Inilah Peluang Usaha Menjanjikan yang Berhubungan dengan Hewan Peliharaan

Membicarakan hewan peliharaan bukan lagi menjadi hal yang tabu untuk diperbincangkan, justru kini sudah banyak orang yang mulai menggandrungi hewan-hewan tersebut. Berbagai jenis hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci hingga jenis hewan reptil membuat orang tertarik ingin memilikinya.

Sama halnya dengan manusia, hewan juga memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi, mulai dari makanannya, susu, vitamin, aksesoris dan perlengkapan lainnya. Nah, artinya semakin banyak orang yang memiliki hewan perilaharaan, maka seharusnya akan semakin banyak juga pemasok atau penerima jasa untuk memenuhi semua kebutuhan hewan tersebuh.

Jika Anda termasuk orang yang pandai melihat peluang usaha, maka memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuka usaha yang berhubungan dengan hewan peliharaan. Berikut beberapa peluang usahanya yang tentu akan memberikan hasil yang menjanjikan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Jasa Penitipan Hewan

hotel hewan
Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Jika dibandingkan dengan negara lain, jasa penitipan hewan peliharaan di Indonesia masih sangat jarang, kalaupun ada di sekitar daerah rumah pastinya terdapat jumlah batas atau quota yang sudah ditentukan. Mengingat sudah banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, ini bisa dijadikan sebagai ide yang bagus membuka usaha jasa penitipan hewan.

Usaha ini juga didukung dengan kebanyakan orang yang sering pergi keluar kota karena pekerjaan atau sekedar liburan dan mereka tidak mungkin membawa hewan peliharannya. Disitulah peranan Anda sebagai penyedia jasa penitipan hewan terlihat. Pastikan bahwa fasilitas yang memadai untuk hewan peliharaan tersebut lengkap.

2. Menjual Kandang

kandang hewan
Menjual Kandang Hewan

Hewan peliharaan juga butuh tempat tinggal yang nyaman, misalnya saja kandang yang di lengkapi alas tidur. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika membuka peluang usaha ini. Memang benar kalau kandang hewan peliharaan sudah banyak yang menjualnya, namun perlu diketahui rata-rata dari mereka menjual dengan bentuk kandang yang sama.

Nah, agar konsumen tertarik dengan kandang yang Anda jual, maka tingkatkanlah kreatifitas dengan membuat model yang berbeda dari biasanya. Dengan begitu, keuntungan besar bisa diraih dengan cepat.

Baca Juga: Perawatan Kucing Mahal, Ini Cara Hemat yang Bisa Dilakukan

3. Jadi Pelatih Anjing

pelatih anjing
Jasa Pelatih Anjing

Setiap orang yang memelihara anjing, tentunya ingin hewan kesayangannya tersebut tidak hanya bergerak pasif saja di lingkungan rumahnya. Namun, sibuknya pekerjaan di kantor sering kali membuat mereka tidak bisa meluangkan waktunya melatih anjing peliharannya.

Dengan begitu, manfaatkan kondisi tersebut dengan membuka peluang usaha sebagai pelatih anjing. Dalam usaha ini, tentunya diperlukan keahlian khusus, yaitu harus mengetahui terlebih dahulu cara yang efektif dan efisien saat melatih anjing peliharaan. Hal ini harus sangat diperhatikan karena berhubungan dengan tingkat kepercayaan pelanggan akan kemampuan yang dimiliki pelatih.

4. Salon Hewan

grooming
Salon Hewan

Jangan mengira hanya manusia saja yang membutuhkan perawatan diri ke salon, tapi hewan juga perlu melakukan hal tersebut. Si pemilik hewan pasti menginginkan hewan peliharaanya tampil bersih, dan wangi. Apalagi setiap hewan peliharaan memiliki perawatan khusus yang berbeda-beda. Maka, membuka salon hewan adalah ide yang sangat tepat.

Agar konsumen tidak pindah ke lain hati, berilah pelayanan yang bagus terhadap hewan peliharaan konsumen. Hal ini bisa dilakukan dari kerapihan saat memotong kuku dan bulu, memandikan dengan bersih, pengeringan bulu dengan sempurna, dan sebagainya.

5. Aksesoris Hewan

aksesoris hewan
Aksesoris Hewan

Bagi yang memiliki hewan peliharaan, tentunya mereka menganggap peliharannya tersebut sebagai boneka yang bisa di modis sendiri dengan menggunakan aksesoris. Apalagi, saat ini sudah mulai banyak kontes-kontes hewan peliharaan tentunya dengan tema yang unik. Hal tersebut tentulah tidak terlepas dari penggunaan aksesoris yang dikenakan para hewan tersebut.

Manfaatkan situasi tersebut dengan membuka usaha aksesoris hewan yang lucu-lucu. Mulai dari kaos, gaun pesta, pita, kalung, sepatu dan sebagainya. Asah keterampilan, agar aksesoris yang dihasilkan bisa menarik konsumen sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca Juga: Tips Sukses Berbisnis Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan

6. Makanan Hewan

makanan hewan
Makanan Hewan

Jika di lingkungan rumah banyak yang memelihara hewan, maka segeralah ambil peluang dengan membuka usaha menjual makanan hewan peliharaan. Mulailah lakukan survey merek makanan yang umumnya di konsumsi hewan peliharaan. Konsultasikan kepada dokter hewan tentang makanan yang bagus juga perlu dilakukan agar bisa mengatasi persoalan konsumen yang masih bingung memilih merek makanan untuk hewan kesayangannya.

7. Jasa Pengasuh Hewan

Perawatan Hewan
Jasa Pengasuh Hewan

Kebanyakan orang yang sudah sibuk dengan pekerjaannya tidak punya waktu luang mengurus hewan peliharaannya dengan baik. Padahal, hanya memberi makan dan minum saja tidak cukup, hewan juga membutuhkan perhatian khusus agar kesehatan dan kebersihannya tetap terjaga. Nah, ini bisa dijadikan sebagai ide yang tepat membuka peluang usaha sebagai pengasuh hewan peliharaan. Mulai dari memberi asupan tepat waktu, mengajak olahraga atau hanya sekedar berjalan santai di sekitar lingkungan rumah, mengantar kunjungan rutin ke dokter hewan, dan perhatikan kebersihan hewannya dengan grooming atau membersihkan kandangnya.

Promosikan Bisnis dengan Tepat

Bangkitlah menjadi orang yang melek terhadap peluang usaha. Manfaatkan setiap situasi dan kondisi untuk mendapatkan keuntungan. Lakukan promosi segencar mungkin, misalnya melalui media sosial ataupun secara langsung di lingkungan sekitar dengan menyebar brosur yang di desain menarik. Dengan begitu usaha yang dijalankan bisa dikenal orang banyak dengan cepat dan tentunya akan memberikan hasil yang besar.

Baca Juga: Ini Dia! 7 Hewan Paling Kaya Di Dunia