Inilah Lomba Hari Kemerdekaan di 6 Negara, Mana yang Paling Unik?

Wah, tak terasa Indonesia sudah merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 masih. Tentu saja, euforia masyarakat menyambut hari lahir bangsa Indonesia ini tak pernah padam.

Berbagai perlombaan diadakan dan diikuti banyak kalangan, tua, muda, remaja, hingga anak-anak. Kalau kamu, lomba apa yang diikuti buat memeriahkan 17 Agustusan ini?

Tak hanya Indonesia, semua negara di dunia ini pastinya sangat antusias memeriahkan hari kemerdekaannya. Semua menumpahkan kegembiraan dan membangkitkan semangatnya untuk negara tercinta.

Ada banyak cara untuk merayakan peringatan hari kemerdekaan. Tak terkecuali dengan berbagai perlombaan. Dan setiap negara pastinya punya ciri khas masing-masing untuk dilombakan untuk memeriahkan suasana.

Nah, dari berbagai macam lomba hari kemerdekaan di berbagai belahan dunia tersebut, mana yang menurutmu paling unik? Yuk, simak ulasan berbagai perlombaan peringatan hari kemerdekaan di beberapa negara yang Cermati.com himpun.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Indonesia: Panjat Pinang, Tarik Tambang, Balap Karung, hingga Makan Kerupuk

Loma Makan Kerupuk
Ilustrasi anak-anak yang mengikuti lomba makan kerupuk pada perayaan kemerdekaan Indonesia

Tentu tak asing lagi bagi kamu, bukan? Di acara 17-an pasti akan ditemukan ketiga lomba tersebut. Bahkan di seluruh penjuru Nusantara akan selalu menemukan yang namanya lomba panjat pinang, tarik tambang, balap karung, hingga makan kerupuk.

Bukan hanya kalangan orang dewasa dan pria saja, tapi juga anak-anak, bahkan para ibu-ibu pun tak luput dari keikutsertaannya memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) dengan berbagai macam perlombaan.

Tentu saja, tidak hanya ketiga macam lomba itu saja, tapi Indonesia juga banyak sekali aneka perlombaan kemerdekaan, seperti lomba memasukkan pensil atau belut ke dalam botol, memecahkan balon berisi air dengan mata tertutup, memindahkan kelereng pakai sendok, balapan bakiak, gigit koin, perang bantal, joget balon, balap egrag, memasak, fashion show, dan masih banyak lagi.

Tapi yang pasti masyarakat Indonesia sangat kreatif, dan selalu saja banyak ide untuk dilombakan pada perayaan kemerdekaan.

Baca Juga: Jalan-Jalan Murah, Napak Tilas Tempat Wisata Sejarah Kemerdekaan RI

2. Papua Nugini: Lomba Rugby

Rugby di Papua New Guinea
Anak-anak sedang lomba rugby di Papua New Guinea via zimbio.com

Negara yang mengumumkan kemerdekaan pada tanggal 16 Agustus 1975 ini tidak banyak memiliki perlombaan untuk hari ulang tahun kemerdekaannya. Mereka lebih banyak menggelar berbagai acara seni seperti memakai berbagai macam pakaian adat atau tradisional dan berbagai macam tarian yang mewakili seluruh suku di negeri ini.

Pun demikian, bukan berarti tidak ada perlombaan sama sekali di negara yang sebelumnya di bawah kekuasaan Australia ini. Mereka merayakan hari kemerdekaan dengan satu macam perlombaan saja, yakni pertandingan Rugby. Tentu saja, ini merupakan olahraga favorit seluruh masyarakat dari semua kalangan, baik tua maupun muda, hingga anak.

3. Myanmar: Lomba Perang Bantal

Lomba Perang Bantal di Myanmar
Lomba perang bantal perayaan kemerdekaan Myanmar via medcom.id

Di negeri Seribu Pagoda ini, perayaan hari kemerdekaan juga tak kalah seru. Peringatan kemerdekaan Myanmar yang jatuh setiap tanggal 4 Januari ini diwarnai oleh berbagai parade dan perlombaan. Kemeriahan perlombaan masyarakat Myanmar yang digelar juga hampir seperti di Indonesia, yang diikuti oleh semua kalangan. Selain parade dan pawai, di Myanmar juga akan dijumpai lomba perang bantal.

4. Ghana: Lomba Layar dan Tari

Lomba Tari di Ghana
Ilustrasi lomba tari di Ghana via citiFM.com

Masyarakat Ghana menyambut hari kemerdekaan setiap tanggal 6 Maret dengan berbagai perayaan, seperti parade dan pawai keliling sambil menyalakan kembang api, maupun pertunjukan musik dan tari di area pantai. Dan yang tak kalah menariknya dalam memeriahkan kemerdekaan Ghana ini adalah lomba layar dan tari.

Baca Juga: Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Cocok Menjelang Hari Kemerdekaan

5. India: Lomba Layang-Layang

Lomba Layang-Layang di India
Ilustrasi lomba layang-layang di India via vemale.com

Negeri para artis Bollywood ini memang dikenal dengan budayanya yang sangat kental dan seolah tak luntur di mana pun setiap warganya berada. Selain melakukan berbagai acara perayaan hari kemerdekaan setiap tanggal 15 Januari, seperti memasang bendera dan pawai, juga mengadakan lomba menerbangkan layang-layang sebagai simbol kemerdekaan.

6. Australia: Lomba Perahu

Lomba Perahu di Australia
Ilustrasi lomba perahu di Australia via andi.my.id

Di negeri Kanguru ini, perayaan kemerdekaan dimeriahkan dengan pesta kembang api dan berbagai acara rakyat dengan menampilkan beragam khas warga keturunan, mengingat penduduk Australia dikenal berasal dari bermacam-macam bangsa. Harapannya, sebagai negara yang multikultural, dengan populasi yang terdiri berbagai etnis dan kultur dari banyak bangsa, bisa mempererat keberagaman.

Meski tak banyak, untuk menyambut dan memeriahkan hari spesial Australia yang jatuh setiap tanggal 26 Januari ini juga menggelar perlombaan. Perlombaan yang biasa digelar pada hari kemerdekaan ini adalah lomba perahu. Suasana semakin meriah dengan parade kostum warna-warni oleh masyarakat Australia sembari berjalan.

Cinta Indonesia yang Kaya Ragam Budaya

Dengan ulasan berbagai macam perayaan hari kemerdekaan di beberapa negara, tentu kita akan dibuat senyum-senyum sendiri seketika menyadari betapa unik dan menariknya cara masyarakat Indonesia menyambut hari bersejarah ini. Tentu saja, sudah seharusnya kita bangga dengan keberagaman budaya dan mengakui kreatifitas masyarakat yang mengundang tawa kegembiraan serta semangat membara untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Merdeka!

Baca Juga: Kiat Sukses Berjualan Produk UKM saat Perayaan Ulang Tahun Jakarta