Jadi Rival Baru Spotify, Google Luncurkan Youtube Premium dan Youtube Music

Tepat pada tanggal 7 November, Google resmi meluncurkan fitur baru dari anak perusahaannya Youtube. Menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak di unduh saat ini, Youtube pun akhirnya melakukan ekspansi dengan ikut meluncurkan produk streaming berbayar tanpa iklan tidak hanya video tapi juga musik.

Youtube premium pun memilki beberapa kelebihan lain yang selain streaming tanpa iklan, berikut beberapa kelebihan Youtube premium:

Download Video

Pada Youtube premium kamu bisa menyimpan/mendownload video favorit atau playlist kamu dengan pilihan kualitas video yang bisa disesuaikan dengan keinginan mulai dari 140p sampai 4k. Video yang didownload bisa ditonton lagi secara offline. Jadi kamu tetap bisa menonton video favorit walau tidak ada akses internet atau kuota internet sudah habis.

Background Play

Fitur yang satu ini bisa dikatakan merupakan fitur impian dari semua pecinta aplikasi Youtube. Fitur ini mengizinkan penggunanya untuk tetap menikmati video yang diputar walaupun sedang membuka aplikasi lain.

Otomatis Gratis Langganan Youtube Music dan Google Music

Yep, dengan berlangganan youtube premium kamu bisa langsung mendapatkan akses gratis untuk youtube music kelas premium pula bersama dengan google music. Youtube music merupakan salah satu aplikasi layanan steraming musik online yang tidak hanya untuk mendengarkan lagu tapi sekaligus menonton musik video.

Youtube Music sebenarnya bisa di subscribe premium secara terpisah atau sendiri dari Youtube premium karena untuk bisa mengakses Youtube Music aplikasi yang harus didownload pun berbeda dari aplikasi Youtube biasanya.

Layanan Konten Original Khusus Pelanggan Youtube Premium

Satu hal lagi yang cuman bisa kamu dapatkan dari Youtube Premium yaitu konten khusus dari vlogger atau youtuber kesayangan. Penyediaan konten original khusus ini adalah salah satu ‘warisan’ dari Red Tube yaitu layanan konten berbayar dari youtube yang sudah dihapuskan.

Youtuber populer seperti PewDeePie, Cobra Kai, Escape the Night, Impulse dan seri youtube favorit lainnya bisa diakses secara bebas di Youtube premium ini. Layanan konten eksklusif ini kedepannya akan semakin bertambah dan menarik lagi.

Layanan konten eksklusif ini juga berlaku pada aplikasi Youtube Kids aplikasi bawaan youtube baru yang dikhususkan untuk anak-anak.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Berlangganan Youtube Premium dan Youtube Music Premium

langganan youtube premium

Berikut cara merubah Youtube kamu menjadi layanan Youtube premium dan Youtube Music Premium:

Youtube Premium

  • Di ponsel atau tablet, buka aplikasi YouTube.
  • Login ke Akun Google yang ingin digunakan untuk memulai langganan.
  • Pilih gambar profil Anda lalu Dapatkan YouTube Premium (paid member)
  • Pilih cara pembayaran yang diinginkan via kartu kredit, debit atau pulsa
  • Mulai uji coba gratis (jika sudah memenuhi syarat).

Youtube Music Premium:

  • Download aplikasi Youtube Music di Google play store
  • Di ponsel atau tablet, buka aplikasi YouTube Music.
  • Login ke Akun Google yang ingin digunakan untuk memulai langganan.
  • Pilih gambar profil Anda lalu Dapatkan Music Premium.
  • Pilih cara pembayaran yang diinginkan via kartu kredit, debit atau pulsa
  • Mulai uji coba gratis (jika sudah memenuhi syarat).

Masa uji coba gratis untuk saat ini adalah 3 bulan.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Youtuber adalah Profesi yang Menjanjikan

Kelebihan Youtube Music, Aplikasi Streaming Musik Online Terbaru Google

youtube music

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Youtube Music adalah aplikasi terpisah dari Youtube sendiri. Walaupun hanya disebut sebagai ‘bawaan’ tapi Youtube music ternyata memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang sama bagusnya dengan aplikasi streaming musik online populer lainnya seperti spotify atau joox.

Berikut fitur-fitur menarik jika berlangganan Youtube music premium:

  • Mendengarkan musik sekaligus menonton musik video tanpa iklan
  • Mengunduh musik untuk bisa didengar secara offline

Selain itu untuk menghemat baterai handphone ada fitur audio only, jadi kamu bisa mendengarkan tanpa harus melihat musik videonya. Fitur ini bisa didapat dengan atau tanpa berlangganan layanan premium.

Youtube music juga memiliki kelebihan lain dimana mencari lagu favorit tidak perlu susah-susah mengingat judul lagu asli atau penyanyinya. Cukup menulis keyword penting dari lagu atau potongan lirik yang dihapal pada bagian ‘search’ Youtube music akan otomatis menemukan lagu tersebut layaknya kamu mencari judul lagu di Google.

Sama seperti audio only fitur ini juga bisa kamu nikmati dengan atau tanpa berlangganan layanan premium.

Baca Juga: Berpenghasilan Ratusan Juta per Bulannya, Ini dia Youtubers Paling Kaya di Indonesia

Daftar Harga Berlangganan Youtube Premium dan Youtube Music Premium

Youtube Premium

Youtube Music Premium

Paket Individu Rp59 ribu

Paket Indvidu Rp49 ribu

Paket Pelajar Rp34990 ribu

Paket Pelajar Rp24990 ribu

Paket Keluarga Rp89 ribu

Paket Keluarga Rp75 ribu


Untuk berlangganan paket pelajar, sebelum memilih metode pembayaran kamu harus mengakses link ini https://www.youtube.com/musicpremium/student lalu kamu akan diarahkan ke youtube.sheerid.com. Di website itu kamu akan diminta mengisi alamat email yang aktif, salinan kartu pelajar atau dokumen lain yang dikeluarkan sekolah yang menerangkan bahwa pengguna terdaftar di sekolah tersebut. Format file yang didukung adalah JPEG, PDF, ONG, dan GIF.

Untuk paket keluarga, kuota bisa diisi dari 3-5 orang sekaligus. Memilih berlanggan paket keluarga akan lebih hemat, dimana harga paket langganan bisa dibagi ke beberapa teman atau anggota keluarga kamu.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Seru Membuat Konten di IGTV