Ini Solusi agar 'Single Mom' Bisa Mandiri

Menjadi 'single mom' tentu bukanlah hal yang mudah. Setelah ditinggal suami, maka perempuan harus siap untuk menjalani peran ganda sebagai ibu yang merawat anak dan sekaligus pencari nafkah tunggal bagi keluarga.

Tuntutan untuk menghidupi anak dan memenuhi segala kebutuhannya membuat single mom harus bijak dalam mengelola keuangannya. Meskipun berat, namun single mom tentu harus tetap teguh dan mampu menjalani kondisi tersebut.

Sudah menjadi keinginan yang wajar bagi setiap ibu untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya, mulai dari kasih sayang, kebutuhan hidup, hingga pendidikan. Bayang-bayang mengenai buah hati tercinta tentu menjadi penyemangat untuk terus bekerja keras dan mencari nafkah.

Kondisi tersebut makin berat bila anak-anak masih kecil sehingga tanggungan untuk memenuhi kebutuhan buah hati masih panjang. Apalagi bila sang ibu sebelumnya tidak bekerja, sehingga mencari nafkah merupakan peran baru baginya.

Berbagai pertanyaan pun muncul, bagaimana cara menghadapi kondisi ini? Bagaimana cara mencari uang untuk memenuhi kebutuhan? Lalu bagaimana dengan kondisi anak jika ditinggal bekerja?

Solusi berikut ini dapat menjawab keresahan hati dari berbagai pertanyaan tersebut, di antaranya adalah:

1. Gali Potensi Diri

Selama ini mungkin Anda tidak begitu menyadari potensi diri yang dimiliki karena terlalu berkutat dengan pekerjaan rumah tangga. Padahal, Anda mungkin mempunyai keahlian tertentu seperti memasak, menjahit, membuat aksesoris, menulis, dan sebagainya.

Saatnya untuk mulai menggali potensi diri dan memaksimalkan potensi tersebut karena rezeki dapat muncul dari potensi yang Anda miliki tersebut. Dengan keahlian memasak misalnya, Anda dapat menerima pesanan catering, membuka warung makan, atau membuat kue dan menjualnya di mini market atau sekolah.

Bila Anda suka menulis, maka dapat mulai menulis dengan tekun dan serius serta mencoba mengirimkannya pada majalah atau penerbit.