Inilah Tips Bagi UMKM agar Terus Maju di Era Anies Sandi

Akhirnya pasangan Anies - Sandi resmi dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta.  Ini merupakan berita baik bagi sebagian wirausaha. Mengapa? Pasalnya Anies Baswedan dan rekannya Sandiaga Uno selaku pemimpin baru ibukota memiliki program yang digadang-gadangkan akan mendukung penuh usaha masyarakat di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Lewat program andalan mereka, One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship atau lebih akrab dengan akronimnya yang lekat di telinga, OK OCE (baca: oka oce); nantinya akan membangun kewirausahaan dan membuka lapangan kerja baru bagi penghuni ibukota.

Hal ini merupakan angin segar bagi para wirausahawan di kota megapolitan. Lahan mereka untuk mencari nafkah akan mendapat perhatian khusus oleh pemerintah. Lalu, bagaimana gambaran program yang akan menyokong mata pencaharian mereka dan bagaimana cara kerjanya? Ini penjelasannya.

Bagaimana OK OCE Bekerja?

ok oce mart
OKE OCE Mart via kumpar.com

Sebelum merelasikan usaha Anda dengan OK OCE, pahami dulu apa itu OK OCE. Menurut Indra Uno selaku ketua OK OCE, dalam pidatonya di peresmian kerja sama model bisnis rumahan dengan Konektifa (14/10), OK OCE sebenarnya adalah sebuah gerakan bukan program. Lebih lanjut beliau menerangkan bahwa ini adalah gerakan untuk meningkatkan laju ekonomi Indonesia di sektor usaha rumahan.

Jadi, secara singkat gerakan ini akan membina para wirausahawan di tiap pusat kewirausahaan. Isinya adalah pemberian modal, pengarahan oleh wirausaha profesional, hingga penyediaan koneksi untuk menjual produk-produk mereka. Nantinya diharapkan para wirausaha ini akan sukses dan mudah menjalani usahanya.

Tips Membuat Usaha yang Banyak Diminati Masyarakat

Dibalik semua kemudahan dan jalur wirausaha yang ditawarkan lewat program tersebut, Anda juga harus bisa mandiri membangun usaha sebagus mungkin. Maksudnya, Anda bisa juga menjalankan usaha sendiri. Hal ini mengingat program tersebut hanya ada di Jakarta. Sedangkan, banyak usaha-usaha rumahan lain yang berada di daerah-daerah lain.

Tentunya semua pengusaha UMKM ingin bisnisnya maju dan berkembang sesuai harapan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda harus memperhitungkan beberapa faktor penyokong agar bisnis banyak diminati masyarakat. Apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Lihat Peluang yang Ada

cari peluang usaha
cermati peluang usaha di sekitar Anda

Sekarang, di manakah Anda tinggal? Peluang usaha apa yang kira-kira bisa dikembangkan di sekitar daerah rumah. Ambil contoh Anda tinggal dekat dengan lingkungan kampus, usaha yang cocok adalah membuka usaha fotokopi sambil menjual ATK. Ini karena usaha tersebut pasti dibutuhkan mahasiswa yang berkuliah di sana. Jadi, sudah pasti ada pangsa pasarnya.

Selain itu, perhatikan juga bisnis yang sedang booming saat ini. Misalnya, Anda ingin membuka bisnis di lini kuliner. Lihat kira-kira makanan atau minuman apa saja yang banyak diminati masyarakat saat ini. Sebagai contoh, saat ini sedang hits makanan Sate Taichan dan minuman Thai Tea dengan untung besar.

2. Buat Produk Berkualitas

Penting sekali untuk mengutamakan kualitas produk di atas segalanya. Produk yang berkualitas tentunya didasari dengan bahan baku yang berkualitas pula. Hal tersebut merupakan penerapan dari prinsip ekonomi di bidang produksi. Misalnya, pada bisnis rumah makan, gunakan bahan baku yang masih fresh.

Dengan memiliki produk yang berkualitas tinggi, tentunya akan menambah daya saing produk Anda dengan kompetitor. Coba posisikan diri sebagai konsumen. Seorang konsumen pasti lebih memilih barang dengan kualitas paling baik diantara yang lain. Jadi, jangan ragu mementingkan kualitas.

3. Berikan Nama Unik pada Produk

produk uniksesuatu yang unik akan lebih mudah diingat orang

Salah satu cara membuat produk Anda dikenal dan diingat terus oleh masyarakat adalah dengan memberikan nama unik pada produk. Apalagi di zaman sekarang ini, orang-orang kadang tertarik pada suatu produk hanya karena penasaran namanya menarik. Selain nama yang unik, pilih juga nama yang enak diucapkan dan nyaman di telinga khalayak.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

4. Kumpulkan Modal Usaha

Bagi Anda yang baru mau mendirikan suatu usaha dan sudah melihat peluang yang ada, kini waktunya mencari modal usaha. Modal bisa berupa uang atau aset yang bisa digunakan untuk membuka usaha. Apabila modal masih nol alias tidak punya modal sama sekali, Anda bisa mengajukan pinjaman untuk membuka usaha.

Tapi jangan salah paham dulu, tidak ada salahnya kok berutang terlebih dahulu untuk membuka usaha. Nantinya untung dari usaha bisa disisihkan untuk mencicil pinjaman. Salah satu jenis pinjaman yang cocok untuk membuka usaha adalah KTA. Jenis pinjaman ini menawarkan proses mudah dan bunga pinjaman yang merakyat.

Baca Juga: 11 Cara Gampang Mencari Modal Usaha

5. Lakukan Perhitungan BEP

perhitungan bepcermati perhitungan BEP agar bisnis cepat untung

Setelah mengeluarkan modal untuk membuka usaha, segera tentukan Break Even Point (BEP). Apa itu BEP? BEP adalah titik impas di mana modal sudah tergantikan lewat pundi-pundi untung dagang. Istilah mudahnya adalah balik modal.

Proyeksikan pada bulan ke berapa usaha akan mencapai BEP dengan menghitung keuntungan per produk, banyaknya produk yang diproduksi, dan waktu usaha. Misalnya, Anda mengeluarkan uang sebesar Rp20 juta untuk modal buka usaha, dengan perhitungan BEP, kira-kira kapan usaha akan balik modal? Setahun? Enam bulan? Atau lebih cepat?

6. Promosi Lewat Media Sosial

Sarana paling mudah dalam mempromosikan suatu produk di era digital ini adalah media sosial. Lewat medium tersebut produk Anda bisa mampir di ribuan pasang mata yang berpotensi menjadi konsumen. Bagaimana tidak, penggunaan media sosial di Indonesia sendiri saja sangat ramai, mulai dari anak muda sampai orang tua menggunakan jejaring sosial.

Media sosial yang bisa Anda bisa jadikan lahan untuk berjualan adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. Selain itu, bisa juga mempromosikan produk lewat aplikasi berbasis chat seperti BBM, Line dan Whatsup. Atau lewat marketplace yang pertumbuhannya sedang segar-segarnya di dunia jual-beli online.

Baca Juga: Strategi Sukses Berbisnis UKM via Facebook, Twitter, dan Instagram

7. Matangkan Sistem Usaha

sistem usaha rumahan
buat manajemen usaha yang rapi

Setelah semua amunisi lengkap untuk menjalankan usaha. Ada baiknya matangkan sistem usaha agar bisnis makin kuat dan menanjak. Perhatikan SDM dan SDA yang ada di lini bisnis Anda. Misalnya, membuat Standard Operating Procedure (SOP), menentukan target dan tujuan, serta membuat aturan promosi dan penjualan produk. Manajemen yang rapi tentunya berbanding lurus dengan kesuksesan sebuah bisnis.

Jalankan Usaha dengan Tekun dan Sabar

Yang terpenting dalam menjalankan sesuatu adalah niat. Cerminan seorang yang niat dalam menjalankan usahanya adalah tekun dan sabar. Oleh sebab itu, tekun lah dalam menjalankan bisnis Anda, jangan mudah menyerah. Sejatinya, proses tidak akan mengkhianati hasil. Bangun lah usaha dengan kerja keras mulai dari titik bawah layaknya pengusaha-pengusaha sukses yang kisahnya dapat menginspirasi.

Baca Juga: Bisnis-Bisnis Apa Saja yang Menarik di Tahun 2017?