Ini Dia ! Makanan Yang Wajib Ada Saat Lebaran

Momen yang paling ditunggu setelah 1 bulan berpuasa, Hari Raya Lebaran sebentar lagi akan tiba. Berbicara tentang Lebaran, memang tidak lepas dari tradisi mudik, bermaaf-maafan sampai dengan beli baju baru.

Tidak hanya itu acara makan-makan saat Lebaran menjadi hal yang ditunggu, dan pasti banyak dari Anda yang merindukan makanan-makanan yang menjadi ciri khas Lebaran setiap tahunnya. Apalagi jika dibuat oleh orang-orang terkasih Anda.

Apa saja sih makanan-makanan yang wajib ada saat Lebaran? Ini dia :

1. Ketupat

Ketupat Lebaran via partisosialis.org

Urutan pertama tentu saja diduduki oleh makanan dengan bahan dasar beras atau ketan ini, sebagai makanan wajib dan khas pada saat Lebaran. Rasanya seperti ada  yang kurang saat Lebaran tanpa ketupat. Bahkan ada filosofi dibalik ketupat dan makna Lebaran. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah, dan hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan arti tali anyaman yang tidak putus, menggambarkan pentingnya tali silaturahmi.

Dalam bahasa jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat. Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur).

2. Opor Ayam

Opor ayam khas Lebaran via suherlin.com 

Makanan wajib lainya saat Lebaran adalah opor ayam. Makanan ini sering disandingkan dengan ketupat pada saat Lebaran. Menu ini menjadi hal yang wajib ada saat Lebaran tiba. Makanan ini berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Tidak hanya pada saat Lebaran, makanan yang memiliki cita rasa khas gurih ini juga dapat Anda jumpai pada hari-hari biasa.

3. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati via blogspot.com 

Makanan ini boleh saja selalu ada dalam menu sehari-hari Anda. Namun entah kenapa menu ini menjadi makanan wajib saat Lebaran. Tidak lengkap rasanya Ketupat dan Opor Ayam tanpa sambal goreng ati.

4. Rendang

Rendang via cdn.noshon.it 

Sebagai orang Indonesia terkhusus bagi Anda yang berasal dari Sumatra Barat, Anda boleh berbangga. Pasalnya makanan dengan bahan utama daging sapi ini, dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN International pada Tahun 2011. Tidak hanya itu makanan ini juga mendapatkan gelar “The Most Balanced Food” dalam acara LA Travel  & Adventure Show. Makanan ini dapat bertahan selama tiga bulan tanpa dipanaskan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

5. Semur

Semur daging sapi kentang via sehatplus.com 

Makanan lain yang hampir tidak pernah absen saat lebaran adalah Semur Daging. Namun tahukah Anda, makanan yang diramu dengan kecap manis ini ternyata berasal dari bangsa belanda. Semur yang berasal dari kata “Smoor” yang berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

6. Nastar dan Kastangel  

Nastar dan Kastangel via blogspot.com 

Sama seperti Semur, Nastar dan Kastangel juga berasal dari Belanda. Di Belanda, kue yang menjadi favorit saat Lebaran ini, biasa disajikan pada saat hari perayaan Natal. Kastange berasal dari kata Kaas dan Stengel. Kaas artinya keju, sedangkan stengel artinya batangan.

Tidak hanya pada saat perayaan Natal dan Lebaran. Kue kering ini juga menjadi makanan wajib pada saat perayaan Imlek. Nastar sendiri dalam bahasa Hokkian diartikan sebagai “Kemakmuran datang kemari” atau rezeki dan keberuntungan datang. Warna emas dari isi Nastar serta rasa manis yang terdapat dalam kue ini melambangkan rezeki yang manis dan melimpah.

Baca Juga: 5 Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran

7. Kacang Goreng

Kacang Goreng via blogger.com 

Walaupun bukan termasuk makanan berat. Kacang goreng yang sering Anda temui pada penjaja makanan di bis atau dipinggir jalan, menjadi cemilan yang khas saat Lebaran. Ada berbagai cara mengolah cemilan ini, ada dengan cara digoreng, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk Anda yang menyukai rasa lebih gurih.

8. Kue Putri Salju 

Bentuk kue Putri Salju seperti bulan sabit via resep-makanan.com 

Kue Putri Salju menjadi hidangan kue kering khas lebaran. Hampir setiap rumah menyajikan kue Putri Salju. Ciri khas kue ini adalah warna putih lembut yang berasal dari taburan gula halus, butiran lembut ini seperti salju. Bentuk kue kering ini juga khas, yakni berbentuk seperti bulan sabit. Kue yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, mentega dan susu bubuk ini rasanya enak, gurih, empuk, dan manis.

9. Astor 

  Astor menjadi camilan khas saat lebaran via anggisnack.files.wordpress.com

Jajanan yang satu ini menjadi makanan yang khas dan sering dijumpai saat lebaran. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang tua menggemari jajanan ringan. Rasanya yang manis, dan renyah membuat astor menjadi camilan manis favorit saat lebaran tiba. Astor adalah kue kering wafer yang berbentuk batangan kecil atau panjang, plus isi coklat pasta didalamnya.

Kini, Bentuk dan varian rasa Astor semakin berkembang, ada banyak merk astor yang bisa dengan mudah dibeli untuk camilan khas lebaran di rumah Anda.  

Baca juga: 6 Cara Memotong Anggaran Makan Saat Liburan

Apapun Makanannya, yang Penting Lebaran

Yap! Apapun makanannya yang penting Lebaran. Mangan ora mangan sing penting kumpul atau makan gak makan yang penting kumpul. Pepatah tersebut memang benar. Tidak peduli menu apa yang ada di rumah Anda saat Lebaran. Hal yang paling penting dari itu adalah, berkumpulnya Anda dengan keluarga dan sanak saudara. Bermaaf-maafan, berbagi cerita dan melepas rindu setelah bertahun-tahun tidak bertemu jauh lebih bermakna dari semua kemewahan saat Lebaran. Selamat menyambut Idul Fitri teman cermat.

Baca juga: 5 Pekerjaan Sampingan Menjelang Lebaran