meski Anda menginginkan segala sesuatunya berbeda dan unik. 

Jumlah tamu yang sedikit akan memungkinkan Anda lebih mudah untuk memilih venue pernikahan, termasuk dekorasi, makanan dan yang lainnya. Anda bisa menekan budget pernikahan dengan jauh lebih baik, tanpa mengurangi kesan dan juga tujuan pernikahan itu sendiri. Selain biaya, bisa juga menghemat tenaga untuk mempersiapkan pernikahan ini. 

3. List Tamu yang Benar-Benar Eksklusif

Daftar undangan tamu  

Hanya keluarga inti dan sahabat kedua mempelai, bayangkan bagaimana ekslusifnya tamu-tamu yang datang ke pernikahan. Pernikahan privat memang tidak mengundang banyak orang, bahkan bisa dibilang jika undangan pernikahan ini sangat terbatas. Anda dan pasangan bisa mendiskusikan list undangan ini dengan baik terlebih dahulu, sehingga tamu yang datang memang benar-benar hanya orang-orang terdekat saja.

 

Baca Juga: 7 Kado Pernikahan Unik yang Murah Meriah

4. Nuansa Khidmat dan Elegan

  Suasana pesta pernikahan

Jika melihat jumlah tamu yang datang, Anda dan pasangan tentu bisa mendapatkan nuansa pernikahan yang benar-benar khidmat dan elegan. Anda akan menikah disaksikan oleh keluarga dan para sahabat terdekat saja, sehingga suasana pernikahan tidak akan ramai dengan lalu lalang tamu yang jumlahnya banyak, sebagaimana pernikahan besar dengan banyak undangan. 

Orang-orang hanya akan fokus pada pernikahan saja, sebab acara tersebut bisa dikonsep dengan seunik mungkin tanpa perlu berbagai hal yang ramai. Tidak banyak kesibukan yang berlebihan, sehingga pernikahan bisa berlangsung dengan tenang dan begitu elegan. Nuansa yang khidmat seperti ini tentu sulit didapatkan di dalam pernikahan megah dengan jumlah tamu yang banyak. 

5. Lebih Nyaman dan Kental dengan Rasa Kekeluargaan

  Kental dengan Rasa Kekeluargaan

Dalam pernikahan privat, Anda dan pasangan bisa lebih nyaman. Anda akan berada di tengah-tengah keluarga dan para sahabat saja, tanpa tambahan orang-orang lain yang bahkan mungkin tidak dikenal dengan baik sebelumnya. Anda dan pasangan bisa lebih leluasa, tanpa perlu memberi kesan tertentu yang justru membuat Anda kurang nyaman. 

Bukan hanya kedua mempelai saja, hal yang sama juga bisa dirasakan oleh tamu yang datang. Pernikahan akan berjalan nyaman dan kental dengan nuansa kekeluargaan yang terasa hangat untuk semua orang yang datang. 

Pernikahan Privat yang Lebih Hangat dan Simpel

Bagi yang berniat untuk segera menikah, memilih konsep pernikahan privat tentu bisa menjadi pertimbangan. Anda dan pasangan bisa menyiapkan pernikahan ini dengan lebih mudah dan cepat, bahkan dengan budget yang jauh lebih hemat. Bukan hanya itu saja, pernikahan juga akan berlangsung dengan hangat dan menyenangkan, sebab hanya dihadiri oleh keluarga dan para sahabat terdekat saja.

 Baca Juga: Kenali Apa Itu Kartu Nikah, Perbedaan dan Manfaatnya