Instagramable dan Enak Buat Nongkrong, Ini Dia 15 Cafe Paling Unik di Jakarta

Siapa sih yang tidak suka menghabiskan waktu senggang atau hari libur mereka dicafe yang tidak hanya menyajikan makanan yang lezat tapi juga menyuguhkan suasana yang nyaman dan enak untuk berlama-lama plus bonus konsep yang unik dan cocok untuk memperindah feed instagram?

Cafe sudah menjadi tempat paling banyak dikunjungi ketika weekend sudah tiba, menjadi pilihan yang mudah untuk dijadikan tempat berkumpul dengan kerabat-kerabat dekat. Menghabiskan waktu dicafe pun seakan mendapatkan tujuan baru. Yaitu untuk menambah koleksi foto yang lucu dan unik juga untuk memenuhi agenda update instagram para generasi millenial jaman sekarang.

Bosan ke cafe yang itu-itu saja? Ingin juga bisa nongkrong di cafe yang instagramble dan unik banget? Tidak usah jauh-jauh harus hunting sampai ke luar kota. Di Jakarta udah banyak kok! Ini dia 15 cafe di Jakarta paling unik dan enak buat nongkrong baik dengan keluarga dan kerabat-kerabat terdekat:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Take a Bite Cafe

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Take A Bite (TAB) (@takeabite.id) pada

Apakah cinta pertama kamu Harry Potter si penyihir tampan dari Inggris? Jika iya, maka cafe yang berada di kawasan Jakarta Barat ini wajib untuk masuk daftar tempat liburan yang harus kamu kunjungi di akhir pekan nanti.

Berkonsep dunia sihir pada film Harry Potter, kamu akan disuguhkan dinner ala para penyihir muda di Howgart. Tidak hanya itu, memaksimalkan hingga ke detail-detail kecil yang hanya di ketahui oleh para fans Harry Potter, di cafe ini terdapat menu-menu makanan yang memiliki nama yang sama dengan yang ada pada film fantasi tersebut.

Seperti Butterbeer (non alkohol), Polyjuice potion, Mad-eye potion atau Cacarot Flixir. Take a Bite Cafe pun menyediakan berbagai spot seru untuk kamu yang ingin berfoto-foto ala-ala penyihir di fil Harry Potter. Spot unik tersebut adala replika peron 9 3/4 , burung hantu, dekorasi cafe sendiri yang diterangi oleh lampu temaram, kursi-kursi kayunya dan berbagai berbagai poster sihir yang menawarkan suasana layaknya di kedai Three Broomstick di Diagon Alley.

2. Arborea Cafe

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Arborea Cafe (@arboreacafe) pada

Siapa bilang Jakarta tidak punya cafe bertema alam yang unik? Dimana lagi kamu bisa menikmati minum kopi di tengah hutan yang terletak di kota paling sibuk di Indonesia, Jakarta kalau bukan di Arborea Cafe. Terletak tepat di Jakarta Pusat, Arborea Cafe terletak di salah satu taman kota ini telah buka pada pertengahan bulan Agustus tahun lalu, ketika Asian Games 2018 sedang digelar.

Cafe ini tidak hanya lokasinya saja yang unik, tapi juga desain bangunannya yang cantik dan super instagramable. Jadi untuk kamu yang jenuh ngopi di cafe mall yang itu-itu aja. Sekali-kali coba deh cuci mata di Arborea Cafe ini. Di Cafe ini kamu tidak hanya bisa ngopi, tapi juga ngeteh, minum jus dan menikmati berbagai jajanan ringan yang ditawarkan di cafe ini.

3. My BunBun Rabbit Cafe

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rabbit & Bird Café + Pet Shop (@mybunbun) pada

Sebelumnya pernah dengar kan tentang cat cafe dan dog cafe? Cafe dimana kamu bisa makan dan minum ditemani oleh hewan-hewan lucu seperti anjing dan kucing. Nah, sekarang Jakarta punya lagi cafe bertema serupa tapi dengan hewan yang berbeda tapi sama gemesnya yaitu Rabbit Cafe.

My BunBun Rabbit Cafe adalah cafe bertema kelinci pertama yang ada di Indonesia loh. Terletak di daerah Jakarta Utara, cafe ini tidak hanya memiliki kelinci saja tapi juga hamster dan Chincilla. Tidak hanya itu dekorasi cafe sendiri dipenuhi dnegna berbagai boneka lucu kelinci juga. Dan yang tak kalah unik juga dari cafe ini adalah beberapa menu makanan dari cafe ini yang juga dihadirkan dengan bentuk kelinci. Kurang imut gimana lagi coba?

4. Miss Unicorn Cafe

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Miss Unicorn Cafe (@missunicorn.id) pada

Mau banget coba makan dan nongkrong di kelilingi oleh karakter fiksi paling lucu dan digemari saat ini yaitu Unicorn? kamu tidak perlu lagi jauh-jauh lagi ke Bangkok-Thailand.

Karena sekarang di daerah Jakarta Timur tepatnya di Cibubur kamu sudah bisa menikmati nongkrong asik dengan tema unicorn di Miss Unicorn Cafe ini. Cafe super cute ini merupakan bagian dair Mister S cafe dan terletak di lantai tiga di cafe tersebut.

Saat pertama kali kamu melangkahkan kai ke dalam cafe ini, kamu akan disuguhkan berbagai pernak-pernik serba unicorn di setiap sudut cafe ini. mulai dari langit-langit cafe, dingdingnya, meja, bangku, lemari hingga menu makanannya pun kental dengan tema unicorn

Menu-menu tersebut adalah Mini Cheese Sweet Martabak, Smoked Carbonara Rainbow Spaghetti, Miss Unicorn Fairy Floss dan masih banyak lagi. Dan semua memiliki visual yang sangat unik dengan dominasi warna pastel dan pelangi.

5. PinKnik at Arif Inn

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh PiKNiK at Arif inn (@piknikajayuk) pada

Mau pergi ke cafe tapi ala-ala spot populer kekinian di Bali? Bisa mengunjungi cafe bertema kolam renang yang satu ini. Terletak di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, cafe ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan tapi menunya pun memilki tampilan yang sangat unik.

Dikemas dengan menu-menu makanan summer ala Bal, kamu akan menemukan berbagai minuman yang dihidangkan dengan buah kelapa dan nanas asli juga berbagai jus warna-warni yang merupakan racikan khusus dari cafe tersebut.

6. Happines Kitchen dan Coffe

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Happiness Kitchen & Coffee (@happinesskc) pada

Happines Kitchen dan Coffee terletak di Ciganjur, Jakarta Selatan. Cafe yang memiliki konsep unik ini tidak hanya menyediakan indoor cafe tapi juga outdoor cafe dan keduanya sama-sama memilki konsep yang unik dan penuh warna.

Di bagian luar cafe ini kamu akan disuguhkan berbagai konsep yang berbeda di setiap sudutnya, ada sudut yang memiliki design murah bertuliskan Happines yang memiliki pola-pola unik dengan warna-warna mencolok yang membuat tempat tersebut banyak jadi rebutan sebagai spot berfoto para pengunjung cafe.

Tidak kalah unik dengan outdoornya, bagian dalam dari cafe ini pun sama-sama memiliki nilai estetika yang sama bagusnya, mengusung tema rustic vintage bagian dalam cafe ini banyak menyuguhkan grafis mural dengan warna-warna cerah.

Menu-menu dari cafe ini pun sama uniknya dengan design cafe itu sendiri. Menu yang paling populer dari cafe ini adalah Rainbow Bagel, Rainbow Burfer, Coton Candy Latte, Happiness Milk Shake dan masih banyak lagi.

7. Blumcheen Coffee

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Blumchen Coffee (@blumchencoffee) pada

Untuk para pecinta kopi, ini saatnya kamu melebarkan sayap kamu untuk mencicipi kenikmatan kopi yang berkualitas dari cafe ini. Terletak di SCBD, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan. Cafe ini sudah dikenal sebagai salah satu cafe yang hanya menggunakan biji kopi terbaik yang dikirim langsung dari Sumatera.

Pertama kali kamu mauk ke cafe ini, kesan vintage akan sangat terasa di cafe ini. berbagai hiasan unik seperti sepeda yang digantung di langit-langit cake, vespa, mesin roasting biji kopi jadul yang diletakkan di sudut cafe secara terbuka, dan kotak telepon umum membuat cafe ini menghadirkan kesan nostalgic pada setiap pengunjungnya.

Kebanyakan menu dari cafe ini adalah kopi dengan varian rasa dan pastry seperti Almond Croissant, Quiche, Chocolate Danish, Smoked Beef Toast dan Carrot Cake.

8. IndoDiner

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh IndoDiner (@indodiner) pada

IndoDiner mengusung tempat makan khas Amerika tapi disebuah bus bertingkat dua. Jika kamu pecinta film-film Hollywood kamu pasti akan merasa familiar dengan maksud dari design cafe ini. Cute dan comfy adalah konsep utama dari cafe ini.

Banyak menggunakan warna-warna soft dan pastel membuat cafe yang satu sangat instagramable banget terutama untuk kamu yang suka dengan kombinasi warna yang super feminim dan ceria. Berlokasi di jakarta Utara cafe ini pun tidak hanya menyajikan makanan ala Amerika, tapi ada juga makanan khas Indonesia yang pasti cocok dengan lidah kamu.

9. C for Cupcakes dan Coffee

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cforcupcakes.Coffee (@cforcupcakes.coffee) pada

Satu lagi cafe unik dari daerah Pluit adalah cafe unik seakan bertema fairytale C for Cupcake& Coffee. Cafe ini memmiliki spot berfoto yang sudah banyak dikenal yaitu sebuah ayunan berwarna putih yang dikelilingi oleh banyak tanaman merambat cantik yang membuat kamu seakan sedang berada di sebuah negri dongeng.

Tapi dari semua hal unik yang disuguhkan dari cafe ini , yang paling unik adalah visual dari hidangan mereka. Untuk para pecinta hewan pasti akan langsung jatuh cinta dengan tampilan makanan dan minuman dari cafe ini. Ada cupcke yang berbentuk kelinci, kopi dengan hiasan beruang coklat yang lucu dan cake berbentuk anjing yang imut banget.

10. Ala RITUS

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ala RITUS (@alaritus) pada

Untuk para pecinta seni lukis, terutama lukisan abstrak makan cafe yang satu ini pas banget untuk kamu kunjungi. Berada di daerah Ps. Baru, Jakarta Pusat. Gedung cafe ini dulunya digunakan sebagai kantor PT Pos Indonesia dan sudah ada sejak jaman Belanda yaitu tahun 1912-1929. Bahkan design dari gedung itu dirancang sendiri oleh seorang arsitek Belanda.

Menu-menu pada cafe ini sangatlah berbau lokal atau khas Indonesia, muali dari  gorengan, sate, lobster pesmol, krim bakar jahe, sayur jantung pisang, hingga tumis bunga durian. Salah satu spot yang paling banyak digunakan untuk berfoto di cafe ini adalah vertical garden yang juga merupakan ruangan untuk para smoker.

11. Rumah Juliet

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rumah Juliet (@rumahjulietid) pada

Inspirasi terciptanya cafe ini tentu saja dari film romantis Letters to Juliet yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio. Di cafe ini ada sebuah event yang menarik dan bisa di ikuti oleh semua pengunjung, yaitu surat menyurat untuk Juliet.

Kamu tinggal mengambil kertas dan amplop berdesain vintage yang sudah disediakan. Tuliskan hal apapun yang ingin disampaikan kepada Juliet dan masukkan ke kotak surat yang ada di cafe. Dalam empat atau lima hari jika berkunjung lagi kamu bisa mengambil surat balasan yang ditulis oleh tim dari Rumah Juliet. Namun mereka harus menyebutkan kode khusus yang tertera di balik amplop, untuk memastikan agar surat balasan tak salah sasaran. Unik kan?

Cafe ini juga bisa disebut sebagai surganya para Vegan. Yep! Karena pemilik dari cafe tersebut juga merupakan seorang vegan maka menu-menu yang ada pada cafe tersebut pun demikian, yaitu banyak ditunjukan untuk para pecinta menu Vegan.

12. Kanpai!

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KANPAI ! (@kanpai_id) pada

Bertema gemerlap kota Tokyo, Jepang pada malam hari cafe yang terletak di PIK, Jakarta Utara ini dihiasi dengan lampu-lampu neon cantik yang memilki berbagai bentuk, mulai dari huruf kanji hingga karakter-karakter lucu lain. Semua lampu neon ini terletak di berbagai sudut dinding restaurant yang semuanya cocok untuk dijadikan spot berfoto.

Maksimal dalam mengusung tema Jepang bahkan menu-menu di cafe ini adalah menu-menu makanan khas Jepang yang juga sering dijadikan di cafe-cafe di Jepang itu sendiri. Tips tambahan, jika ingin ke cafe ini baiknya saat malam hari, karena hiasan lampu neon pada cafe ini akan terlihat lebih indah lagi ketika malam.

13. Comic Cafe

Comic Cafe via worthbook
Comic Cafe via worthbooks

Untuk para pecinta komik terutama komik karya dari para komikus lokal bisa mengunjungi Comic Cafe yang terletak di daerah Tebet, Jakarta Selatan ini. Di cafe ini kamu tidak hanya disuguhkan berbagai pernak-pernik komik-komik Indonesia dan luar punya yang populer tapi juga disuguhkan juga dengan sejarah perkembangan komik di Indonesia.

Berhasil menyedot perhatian banyak orang hingga kalangan para selebriti. Cafe ini tidak hanya cocok untuk para pecinta cafe tapi juga para pengoleksi action figure. Menu-menu favorit di cafe ini adalah nasi goreng iga hijau, tongseng kambing, ayam bakar perckik, chicken cordon bleu dan firestorm barbeque ribs.

14. Ignasia’s

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ignasia’s 🎂 (@cakemeawaybyignasia) pada

Pengen tetap bisa nongkrong gaul tapi juga sehat? Kamu para pecinta makanan sehat bisa mengunjungi Ignasia’s yang terletak di PIK, Jakarta Utara. Cafe ini mengusung konsep vintage yang cantik dan tentu saja sangat instagramable. Setiap sudut dari cafe ini cocok untuk mempercantik selfie atau foto ootd kamu.

Tapi jangan salah, walaupun menyediakan menu makanan sehat yaitu Healthy Bowl denga varian rasa. Ignasia’s juga menyediakan berbagai cake lezat dan minuman segar sebagai daftar menu makanannya seperti carrot cake, classic cheese cake, red velvet, black forest hingga espresso cake.

Penuh dengan hiasan bunga cantik dan warna dan menyediakan berbagai jenis menu yang enak, sehat dan cantik tentu saja cafe ini wajib masuk ke daftar tempat nongkrong berikutnya yang harus kamu kunjungi.

15. ONNI House

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ONNI HOUSE | #ONNICafeFlorist (@onnihouse.jkt) pada

Onni House ini mengusung noveltic cafe ala Korea Selatan yang design cafenya unik, cantik dan sangat instagramable. Onni House terletak di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Cafe ini menerapkan konsep home living, florist dan kitchen. Jadi jangan heran jika pertama kali masuk ke dalam cafe ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari bunga-bunga cantik yang ada di cafe ini.

Onni House memiliki konsep indoor dan outdoor pad cafenya dan keduanya sama-sama instagenic dan cocok untuk foto-foto cantik ala selebgram.

Dengan berbagai hiasan bunga, ornamen klasik dan lampu-lampu unik, setiap suduh dari cafe ini cocok untuk dijadikan tempat berfoto ria. Selain itu menu-menuyang disediakan oleh cafe ini pun memiliki berbagai macam varian, dari ala menu Korea seperti beef bulgogi rice samapi lokal punya seperti tempe fried stick.