Ini Pilihan Asuransi Penting untuk Antisipasi Bencana Alam

Musibah memang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Hal ini yang dirasakan ribuan warga Bali yang sedang was-was atas kondisi Gunung Agung yang kini tengah dalam status level awas. Meletusnya Gunung Agung yang terletak di Karang Asem, Bali, Indonesia ini memang diprediksikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi tinggal menunggu waktu.

Artinya, setiap saat Gunung Agung bisa berpotensi meletus dan menumpahkan lahar panasnya. Oleh sebab itu mereka mengungsi, mencari perlindungan atas bencana yang akan datang. Gempa sering terjadi di wilayah Gunung Agung dan sekitarnya, para warga pun mengungsi, mereka berharap bisa menyelamatkan diri, anggota keluarga, dan beberapa harta benda yang masih biisa diselamatkan sebelum terjadi erupsi.

Keselamatan nyawa adalah yang utama, apalagi jika mengingat letusan Gunung Agung pada tahun 1963 silam yang merenggut seribu korban jiwa dan berbagai kerusakan yang ditinggalkan.

Memang, kita tidak bisa mencegah bencana alam terjadi karena semuanya adalah kuasa Tuhan yang Maha Esa, yang kita bisa lakukan adalah mengurangi dampak bencana alam yang akan terjadi terhadap diri kita. Bagaimana caranya? Tentunya kita harus memiliki proteksi terhadap diri sendiri dan harta benda kita, yaitu dengan cara memiliki asuransi.

Pentingnya Asuransi Sebagai Antisipasi Bencana Alam

gunung agung bali
status Gunung Agung Bali tengah dalam status awas via republika.co.id

Dampak dari bencana alam memang langsung terasa oleh para korban. Diantaranya munculnya kerugian-kerugian baik kerugian material, kerugian finansial, hingga kehilangan orang-orang tercinta. Namun, apakah Anda akan pasrah dan menerima semua kerugian tersebut? Padahal, ada cara untuk mengantisipasi semua itu.

Langkah antisipasi dari kerugian yang disebabkan oleh bencana alam adalah dengan mengikuti asuransi, khususnya bagi masyarakat yang bermukim di wilayah pegunungan aktif maupun tidak, dan area yang rawan dengan bencana alam seperti tanah longsor dan gempa bumi.

Dengan memiliki asuransi, Anda akan mendapat perlindungan finansial akan risiko yang terjadi. Jadi, nanti akan ada biaya ganti rugi atas kerugian yang dialami. Lalu, jenis asuransi apa saja yang harus dimiliki untuk antisipasi bencana alam? Ini pilihannya.

1. Memiliki Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini sangatlah penting untuk dimiliki seseorang sebagai perlindungan akan nyawanya. Bukan berarti dengan menggunakan asuransi jiwa, nyawa seseorang akan aman dari bencana, melainkan ahli waris si tertanggung akan mendapatkan perlindungan finansial jika si tertanggung meninggal dunia.

Sebagai gambaran, nilai terendah pertanggungan asuransi jiwa yang diberikan kepada ahli waris adalah Rp50-100 juta. Coba bayangkan jika si tertanggung merupakan tulang punggung keluarga, saat dia tiada, siapa yang akan membiayai segala kebutuhan keluarganya? Dengan mengikuti asuransi, maka si tertanggung seolah tetap menghidupi keluarganya lewat dana perlindungan asuransi dari pihak asuransi yang diberikan per bulan.

Baca Juga: Asuransi Jiwa: Pengertian dan Manfaat yang Diberikan?

2. Memiliki Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan pentingnya asuransi kesehatan bagi Anda dan keluarga

Datangnya bencana kadang diiringi dengan hadirnya wabah penyakit yang menghantui, misalnya banjir yang dapat menyebabkan penyakit kolera dan malaria, atau bencana gunung meletus yang asapnya dapat menyebabkan asma dan sesak napas.

Oleh sebab itu, sebagai langkah antisipasi akan penyakit yang dibawa oleh musibah, asuransi kesehatan adalah solusinya. Dengan asuransi kesehatan, kita mendapatkan proteksi kesehatan menyeluruh atas risiko terkena penyakit. 

Masa mau sudah rugi harta benda karena bencana, kesehatan mau ikut rusak juga? Belum lagi biaya pengobatan yang semakin lama, semakin meninggi saja. Asuransi kesehatan ini nantinya akan me-cover mulai dari biaya rumah sakit, dokter, hingga obat-obatan.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

3. Memiliki Asuransi Kendaraan

Selain memiliki proteksi atas tubuh Anda, tambah juga perlindungan tersebut pada kendaraan. Hal ini tentunya dilakukan agar tidak mengalami kerugian besar jika tiba-tiba terjadi risiko berupa bencana alam juga ikut menggerus kendaraan yang dimiliki.

Dalam asuransi mobil, untuk mendapatkan perlindungan atas musibah bencana alam, (dalam istilah asuransi kendaraan disebut God Act), dibutuhkan perluasan perlindungan. Apa itu? Perluasan asuransi adalah penambahan risiko lainnya yang ditanggung pihak asuransi.

Pada umumnya, asuransi kendaraan hanya melindungi dari biaya perbaikan karena kecelakaan, atau kehilangan. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu kendaraan yang diasuransikan sudah mendapat jaminan dari perluasan perlindungan dari bencana alam.

Baca Juga: Masih Menganggap Asuransi Mobil itu Remeh? Pahami Dulu Manfaatnya

4. Memiliki Asuransi Properti

asuransi banjir asuransi properti juga melindungi barang-barang dalam rumah

Rumah merupakan aset paling penting dalam kehidupan. Selain itu, memiliki rumah merupakan kebutuhan primer setiap manusia yang wajib dipenuhi. Anda tentu tidak ingin, rumah yang sudah diidam-idamkan sejak lama rusak atau bahkan hancur karena bencana alam. Bayangkan berapa biaya perbaikannya?

Oleh sebab itu, untuk melindungi aset properti primer Anda ini, perusahaan asuransi khusus menyediakan produk asuransi berupa asuransi properti yang memberikan perlindungan finansial terhadap rumah Anda.

Nantinya, asuransi ini akan me-cover biaya kerusakan pada rumah jika terkena risiko, misalnya kebakaran, banjir, gempa bumi, ledakan, terkena asap, kejatuhan pesawat dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, pada asuransi rumah juga ada pilihan untuk memberikan perlindungan terhadap isi dari rumah. Artinya, barang-barang berharga dalam rumah juga dapat ditanggung kerusakan dan kehilangannya jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Memiliki Asuransi Pertanian

Asuransi jenis ini juga tak kalah pentingnya untuk dimiliki, terlebih bagi Anda yang berprofesi sebagai petani dan memiliki sawah yang luas. Menjelang musim panen tiba, tidak bisa diprediksi risiko yang bisa saja terjadi, misalnya hama, gagal panen, bahkan bencana alam yang akan merusak tanaman pertanian.

Asuransi pertanian nantinya akan memberikan perlindungan finansial akan lahan pertanian Anda apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kini perluasan asuransi pertanian juga mencakup asuransi ternak. Jadi tak hanya tanaman yang bisa diproteksi asuransi, tapi hewan juga.

Baca Juga: Mengenal Asuransi Pertanian, Manfaat dan Mekanisme yang Wajib Diketahui

Miliki Asuransi Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui pentingnya asuransi dan jenis asuransi yang penting untuk dimiliki sebagai langkah antisipasi dari bencana alam bisa datang kapan saja, pilih asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan.Maksudnya, pilih perlindungan yang sangat dibutuhkan, lihat dari risiko yang paling berpotensi terjadi terhadap Anda. Selai itu, pilih juga premi yang pas di  kantong agar tidak menyulitkan keuangan nantinya.