Internet di Indonesia Mahal atau Malah Murah? Baca Ini Dulu

Kebutuhan akan paket data internet saat ini tidak lagi untuk para orang dewasa tapi juga para remaja saat ini. Instan dan praktis adalah kelebihan utama dari internet yang menjadi faktor penyebab utama kenapa masyarakat semakin membutuhkan internet dalam kehidupan mereka sehari-hari. Ditambah dengan semakin populernya penggunaan smart phone membuat akses ke internet menjadi lebih mudah.

Hingga saat ini sudah banyak sekali berbagai aplikasi online yang diciptakan mengikuti semakin populernya penggunaan internet di smart phone. Penggunaan internet pun berbeda untuk setiap masing-masing individu, ada yang menggunakan internet sebagai media untuk belajar, bekerja, berdagang bahkan memperluas jaringan profesional. Semakin modernnya gaya hidup masyarakat saat ini membuat penggunaan internet menjadi lebih beragam.

Pada akhirnya internet tidak lagi, hanya untuk memaksimalkan penggunaan sosial media dan mencari informasi, tapi dengan internet Anda juga bisa berbelanja, memesan makanan bahkan memesan transportasi secara online.

Namun semua kemudahan dari aplikasi-aplikasi berbasis online tersebut, tentu hanya bisa dirasakan jika memiliki akses ke internet. Kebutuhan akan paket data internet sudah setara dengan kebutuhan pulsa utama yang digunakan untuk menelepon dan mengirim pesan secara langsung.

Saat ini sudah banyak provider telepon mengeluarkan paket data internet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Berikut adalah informasi data paket internet dari 7 provider ternama di Indonesia dimulai dari harga penawaran paket data internetnya yang termurah sampai yang termahal.

Baca Juga : 10 Cara Efektif Untuk Menghindari Hasrat Belanja Berlebihan

Provider

Harga Paket Data Internet

Telkomsel

Rp25.000 - Rp100.000

Indosat

Rp38.000 – Rp199.000

XL

Rp30.000 – Rp239.000

Axis

Rp28.800 – Rp69.900

Tri (3)

Rp34.000 – Rp100.000

Bolt

Rp29.000 – Rp199.000

Smartfren

Rp1.000   – Rp200.000

Cr: traveloka.com

Apakah Biaya Data Internet di Indonesia itu Murah atau Mahal?

biaya data internet

Biaya Data Internet Indonesia via shutterstock.com

 

Pertanyaannya, sekarang apakah internet di Indonesia itu benar-benar mahal? Tidak juga. Dikutip dari detik.com, menurut analisis saham dari MNC Securities Victoria Venny sebenarnya biaya data internet di Indonesia sudah termasuk murah apabila dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Jika Singapura bisa menjual paket data internet dari kisaran harga Rp300.000 – Rp600.000 maka Indonesia bisa hampir 10x lipat lebih murah. Namun harga ini tentu dipengaruhi oleh kualitas data internet yang dimiliki.

Dilihat dari harga tentu kualitas internet negara Singapura bisa lebih cepat dan minim error sehingga kenyamanan dalam penggunaannya sebanding dengan harga yang ditawarkan. Walaupun sudah dikatakan murah, jika dilihat dari segi ekonomi masyarakat Indonesia, tentu akan banyak orang yang mengatakan bahwa harga internet yang dibanderol oleh kebanyakan provider di Indonesia masih terbilang mahal. Tidak hanya itu penggunaan aplikasi online yang banyak memakan kuota bahkan terkadang harga data internet tidaklah sebanding dengan jumlah kuota yang diharapkan.

Baca Juga : Transaksi Online Anda Makin Mudah dengan 4 Layanan Bank Ini

Tips Hemat Data Internet

hemat internet

Hemat Data Internet via shutterstock.com

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, meskipun harga paket internet di Indonesia dikatakan sudah murah, namun kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap harga yang dibanderol masih mahal.

Karena semakin meningkatnya kebutuhan penggunaan internet menggunakan smart phone, secara tidak sadar menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk membeli paket data internet. Tentu saja ini artinya Anda telah memiliki pengeluaran tambahan.

Jika hal ini tidak diperhatikan, bisa saja terjadi pemborosan pada keuangan. Biasanya pemborosan terjadi karena tidak bisa mengontrol jumlah pemakaian pada paket data internet yang dimiliki.

Agar tidak semakin boros, berikut beberapa tips yang bisa menghindari Anda menjadi boros dalam penggunaan paket data internet:

1. Memanfaatkan Wifi

Maksimalkan penggunaan fasilitas wifi ditempat Anda, baik itu tempat kerja, kuliah atau tempat biasa berkumpul dengan teman-teman Anda. Dengan memanfaatkan wifi, kuota pada paket data internet tidak akan berkurang, walaupun mengakses aplikasi online yang bisa menghabiskan banyak kuota internet.

2. Matikan Paket Data Internet jika Tidak Digunakan

Jika memang sedang tidak diharuskan mengakses internet, sebaiknya matikan saja dulu paket data internet smart phone. Ini untuk menghindari penggunaan data internet yang tidak diketahui, seperti update aplikasi online yang dimiliki pada smart phone, atau notifikasi-notifikasi lainnya. Selain itu mematikan paket data internet seluler juga dapat membuat daya baterai smart phone juga lebih tahan lama.

3. Alihkan Seluruh Pengaturan Pembaharuan Aplikasi dengan Wifi

Jadi, update baik untuk sistem dan aplikasi online lainnya yang membutuhkan akses internet akan secara otomatis dilakukan jika smart phone terakses dengan Wifi. Dengan begini kuota pada paket internet jumlahnya tidak berkurang dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

4. Mematikan Download Otomatis untuk Konten Gambar/Video/Suara pada Sosial Media

Penggunaan konten seperti gambar, video dan suara adalah hal yang sangat umum dilakukan pada sosial media, namun untuk mengunduh agar bisa melihat atau mendengar konten tersebut dibutuhkan kuota internet.

Oleh karena itu jika memang tidak mau terjadi pengurangan jumlah kuota karena pengaturan unduhan otomatis untuk konten gambar/video/suara, yang tidak diinginkan lebih baik segera dimatikan. Jadi Anda hanya akan mengunduh pada konten yang diinginkan saja.

5. Memiliki Aplikasi Online yang Dibutuhkan Saja

Aplikasi online selain aksesnya yang membutuhkan internet, pembaharuan sistemnya pun membutuhkan internet. Apalagi saat ini banyak aplikasi online yang tidak bisa digunakan apabila update pada aplikasinya tidak dilakukan secara rutin. Oleh karena itu lebih baik menghindari mengunduh aplikasi online yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Prioritaskan aplikasi online yang memang Anda butuhkan untuk sehari-hari.

Gunakan Data Internet Sesuai Kebutuhan

Lakukan perhitungan mengenai berapa kali Anda menggunakan data internet selama sehari, dan coba lihat apakah Anda sudah menggunakannya sesuai kebutuhan atau melebihi porsinya. Jangan sampai biaya membeli paket data internet melebihi biaya kebutuhan yang lebih penting untuk. Bijaklah menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan agar terhindar dari pemborosan dalam penggunaan data internet.

Baca Juga : Simak 4 Tips Terbaru Berburu Barang "Branded" Berikut Ini