Ini Keuntungan yang Didapat dengan Membeli Mobil secara Online

Menjelang Lebaran, keinginan untuk memiliki mobil makin besar apalagi tujuannya untuk keperluan mudik. Bila tadinya mengendarai mobil adalah satu prestise tersendiri dan jadi pelengkap gaya hidup mewah, tampaknya pemikiran ini sudah tidak terlalu relevan saat ini. Berbagai kemudahan memiliki mobil saat ini banyak ditawarkan dealer ataupun lembaga pemberi kredit.

Faktor kenyamanan dan keselamatan menjadi salah satu alasan utama memilih mobil ketimbang pakai sepeda motor. Terlebih kalau sudah bicara banyaknya barang yang ingin dibawa, mobil pasti lebih efektif. Sayangnya, calon pembeli yang baru pertama kali membeli mobil terpaksa harus menelan kekecewaan lantaran mobil baru yang seyogianya meringankan beban malah jadi memberatkan akibat minimnya pengetahuan tentang proses memilih dan membeli mobil yang tepat.

Bagi Anda yang sedang mencari-cari mobil impian, membeli mobil secara online bisa jadi alternatif yang menarik dan lebih efektif ketimbang harus mencari offline. Ulasan berikut bisa menjadi panduan untuk menjelaskan tentang untungnya beli mobil secara online.

Baca Juga: Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Apa Saja Kiat Dasar Membeli Mobil secara Online?

Beli Mobil Online
Ilustrasi Beli Mobil secara Online via shutterstock.com 

Website bisa jadi media riset gratis tentang apa saja termasuk dalam memilih mobil. Untuk urusan membeli mobil, banyak orang menjadikan website sebagai sumber informasi yang lengkap dan cukup akurat. Efisien dari segi waktu dan tenaga dengan cukup melakukan cek ke berbagai situs yang menyediakan informasi seperti spesifikasi harga serta performa mesin sebuah mobil.

Dengan melakukan browsing, mobil idaman sangat mudah ditemukan ketimbang mesti berjalan dari satu dealer ke dealer lainnya. Berikut ini beberapa kiat membeli mobil bekas atau baru secara online yang perlu diketahui.

1. Lakukan Riset dengan Kata Kunci (Keyword) Merk Mobil, Tahun Pembuatan, dan Spesifikasinya

Hal dasar yang harus dikenali dari sebuah mobil adalah sisi performa. Performa mobil bisa dilihat dari beberapa hal dasar seperti tahun pembuatan, kondisi mobil, dan spesifikasinya. Calon pembeli bisa menemukan mobil idaman secara online hanya dengan mengetik beberapa kata kunci pencarian.

2. Temukan Informasi tentang Penjual, Kenali Reputasinya

Setelah riset, langkah berikutnya adalah mengenali penjual mobil tersebut. Hal ini berlaku dalam membeli mobil baru ataupun bekas. Pastikan kontak penjualnya lengkap dan valid. Beberapa situs jual beli mobil mencantumkan pula reputasi penjual tersebut. Pilih yang bereputasi baik atau memiliki testimoni yang positif.

3. Kroscek secara Mendetail dan Bandingkan dengan yang Ditawarkan Penjual Lainnya

Keberadaan internet memang efektif dalam membantu urusan mencari informasi. Dari sini bisa dilakukan kroscek secara mendetail. Hubungi pihak penjual secara langsung berdasarkan nomor kontak yang tertera. Kemudian tanyakan lebih dahulu sebelum benar-benar membuat janji temu.

4. Datangi Lokasi Penjual

Setelah mendapatkan informasi detail dan yakin bahwa penjual tersebut memang terpercaya. Langkah berikutnya datangi langsung lokasinya. Perhatikan dan bandingkan antara yang ada dalam gambar dan aslinya.

Cek fisik, kelengkapan surat, dan hal lain yang pada umumnya perlu diketahui sebelum menjatuhkan pilihan. Buatlah janji temu dengan dua penjual dalam sehari. Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk menemukan mobil idaman lebih cepat.

5. Lakukan Test Drive Setidaknya Satu Kali Sebelum Memutuskan untuk Membeli

Lakukan test drive mobil yang dipandang pas. Ini perlu untuk mengetahui performa mesin, kondisi laik jalan, dan merasakan bagaimana mobil benar-benar dalam kondisi bergerak. Jangan terburu-buru membuat keputusan bila dirasa belum pas.

Kiat dasar ini adalah panduan yang bisa dilakukan saat membeli mobil secara online. Jangan terburu-buru membuat keputusan serta pastikan yang terbaik dari yang terbaik agar tak kecewa setelah menjatuhkan pilihan.

Sudah Paham Kiatnya? Alasan Berikut Semakin Menguatkan Anda

Dana Beli Mobil
Ilustrasi Dana Beli Mobil via shutterstock.com 

Banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan membeli mobil secara online. Berikut ini adalah rangkuman alasan mengapa membeli mobil secara online jauh lebih menguntungkan.

1. Bisa Menyesuaikan dengan Anggaran

Dengan memilih dahulu, calon pembeli bisa mendapatkan kendaraan terbaik dengan harga pantas. Ini karena pada banyak situs jual beli mobil online, penjual wajib mencantumkan harga jual yang diinginkan. Bila secara offline, ada kemungkinan bisa saja harga tidak pasti. Tapi untuk memilih secara online, kita sudah lebih dahulu dapat menyortir pilihan terbaik yang sesuai dengan ketersediaan budget.

2. Mudah dan Efisien Tanpa Perlu Repot Keliling Dealer

Faktor utama yang banyak dikeluhkan orang saat akan memilih mobil adalah saat harus berkeliling-keliling untuk menemukan penjual terbaik. Ini tentu boros waktu, energi, dan biaya. Bila beli secara online, kita cukup melakukan pencarian lewat smartphone atau laptop. Bisa dilakukan pada saat senggang atau di sela-sela waktu kerja.

3. Relatif Lebih Aman karena Sudah Diseleksi Situs Penyedia Iklan

Beberapa situs jual beli mobil, punya ketentuan yang mewajibkan pemasang iklan untuk nantinya menerima pembayaran via situs tersebut. Artinya, ada pihak ketiga antara pembeli dan penjual sehingga bila ada komplain selama masa tertentu, uang akan cenderung aman. Apalagi harga mobil bukan tergolong barang murah yang bila salah beli bisa diulangi lagi.

4. Beberapa Situs Menampilkan Fitur Hot Deals yang Menguntungkan

Untuk beberapa situs, ada fitur hot deals yang tampil sebagai bagian dari iklan yang telah di-review dan tersortir secara redaksional. Artinya, bisa jadi bahwa mobil yang diiklankan tadinya sudah mengalami masa test drive oleh pihak dari situs yang bersangkutan. Dengan cara ini, tentu lebih merasa tenang dan aman untuk membelinya.

5. Untuk Pembelian Mobil Baru secara Online, Tak Jarang Ada Harga Promo

Siapa yang tak ingin membeli barang dengan harga hemat, termasuk untuk urusan membeli mobil? Bila beli secara online, berdasar pantauan, ada kemungkinan mendapatkan harga spesial promo. Ini berarti ada kemungkinan bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan harga lebih rendah. Untuk mendapatkan program semacam ini, temukan situs yang biasa bekerja sama dengan agen pemegang merk dagang mobil tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Cermat Membeli Mobil Mewah Bekas

Jeli dalam Menetapkan Pilihan

Pada zaman modern seperti ini, cegah kerumitan saat ingin membeli mobil. Tak perlu buang energi yang berlebihan dengan mencari secara online, ada banyak keuntungan sebagai calon pembeli. Yang pasti harus jeli dalam menetapkan pilihan, apakah mobil baru atau bekas. Dan tentu saja rajin melakukan banyak riset yang semuanya sudah tersedia secara gratis di internet.

Baca Juga: 7 Hal Ini Wajib Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Mobil