Insomnia Mengganggu? Ini 9 Tips agar Tidurmu Lebih Nyenyak

Untuk kamu yang bekerja kantoran seringkali didera insomnia atau gangguan sulit tidur. Terlalu sibuk, tumpukan deadline, tekanan dari bos, sampai pola makan yang buruk turut membuat kualitas tidur kamu terganggu. Jika kondisi ini terus berlarut akan mengakibatkan stres sehingga berpengaruh pada hidup dan pekerjaanmu.

Tanpa disadari, kamu mungkin kerap melakukan kesalahan yang malah merusak kualitas tidur. Salah satunya membawa pekerjaan ke rumah sehingga waktu istirahat atau tidurmu tersita untuk hal tersebut.

Ini beberapa tips yang wajib kamu perhatikan saat insomnia mulai mengganggu, tapi kamu ingin tidur nyenyak:

Baca Juga: Hai Milenial Workaholic, Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Stres

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Atur waktu istirahat secara konsisten

Atur Waktu Istirahat
Atur waktu istirahat secara konsisten 

Penyebab lain dari terganggunya kualitas tidur adalah waktu istirahat yang tidak teratur. Tubuh ini diibaratkan sebuah sistem yang konsisten. Jika jadwal tidurmu pukul 10 malam dan bangun pukul 5 pagi, maka tubuh secara otomatis akan mengikuti pola istirahat ini. Namun jika waktu istirahat tidak teratur, maka semuanya bakal berantakan. Oleh karena itu, atur kembali waktu istirahat, seperti tidur dan waktu bangun secara konsisten, baik di hari kerja maupun hari libur.

2. Biasakan berjemur saat matahari terbit untuk memperbaiki kualitas tidur dan melancarkan sirkulasi darah

Matahari pagi sangat bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal tersebut dapat membuat istirahatmu menjadi lebih teratur. Selain itu, matahari di bawah pukul 8 pagi pun mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh. Jadi cobalah berjemur sembari berjalan santai sekitar 30 menitan. Selain menikmati hangatnya matahari pagi, dengan berjalan kaki di pagi hari juga mampu melatih koordinasi saraf dan otot tubuhmu.

3. Perhatikan intensitas olahraga agar tidur lebih nyenyak

Jika kamu termasuk orang yang jarang olahraga, coba deh untuk mulai olahraga meskipun dengan intensitas rendah. Mulai dari jalan santai, lari keliling komplek, hingga pergi ke pusat kebugaran. Selain menyehatkan tubuh, badan yang lelah karena olahraga akan membuat kamu lebih cepat ingin beristirahat dan tidurmu bakal jauh lebih nyenyak.

4. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein setelah pukul 5 sore

Penyebab kualitas tidurmu terganggu juga dapat dipicu karena makanan maupun minuman yang kamu konsumsi tidak sehat. Minuman yang harus kamu hindari menjelang istirahat adalah yang mengandung kafein, contohnya teh, kopi, maupun coklat. Sebaiknya minuman tersebut tidak dikonsumsi lewat dari pukul 5 sore agar tidurmu pulas.

Baca Juga: 7 Cara Tepat Mengatasi Nyeri Haid Bagi Wanita Pekerja

5. Jika konsumsi obat, konsultasikan dengan dokter

Jika Konsumsi Obat Konsultasikan ke Dokter
Jika konsumsi obat, konsultasikan ke dokter

Ada beberapa obat yang menyebabkan insomnia, di antaranya adalah Aplha-Blockers. Obat tersebut adalah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Efek untuk yang meminumnya di malam hari akan sulit tidur, sedangkan dikonsumsi siang hari malah bikin efek mengantuk. Selain itu, obat Statin (penurun kolesterol) juga dapat menimbulkan insomnia. Efek samping dari konsumsi obat ini bisa membuatmu menjadi gelisah.

6. Hindari konsumsi minuman alkohol menjelang tidur

Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol, baik yang kadarnya tinggi maupun rendah sangat tidak dibenarkan untuk tujuan mempercepat istirahat kamu. Bagi beberapa orang yang minum minuman alkohol memang dapat membuat mengantuk, namun yang perlu diperhatikan adalah kesehatan organ tubuh pasca konsumsi alkohol.

7. Kurangi merokok, baik menjelang tidur maupun siang hari

Penyebab lainnya insomnia yang perlu kamu ketahui adalah konsumsi rokok, baik menjelang tidur maupun siang hari. Kalau punya kebiasaan merokok dan sudah akut, sebaiknya mulai menguranginya atau berhenti demi kesehatan tubuh, terutama terhindar dari penyakit paru-paru. Lebih baik uang untuk membeli rokok ditabung atau diinvestasikan.

8. Hindari penggunaan alat elektronik

Untuk mempercepat istirahat, kamu bisa memulai dengan cara membuat tubuh lebih rileks, yakni dengan cara menjaga ruangan tidak terlalu terang, sejuk, dan tidak berisik. Selain itu, matikan semua alat elektronik yang dapat mengganggu rileksasi kamu menjelang tidur, seperti televisi, ponsel, dan lainnya.

9. Masih susah memejamkan mata? Coba kegiatan menenangkan

Membaca Buku
Membaca Buku

Jika masih saja sulit tidur, kamu bisa melakukan kegiatan menenangkan, namun dapat merangsang otak, seperti membaca buku atau mendengar instrumen musik misalnya instrumen dari Kenny G maupun musik alpha waves. Ingat, jangan malah menengok layar ponsel saat kamu susah memejamkan mata, karena cahaya ponsel dapat memberi efek buruk untuk kualitas tidurmu, di antaranya mengubah pengaturan hormon melatonin dan mengacaukan pola tidur dalam tubuh.

Cukup Tidur adalah Kunci Bahagia

Semua orang membutuhkan tidur yang cukup guna menjaga kesehatan jiwa dan raga. Umumnya tidur dikatakan cukup berkisar 7-8 jam. Kalau kamu bisa tidur nyenyak dan cukup, maka saat terbangun, tubuh kembali fit dan siap melakukan aktivitas, seperti bekerja dengan penuh semangat. Di kantor, tidak selalu menguap atau sampai mencuri waktu untuk tidur sebentar di depan laptop. Jika pekerjaan dilakukan dengan maksimal dapat mempengaruhi kariermu ke depan. Badan sehat, karier sukses, dan hidup makin bahagia.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan Terbaik, Ini Dia Kriterianya