Inilah Cara Membagi Waktu untuk bisa Bekerja Kantoran Sekaligus Menjalankan Bisnis

Setiap orang pasti memiliki hobi dan passion yang berbeda. Terutama dalam hal mencari penghasilan. Ada yang lebih suka di bidang pertanian, perkebunan, perkantoran, dan banyak lagi. Selama pekerjaan itu halal dan tidak merugikan orang. Bagi yang saat ini memiliki pekerjaan tetap tapi juga senang menjalankan kerja sambilan atau berbisnis mungkin ini artikel yang tepat untuk Anda.

Hal yang wajar jika manusia menginginkan hal yang lebih kan? Tapi ada cara yang tepat untuk Anda yang saat ini bekerja sebagai karyawan di kantor dan ingin menjalankan bisnis di waktu yang bersamaan.

Agar kedua aktivitas ini berjalan secara seimbang, Anda harus pintar untuk membagi waktu, coba ikuti cara di bawah ini :

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilihlah Bisnis yang Sesuai dengan Keahlian

bisnis yang sesuai keahlian

Memulai sebuah bisnis di tengah-tengah padatnya tugas kantor adalah sesuatu yang sangat menantang. Memilih bisnis yang bukan keahlian Anda bisa saja membuat bisnis yang baru dirintis ini mengalami kegagalan.

Oleh sebab itu, pikirkanlah secara matang dan kemudian tentukan bisnis apa yang memang sesuai dengan keahlian. Jika keahlian Anda di bidang menjahit mungkin bisa mulai membuka jasa jahit atau mempekerjakan orang untuk menjahit.

Ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut tanpa kendala yang serius nantinya. Terlebih lagi untuk yang juga seorang karyawan kantoran.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Berikut Jika Masih Bingung untuk Menentukan Rencana karir

2. Pilihlah Bisnis dengan Modal yang Minim

modal usaha

Terkadang awalnya untuk menjalankan bisnis agar bisa berjalan dengan lancar, Anda harus mengandalkan gaji bulanan dari bekerja kantoran tersebut. Begitulah cara agar bisa mengembangkan bisnis Anda.

Sebenarnya dengan berbisnis, akan mengajarkan Anda bagaimana mengelola keuangan dan waktu dengan benar. Tapi, saat melakukan kesalahan sedikit yang bersifat fatal justru akan membuat Anda mengalami kerugian. Oleh sebab itu sebaiknya memilih bisnis yang tidak membutuhkan modal yang banyak. Agar stabilitas keuangan tidak terganggu.

3. Gunakan Waktu Akhir Pekan Sebaik Mungkin

memanfaatkan akhir pekan

Inilah yang disebut pintar dalam membagi waktu. Tips agar bisa sukses dalam menjalankan dua kewajiban sekaligus. Saat orang lain sibuk menghabiskan waktu akhir pekan dengan bersenang-senang. Anda yang sedang merintis sebuah bisnis harus merelakan waktu akhir pekan diisi dengan kegiatan yang menunjang kemajuan bisnis.

Meskipun ada beberapa waktu yang memang harus Anda sisakan untuk refreshing ya. Jika tidak bisa merelakan waktu terbagi-bagi maka harus mempertimbangkan kembali rencana untuk merintis sebuah bisnis. Saat bekerja sebagai karyawan dari Senin hingga Jumat dan bekerja dari pagi hingga sore tentu harus menggunakan waktu akhir pekan sebaik mungkin demi bisnis yang sedang dijalani.

4. Buatlah jadwal

membuat agenda

Agar mencegah terjadinya benturan jadwal di kedua kegiatan, Anda harus membuat jadwal serapi dan sedetail mungkin. Buatlah jadwal untuk mengelola bisnis di jam-jam setelah pulang dari kantor. Mengatur jadwal adalah hal yang sangat penting untuk yang merupakan karyawan kantor dan sedang menjalankan bisnis.

5. Mintalah bantuan

rekan kerja atau bisnis

Mintalah bantuan pada orang yang Anda percaya. Minta mereka untuk bisa menjalankan bisnis saat sedang tidak bisa karena masih berada di kantor. Ini akan meringankan kerja Anda. Namun, jika dirasa mampu untuk mengerjakan bisnis sendirian tanpa bantuan orang lain, meminta bantuan asisten atau saudara tidak diwajibkan. Semua tergantung kemampuan.

Tapi saat bisnis mulai berkembang dan Anda juga harus membagi waktu dengan kerja kantor, sebaiknya mulai mencari orang kepercayaan yang bisa ditunjuk untuk mengelola bisnis saat Anda berhalangan atau belum pulang dari kantor.

6. Fokus

fokus

Jika beberapa orang hanya fokus pada satu tujuan. Anda dituntut untuk bisa fokus pada kedua impian. Anda harus bisa menyelesaikan tugas kantor dan bisnis secara bergantian. Usahakan untuk menuntaskan salah satunya terlebih dahulu hingga selesai. Barulah beralih menyelesaikan tugas satunya.

Tapi jangan pernah menunda salah satunya agar pekerjaan tidak terkendala dan akhirnya membuat Anda gagal dalam mencapai keduanya. Contohnya, saat di kantor sebaiknya selesaikan tugas kantor di kantor saat itu juga, dan saat sedang mengerjakan bisnis, lakukan saat itu juga. Jangan pernah mengerjakan tugas kantor di waktu mengerjakan bisnis, begitu pula sebaliknya.

Baca Juga:  Meningkatkan Kretivitas Hingga Karir, Ini Dia Keuntungan Bekerja di Coworking Space

Bekerja Kantoran Bukan Halangan untuk Bisa Berbisnis

Jika memang memiliki hobi untuk menjalankan bisnis, tidak ada salahnya jika harus berjalan berbarengan dengan pekerjaan kantor yang selama ini ditekuni. Keduanya bisa dijalankan sekaligus selama bisa membagi waktu untuk keduanya. Selama Anda nyaman dan mampu. Maka dari itu pentingnya untuk Anda mencoba langkah-langkah di atas.

Baca Juga: Sukses Bangun Personal Branding Lewat Sosial Media dengan Cara Ini