Ini Dia Menghemat Uang Bulanan untuk Mahasiswa Berikut Ini

mengatur keuangan

Kuliah dan menjadi anak kost, kamu tentu harus terbiasa mengatur segala sesuatunya sendiri. Hal ini mungkin akan terasa sulit, terutama di masa-masa awal perkualiahanmu. Bukan hanya masalah belajar dan makan saja, masalah keuangan juga menjadi hal lain yang tak kalah pentingnya untuk dikelola.

Jika selama ini kamu terbiasa makan dan menemukan berbagai kebutuhanmu di rumah, maka ketika kuliah kamu tentu harus memenuhi semua kebutuhan dan makananmu dengan menggunakan uang bulanan yang kamu dapatkan dari orangtua.

Jika tidak teliti, bukan tidak mungkin uang bulananmu akan habis di tengah bulan. Hindari berbagai pemborosan dengan cara yang tepat, kamu bisa menerapkan beberapa cara hemat dalam aktifitas harianmu. Hal ini akan membuat kamu tetap bisa memenuhi semua keperluan kuliahmu dengan baik.

Simak beberapa cara berikut, yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang bulananmu:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Susun Anggaran Bulanan yang Ketat

Meski masih menjadi mahasiswa dan mendapatkan uang bulanan dari orangtua, kamu sudah harus mulai membiasakan diri untuk mengatur anggaran keuangan. Susunlah anggaran keuangan ini di akhir bulan, sehingga bisa menjalankannya sejak awal bulan. Pastikan membuat setiap pos pengeluaranmu proporsional, sehingga uang bulananmu cukup untuk memenuhi semuanya.

Dahulukan berbagai kebutuhan pokokmu terlebih dahulu, lalu kamu bisa memenuhi kebutuhan lainnya yang tidak terlalu mendesak. Jangan lupa untuk selalu menyisihkan sejumlah uang bulananmu sebagai tabungan, uang ini kelak bisa digunakan sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak.

Baca Juga: 6 Tips Hemat Atur Gaji untuk Kebutuhan Hidup Sebulan

2. Pinjam atau Beli Buku yang Bekas Saja

Ada banyak buku yang akan dibutuhkan selama kuliah, beberapa di antaranya bahkan hanya terpakai satu semester saja, namun beberapa buku bisa jadi terpakai selama beberapa semester. Untuk buku yang hanya akan terpakai satu semester ini, tidak ada salahnya kamu pinjam saja kepada teman atau bahkan seniormu.

Namun jika tidak ada, kamu bisa membelinya dalam kondisi bekas juga. Meski dalam kondisi bekas, biasanya buku-buku ini masih bagus dan bisa digunakan dengan baik. Untuk buku-buku yang akan digunakan selama beberapa semester dan terpakai cukup lama, akan sangat baik jika membelinya saja.

3. Berhemat dengan Status Mahasiswa

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan sebagai mahasiswa, salah satunya potongan harga ketika berbelanja di toko / sepermarket atau bahkan ketika makan di kafe. Bukan hanya itu saja, sejumlah moda transportasi umum serta lokasi wisata juga banyak yang menerapkan potongan harga khusus untuk para mahasiwa. Semua ini jelas akan menghemat uangmu.

Cermati dengan baik berbagai promosi yang memberikan potongan harga seperti ini, sehingga kamu bisa menghemat uang bulananmu ketika makan atau bahkan berbelanja.

4. Gunakan Fasilitas Kampus dengan Maksimal

Setiap kampus tentu memiliki beragam fasilitas pendukung yang memadai, seperti: sarana olahraga, fasilitas kesehatan, laboratorium, perpustakaan, bahkan hingga berbagai kegiatan kemahasiswaan dengan minat tertentu.

Kamu bisa memanfaatkan semua fasilitas yang dimiliki kampusmu ini untuk mendukung aktifitas kuliah dan mengasah kemampuanmu di bidang akademik maupun yang lainnya. Jika kamu memiliki bakat tertentu juga bisa disalurkan melalui kegiatan kemahasiswaan, seperti: teater, menari, atau bahkan menyanyi dan yang lainnya.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Usaha secara Mandiri

5. Manfaatkan Waktu Luang untuk Cari Uang Saku Tambahan

Siapa bilang anak kuliah selalu sibuk dan tidak punya waktu luang? Jika kamu memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola waktu, maka kamu akan memiliki sejumlah waktu luang, terutama di akhir pekan. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk mencari uang saku tambahan.

Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan mudah, seperti: bekerja paruh waktu, menjadi penulis, menjadi pengasuh anak, dan yang lainnya. Uang yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk tambahan uang sakumu atau bahkan tabunganmu.

Nikmati Masa Kuliah dengan Hemat dan Menyenangkan

Kehabisan uang di tengah bulan menjadi masalah yang paling sering dihadapi oleh mahasiswa, bahkan kebanyakan mahasiswa pernah mengalami hal ini. Hindari masalah keuangan di masa kuliah dengan cara yang tepat, yakni dengan menjalankan pola hidup hemat dan lebih teratur. Jika keuanganmu berjalan dengan baik dan lancar, maka berbagai aktifitas kuliahmu tentu bisa berjalan dengan menyenangkan.

Baca Juga: Patut Ditiru! Cara Nongkrong Anti Boros Anak Gaul di Era Modern