Inilah Perusahaan Asuransi Terbesar di Dunia, Siapa Saja Mereka?

Asuransi adalah salah satu produk keuangan yang memberikan proteksi atas risiko yang bisa saja terjadi setiap saat. Kini banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan asuransi di Indonesia, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dari sejumlah perusahaan asuransi terbesar di dunia, ternyata hampir semuanya memiliki perwakilan di Indonesia. Karena program asuransi merupakan tujuan keuangan jangka panjang, akan lebih baik jika memilih layanan asuransi dari perusahaan asuransi yang sudah jelas mutu dan kualitasnya serta memenuhi kriteria yang dibutuhkan.

Untuk memudahkan Anda memilih perusahaan asuransi yang tepat, berikut ini informasi seputar 10 perusahaan asuransi terbesar di dunia yang membantu dalam memilih asuransi yang sesuai.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kendaraan Untuk Anda

1. AXA

Axa

Axa via shutterstock.com

 

Negara Asal: Prancis

Tahun Berdiri: 1817

Kantor Pusat: Paris

Tokoh Kunci: Thomas Buberl

Pendapatan: €98,53 miliar (2015)

Jumlah Aset: €887,07 miliar (2015)

Saat ini AXA memiliki lebih dari 102 juta pelanggan yang tersebar di 56 negara dan termasuk dalam daftar perusahaan asuransi terbesar di dunia. Bisnis utamanya seputar properti, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, penyimpanan, dan manajemen aset. Pada 2013, AXA mengakuisisi 51% perusahaan asuransi Seguros Colpatria di Kolombia. Masih pada tahun yang sama, AXA kembali berhasil mengakuisisi 50% aset dari perusahaan asuransi Tiongkok, yaitu Tian Ping.

2. Zurich Insurance Group

Asuransi Zurich

Zurich via shutterstock.com

 

Negara Asal: Swiss

Tahun Berdiri: 1872

Kantor Pusat: Zurich

Tokoh Kunci: Tom de Swaan, Mario Greco

Pendapatan: US$67,245 miliar

Jumlah Aset: US$382,679 miliar 

Zurich Insurance Group saat ini beroperasi di 107 negara dengan fokus utama pada pelayanan jasa dan asuransi. Bisnis Zurich Insurance Group terfokus pada asuransi secara umum dan asuransi bagi petani. Saat ini perusahaan asuransi tersebut memiliki lebih dari 55.000 pekerja yang siap melayani para pelanggannya. Mulai dari individu hingga bisnis skala kecil dan besar, bahkan multinasional.

3. China Life Insurance

  Asuransi China Life

China Life Insurance via scmp.com

 

Negara Asal: Tiongkok

Tahun Berdiri: 1949

Kantor Pusat: Beijing

Tokoh Kunci: Dairen Lin, Yang Minsheng

Pendapatan: -

Jumlah Aset: US$362,1 miliar (2015)

Perusahaan asuransi ini mengalami restrukturisasi tahun 2003 dan saat ini memiliki tujuh subsidiari. Bisnis utamanya adalah asuransi jiwa, manajemen aset, properti, dan investasi. Saat ini China Life Insurance telah terdaftar di bursa saham New York, Hongkong, dan Shanghai yang menjadikan perusahaan asuransi ini terbesar di dunia berdasarkan pasarnya.

4. Berkshire Hathaway

Asuransi Berkshire Hathaway

Berkshire Hathaway via shutterstock.com

 

Negara Asal: Amerika Serikat

Tahun Berdiri: 1839

Kantor Pusat: Omaha, Nebraska, Amerika Serikat

Tokoh Kunci: Warren Buffet, Charlie Munger

Pendapatan: US$223,60 miliar (2016)

Jumlah Aset: US$620,85 miliar (2016)

Awalnya, Berkshire Hathaway tidak sebesar saat ini. Namun, berkat Warren Buffet, perusahaan ini bisa berubah menjadi sangat maju seperti sekarang. Perusahaan asuransi ini terdepan dalam menangani investasi para konglomerat dan juga sektor-sektor, seperti transportasi, energi, dan jasa.

5. Prudential

Asuransi Prudential

Asuransi Prudential via shutterstock.com

 

Negara Asal: Inggris

Tahun Berdiri: 1848

Kantor Pusat: London

Tokoh Kunci: Paul Manduca

Pendapatan: £71,842 miliar (2016)

Jumlah Aset: -

Prudential saat ini memiliki pasar yang besar di negara-negara Asia, Inggris, dan negara-negara Afrika. Prudential plc sudah terdaftar di bursa saham London, Hongkong, Singapura, dan New York dan memiliki pelanggan sekitar 24 juta orang.

6. UnitedHealth Group

UnitedHealth Group

UnitedHealth Group via shutterstock.com

 

Negara Asal: Amerika Serikat

Tahun berdiri: 1977

Kantor Pusat: Minnetonka, Minnesota

Tokoh Kunci: Richard T. Burke, Stephen J. Hemsley

Pendapatan: US$184,8 miliar (2016)

Jumlah Aset: US$122,8 miliar (2016)

UnitedHealth Group saat ini terbagi menjadi dua platform bisnis, yaitu UnitedHealthCare dan Optum. Pada 2011, perusahaan ini mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan terbaik dalam bidang asuransi kesehatan untuk pekerja walaupun pada tahun sebelumnya perusahaan ini tidak masuk daftar teratas perusahaan asuransi kesehatan.

Melanjutkan kesuksesannya di tahun 2012, perusahaan ini berhasil mengakuisisi seluruh aset dari XLHealth yang memiliki spesifikasi asuransi khusus untuk pelanggan yang memiliki penyakit serius.

7. Munich re Group

Munich re Group

Munich re Group via shutterstock.com

 

Negara Asal: Jerman

Tahun berdiri: 1880

Kantor Pusat: Munich

Tokoh Kunci: Joachim Wenning, Bernd Pischetsrieder

Pendapatan: €48,9 miliar (2016)

Jumlah Aset: -

Munich Regroup juga merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia dengan total pekerja mencapai 43.428 orang. Kebanyakan aktivitas perusahaan asuransi ini dijalankan anak perusahaan ERGO Insurance Group. Perusahaan asuransi yang satu ini bisa melayani asuransi mulai dari benda-benda semisal kapal, motor, hingga kesehatan.

8. Assicurazioni Generali

Asuransi Assicurazioni Generali

Assicurazioni Generali via iltrovalavoro.org

 

Negara Asal: Italia

Tahun Berdiri: 1831

Kantor Pusat: Trieste

Tokoh Kunci: Gabriele Galateri di Genola, Philippe Donnet, Luigi Lubelli, Sandro Panizza, Timothy Ryan

Pendapatan: €66 miliar (2013)

Jumlah Aset: €508 miliar (2013)

Assicurazioni Generali merupakan perusahaan asuransi yang memiliki segmen pasar di Eropa, terutama di Italia. Perusahaan ini bukan hanya melayani asuransi kesehatan, melainkan juga jenis-jenis asuransi lainnya, seperti rumah, mobil, dan kecelakaan kerja. Jumlah pekerjanya di seluruh dunia mencapai 77.000 dan memiliki pelanggan lebih dari 65 juta di berbagai belahan dunia.

9. Japan Post Holdings

Asuransi Japan Post Holdings

 

Japan Post Holdings via wsj.com

 

Negara Asal: Jepang

Tahun Berdiri: 2006

Kantor Pusat: Tokyo

Tokoh Kunci: Masatsugu Nagato

Pendapatan: US$129,686 miliar (2014)

Jumlah Aset: US$2,467 triliun (2014)

Perusahaan asuransi ini memiliki aset yang sekitar 80,49% dikelola Pemerintah Jepang. Fokus utamanya bukan hanya dalam asuransi kesehatan saja, melainkan melayani deposito, peminjaman, serta surat berharga. Jumlah pekerja yang dimiliki Japan Post Holdings jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi lain bisa dikatakan terbesar karena jumlah pekerjanya mencapai 229.421 orang.

10. Allianz

Asuransi Allianz

Allianz via shutterstock.com

 

Negara Asal: Jerman

Tahun Berdiri: 1890

Kantor Pusat: Munich

Tokoh Kunci: Oliver Bate, Helmut Perlet, Maximilian Zimmerer

Pendapatan: €95,76 miliar

Jumlah Aset: €848,9 miliar

Selain melayani asuransi kesehatan, Allianz juga memiliki pelayanan dalam bidang pengelolaan aset. Saat ini Allianz memiliki pelanggan di lebih dari 70 negara di dunia. Produk asuransi yang ditawarkan Allianz sangat beragam, baik untuk individu maupun langsung perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Berdasarkan Aspek Dasarnya

Pertimbangkan Terlebih Dahulu Sebelum Memilih

Dari perusahaan-perusahaan asuransi yang dijelaskan di atas, barangkali sudah ada beberapa perusahaan yang tidak asing lagi bagi Anda. Semoga dengan mengetahui informasi dasar mengenai perusahaan asuransi di atas, Anda memiliki pertimbangan untuk memilih asuransi yang sesuai dengan Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat