Jadi Wakil Menteri Pariwisata, Ini Fakta Menarik Angela Tanoesoedibjo

Sejak 25 Otober 2019, kemarin, Angela Tanoesoedibjo resmi menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Ia ditugaskan Jokowi untuk mendapingi Wishnutama dalam mengurusi 10 destinasi pariwisata prioritas dan 5 destinasi pariwisata super prioritas serta mengembangkan industri kreatifnya selama lima tahun ke depan.

Dengan terpilihnya sebagai wamen di usianya yang masih 32 tahun ini, itu artinya ia berhasil tercatat sebagai pejabat negara paling muda di sepanjang perjalanan bangsa Indonesia. Ini bisa menjadi contoh yang baik untuk kaum muda dalam menggapai karier yang cemerlang di usia dini.

Bagi yang belum mengetahui sosoknya, yuk kenal Angela Tanoesoedibjo lebih dalam dengan menyimak fakta menarik tentangnya dalam ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

‘Background’ Pendidikan yang Tinggi

View this post on Instagram

A post shared by Angela H Tanoesoedibjo (@angelatanoesoedibjo) on

Ya, tak bisa dimungkiri kalau wanita cantik Angela Tanoesoedibjo adalah anak dari pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo. Dengan didikan orangtua yang bagus, membuat dirinya memiliki background pendidikan yang tak hanya tinggi saja tapi juga cemerlang.

Angela menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Teknologi Sydney, Australia. Dengan mengambil jurusan Media Arts and Production, ia menyabet gelar Bachelor of Arts in Communications (B.A) pada 2008.

Tak menunda waktu, ia langsung melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Di negera yang sama tapi di kampus yang berbeda, ia memilih pendidikan Master of Commerce dalam bidang keuangan di Universitas New South Wales Australia. Pada 2010 di usianya yang masih sangat muda,yaitu 23 tahun ia telah mengantongi gelar masternya tersebut.

Memulai Karier dengan Mendirikan Majalah

View this post on Instagram

A post shared by Angela H Tanoesoedibjo (@angelatanoesoedibjo) on

Jika kebanyakan orang memulai kariernya setelah menyelesaikan kuliahnya, tapi tidak dengan Angela. Saat kuliah masternya berlangsung, wanita yang lahir di Ottawa, Kanada pada 1987 ini mencetuskan sebuah majalah yang diberi brand HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine pada 2008.

HighEnd Magazine merupakan majalah yang membahas isu-isu gaya hidup mulai yang sedang menjadi tren, sosok seseorang yang sukses, liburan, rumah dan lainnya. Sementara HighEnd Teen Magazine membahas dunia remaja termasuk relationship, fashion, dan gossip

Pada saat mendirikan kedua majalah berbahasa Inggris tersebut, ia juga memutuskan untuk menjadi Editor in Chief agar konten majalah sesuai dengan yang diinginkannya.

Mencicipi Karier di Perusahaan Orangtuanya

View this post on Instagram

A post shared by Angela H Tanoesoedibjo (@angelatanoesoedibjo) on

Istri dari seorang pengusaha, Michael Dharmajaya ini, tak seperti anak pengusaha pada umumnya yang mengawali karier langsung menjadi atasan di perusahaan orangtuanya. Angela mengawali karier di MNC dari bawah, yaitu sebagai staf keuangan.

Kinerjanya yang sangat bagus, ia dipercaya untuk menjadi Co-Managing Director di MNC Channel pada 2012. Dalam waktu yang singkat, ia berhasil menciptakan 10 saluran baru dan melakukan rebranding beberapa saluran lama.

Dua tahun kemudian, Angela menjadi Managing Director Global TV. Lagi-lagi, ia berhasil menorehkan prestasi dengan membawa Global TV menjadi posisi ke lima.

Pada 2018 ia mendapat tugas tambahan sebagai Managing Director RCTI. Melalui tangannyalah, RCTI bisa menjadi saluran tv yang banyak ditonton masyarakat Indonesia hingga sekarang ini.

Baru Terjun di Politik Langsung jadi Wamen

View this post on Instagram

A post shared by Angela H Tanoesoedibjo (@angelatanoesoedibjo) on

Akhirnya Angela juga mengikuti jejak karier sang Ayah tercinta di dunia politik. Dalam pemilihan umum legislatif Indonesia 2019, kemarin, ibu yang sudah memiliki dua anak ini maju sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Perindo dengan Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo. Bahkan, ia diusulkan untuk menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju – Jokowi.

Namun, sayangnya ia tak dipilih menjadi menteri, melainkan Jokowi menunjuk dirinya sebagai wakil menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. Bukan tanpa alasan, usianya yang masih muda dan produktif, pengalamannya yang sangat mumpuni membuat Jokowi mempercayakan Angela dalam pengembangan pariwisata dan industri kreatif.

Baca Juga: Berjiwa Politik di Usia Muda! Ini Fakta Menarik Hillary Brigitta Lasut, Anggota DPR Termuda

Gaji dan Tunjangan yang Didapat Angela sebagai Wamen  

View this post on Instagram

A post shared by Angela H Tanoesoedibjo (@angelatanoesoedibjo) on

Dikutip dari jdih.kemenkeu.go.id, gaji dan tunjangan yang diterima wakil menteri 2019-2024 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 164/PMK.02/2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya Bagi Wakil Menteri.

Pada peraturan tersebut disebutkan bahwa wakil menteri akan mendapat tunjangan sebesar 85% dari tunjangan jabatan menteri sesuai dengan yang diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Jadi, bila tunjangan yang diperoleh menteri sebesar Rp13,61 juta per bulan, maka tunjangan yang akan Angela dapat sebagai wamen ialah Rp11,57 juta per bulan.

Meski gaji pokoknya hanya sebesar Rp5 juta saja, Angela akan menerima tunjangan kinerja, yaitu hak keuangan sebesar 135% dari tunjangan kinerja Pejabat Eselon I dengan peringkat jabatan tertinggi.

Angela juga akan mendapatkan ragam fasilitas, yaitu mulai jaminan kesehatan, kendaraan dinas yang harganya bisa mencapai Rp800 juta, rumah jabatan atau berupa tunjangan perumahan sebesar Rp35 juta per bulan.

Baca Juga: Apa Lebih Besar dari DPR? Yuk, Intip Gaji Menteri Jokowi 2019-2024

Angela jadi Wamen, Saham Grup MNC Meningkat

Dikutip dari laman resmi CNBC Indonesia, semenjak nama Angela terdengar sebagai wamen, beberapa saham-saham grup MNC mengalami peningkatan, di antaranya:

  1. PT MNC Land Tbk (KPIG) mencuat 2,90%
  2. PT Global Mediacom Tbk (BMTR) naik 1%
  3. PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) naik 2%.

Kinerjanya Bisa Bawakan Pariwisata Indonesia Lebih Maju

Bukan hanya menjadi harapan Jokowi saja, pariwisata bisa berkembang dan maju juga menjadi harapan masyarakat sebab dengan pariwisata setempat maju maka masyarakat bisa menciptakan industri kreatif yang bisa diperjual belikan. Semoga Angela Tanoesoedibjo mampu mempromosikan pariwisata Indonesia lebih baik sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung, baik lokal atau internasional.

Baca Juga: Kisah Inspirasi Nadine Chandrawinata! Dari Puteri Kecantikan, Kini Sukses Berbisnis