Inilah Tips Memilih Hotel yang Pas Buat Liburan

Berlibur untuk melupakan sejenak rutinitas sehari-hari menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki segudang kesibukan di tempat kerja. Sesekali tubuh dan pikiran perlu istirahat. Itulah mengapa berlibur terasa penting dilakukan. Berlibur akan membawa Anda pada pengalaman baru yang berbeda dari biasanya. Bahkan, Anda akan merasakan kesenangan di tempat yang Anda kunjungi.

Ketika sudah memutuskan untuk berlibur, semua orang menginginkan tempat dan berbagai hal terbaik yang bisa membuat mereka nyaman dan tenang. Liburan pun sudah tentu berkesan nantinya. Anda tentu tidak menginginkan liburan yang hanya menghabiskan uang. Lalu, pulang ke rumah tanpa perasaan senang. Sangat penting untuk merencanakan segala sesuatunya dengan baik sehingga liburan Anda akan sesuai dengan harapan dan keinginan.

Banyak hal yang patut dipersiapkan sejak awal ketika akan pergi berlibur. Beberapa hal mungkin akan membutuhkan persiapan dari jauh-jauh hari, seperti tiket pesawat, hotel, transportasi selama liburan, dan lain sebagainya. Semua ini akan memengaruhi kualitas liburan Anda. Karena itu, pastikan mempersiapkan liburan Anda dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Siapkan Tempat Menginap Sejak Awal

Salah satu yang mesti diperhatikan sejak awal adalah tempat menginap Anda selama berlibur. Siapa pun tidak ingin mendapatkan hotel yang kondisinya tidak sesuai dengan harapan. Setiap orang memiliki kriteria dan standar tersendiri untuk yang satu ini. Sebab orang mempunyai standar kenyamanan yang berbeda-beda.

Pada dasarnya, pemilihan hotel yang tidak tepat akan membuat liburan berantakan dan tidak berarti apa-apa. Karena itu, sangat penting untuk menemukan hotel yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa poin di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam memilih hotel yang paling tepat untuk menginap selama berlibur.

1. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Biaya Liburan

Jangan Sampai Liburan Membuat Kondisi Keuangan Menjadi Buruk via lifehack.org

 

Apa pun keinginan dan kenyamanan hotel yang Anda harapkan, tentu harus disesuaikan dengan kondisi keuangan. Jangan memaksakan diri untuk menginap di hotel yang mahal kalau ternyata kondisi keuangan Anda tidak memungkinkan. Hal seperti ini akan menjerumuskan Anda pada masalah keuangan setelah liburan.

Anda bisa menemukan hotel yang sesuai dengan kondisi keuangan dengan cukup mudah. Cari tahu informasi harga dan berbagai penawaran menarik lewat internet. Dengan begitu, Anda bisa memilih beberapa hotel yang sesuai dengan bujet. Selanjutnya, Anda hanya perlu mempertimbangkan berbagai hal lainnya di luar harga tersebut.

2. Lokasi Hotel

Sebelum memilih hotel, Anda akan terlebih dahulu mencari lokasi wisata apa saja yang akan dikunjungi selama berlibur nanti. Dari situ, Anda bisa mempertimbangkan hotel mana yang sekiranya pas untuk dijadikan tempat menginap. Ada beberapa hal yang patut dijadikan pertimbangan mengenai lokasi hotel yang ideal, seperti hotel yang dekat dengan tempat wisata yang akan dikunjungi, hotel yang dekat dengan keramaian dan tempat makan, serta hotel yang berlokasi di kawasan tertentu yang Anda sukai (misalnya, pegunungan atau pantai).

 

Beberapa pertimbangan lain juga menjadi penentu dalam pemilihan hotel. Salah satunya adalah transportasi yang Anda butuhkan selama di sana. Jika memilih hotel yang dekat dengan tempat wisata tujuan, Anda tidak lagi direpotkan dalam mencari sarana transportasi dan menghitung biaya tambahan lainnya. Di lain sisi, menginap di tempat yang cukup ramai dan dekat dengan fasilitas publik (mungkin akan sedikit jauh dari lokasi tempat wisata) bisa membuat Anda lebih mudah untuk mencari makan dan kebutuhan lainnya. Namun, konsekuensinya, Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya transportasi untuk menuju lokasi wisata.

3. Sesuaikan Fasilitas dengan Kebutuhan

Kamar Hotel

Pilihlah Kamar yang Sesuai dengan Kebutuhan via bespokehotels.com

 

Hal lainnya yang tak kalah penting untuk Anda pertimbangkan adalah fasilitas yang akan didapatkan selama menginap. Ini harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan selama berlibur. Jangan sampai Anda membayar hotel dengan fasilitas yang serba “wah”, tetapi tidak menggunakan ataupun memanfaatkannya sama sekali selama liburan. Hal seperti ini akan membuat uang terbuang dengan percuma. Meskipun Anda memiliki kemampuan untuk mendapatkan hotel yang mahal, hal tersebut akan sia-sia kalau tidak digunakan. Lagi pula Anda tak ingin membuat kesalahan finansial selama berlibur, bukan?

Beberapa orang akan bepergian sendiri sebagai backpacker. Sudah bisa dipastikan orang tersebut mungkin hanya menghabiskan waktu tidur dan mandi saja di hotel. Artinya, akan sangat tepat apabila memilih hotel dengan fasilitas standar dan harga yang tidak terlalu mahal. Namun, akan berbeda halnya jika Anda bepergian bersama anak-anak dan pasangan. Anda akan membutuhkan hotel yang nyaman dengan fasilitas lengkap. Sebab anak-anak harus mendapatkan prioritas dalam pemilihan hotel tersebut.

4. Pertimbangkan Kenyamanan

Jangan memesan hotel dengan terburu-buru, Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan mengenai kenyamanan dan pelayanan yang akan didapatkan selama menginap di sana nanti. Ketahui dengan jelas mengenai pelayanan dan juga kondisi hotel tersebut. Berbagai informasi ini bisa Anda dapatkan melalui internet.

Saat ini para traveller rajin membuat review mengenai kesannya berwisata. Salah satunya hotel yang dipilihnya. Anda bisa melihat hotel mana saja yang review-nya positif dan layak dipertimbangkan. Ada beberapa hal yang pada umumnya dijadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain biaya menginap, kebersihan, kenyamanan, pelayanan, fasilitas, dan yang lainnya.

Dengan melihat review para pengunjung sebelumnya, Anda bisa memiliki deskripsi yang jelas mengenai hotel yang akan digunakan selama liburan. Ini akan memudahkan Anda dalam menemukan hotel yang tepat. Sebab biasanya review juga akan disertai dengan beberapa foto yang menunjukkan kondisi hotel tersebut.

5. Perbandingan dan Harga yang Tepat

Harga Hotel

Membandingkan Harga Kamar Hotel secara Online via techradar.com

 

Ketika akan memesan hotel, Anda tetap harus mempertimbangkan harga yang akan dibayarkan. Sebab bisa saja Anda menemukan harga yang berbeda untuk kamar yang sama. Harga yang Anda dapatkan, bahkan bisa jauh lebih mahal ketika memesan langsung ke hotel yang bersangkutan.

Lain halnya jika Anda memesan melalui travel agent secara online untuk kamar yang sama. Anda akan mendapatkan harga kamar yang lebih terjangkau dibandingkan memesan langsung. Hal seperti ini bisa saja terjadi karena pihak hotel memberikan contract rate khusus yang pada travel agent tersebut. Bahkan, saat memesan kamar hotel secara online, Anda bisa saja menemukan tarif yang berbeda-beda untuk kamar hotel yang sama. Untuk itu, Anda harus sedikit lebih cermat dalam memilihnya. Lakukan perbandingan harga terlebih dahulu sebelum memilih dan membayar kamar hotel yang akan Anda gunakan.

Jika Anda memang seorang backpacker, tidak ada salahnya memesan kamar pada hari itu juga (saat akan menginap). Hal ini memang sedikit berisiko. Sebab bisa saja Anda tidak mendapatkan kamar kosong kemudian mencari-cari penginapan lain. Namun, kebanyakan hotel akan menawarkan potongan harga yang besar apabila Anda memesan kamar secara mendadak. Namun, biasanya hal ini terjadi di luar musim liburan. Jadi, Anda tetap harus memerhatikan waktunya dengan baik. Kalau musim liburan, sangat kecil kemungkinan hal seperti ini dilakukan pihak pengelola hotel. Sebab biasanya kamar mereka akan penuh dan habis dipesan sejak jauh-jauh hari sebelumnya.

Baca Juga: 15 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan

Bandingkan dan Temukan yang Paling Tepat

Saat akan berlibur dan beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari, Anda akan mengharapkan segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan. Hotel menjadi salah satu hal yang penting ketika berlibur. Karena itu, sangat penting untuk menemukan yang paling tepat bagi kebutuhan Anda. Cari informasi yang lengkap dan temukan hotel yang paling tepat dengan harga yang pas di kantong Anda. Pertimbangkan juga kenyamanan dan juga berbagai fasilitas yang akan Anda dapatkan selama menginap di sana. Dengan begitu, liburan Anda akan menyenangkan.

Baca Juga: 6 Cara Memotong Anggaran Makan Saat Liburan