Jadikan Rumah Buat Toko? Beli Asuransi Ruko dan Isi Dagangan

Bagi yang memiliki usaha (toko) di rumah, Anda tentu paham betul bagaimana pentingnya menjalankan usaha dengan benar, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan. Sejumlah risiko akan selalu ada di dalam usaha yang Anda jalankan, sehingga penting untuk mengelola berbagai risiko tersebut dengan baik dan tepat. Hal ini akan mempengaruhi usaha secara keseluruhan, termasuk potensi keuntungan dan kerugian yang mungkin akan Anda dapatkan dari usaha tersebut.

Bukan hanya ketika mengelola risiko atas kelancaran usaha saja, namun sejumlah risiko kerugian bisa saja menimpa rumah/toko dan juga seluruh aset lain yang terdapat di dalamnya. Bagaimanapun juga, Anda tentu harus memahami dengan baik bahwa ada banyak risiko yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, bahkan di luar prediksi sendiri.

Berbagai risiko ini bisa saja menimbulkan kerugian yang sangat besar, sehingga penting untuk mencegah dan mengelolanya dengan baik sejak awal. Lalu, langkah apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini dengan baik?

Baca Juga: Asuransi Rumah: Apa itu, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Manfaatkan Asuransi Properti All Risk

Asuransi Properti All Risk
Asuransi Properti All Risk

Jika ingin mengelola berbagai risiko yang mungkin terjadi di dalam kehidupan, maka menggunakan layanan asuransi adalah pilihan yang tepat. Saat ini, ada banyak produk asuransi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, sehingga bisa lebih nyaman dan tenang. Jenis produk asuransi ini bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan, seperti: asuransi kecelakaan, asuransi perjalanan, asuransi jiwa, asuransi properti, dan banyak jenis asuransi lainnya.

Bukan hanya itu saja, jumlah perusahaan penyedia layanan asuransi juga terbilang sangat banyak, sehingga Anda akan lebih leluasa dalam memilih dan menemukan layanan yang paling tepat untuk kebutuhan. Terkait dengan kebutuhan perlindungan terhadap toko dan juga barang dagangan, saat ini Anda bisa menggunakan produk asuransi properti all risk. Produk ini terbilang cukup populer dan belakangan ini semakin banyak digunakan.

Asuransi properti all risk merupakan produk asuransi yang akan memberikan perlindungan terhadap properti dari seluruh risiko kerugian yang terjadi, kecuali sejumlah risiko yang termasuk di dalam polis pengecualian. Artinya, produk asuransi ini bukan hanya akan melindungi properti (bangunan) Anda saja, namun produk ini juga akan melindungi berbagai aset / barang yang terdapat di dalamnya, selama barang-barang tersebut tidak masuk ke dalam pengecualian di dalam polis Anda.

Apa Saja yang Akan Dilindungi dan Bagaimana Perlindungannya?

Apa Saja yang Dilindungi oleh Asuransi Properti All Risk  

Apa Saja yang Dilindungi oleh Asuransi Properti All Risk 

Terkait dengan manfaatnya yang dapat menjamin sejumlah aset / barang yang terdapat di dalam properti, maka tentu akan sangat penting untuk memahami barang apa saja yang akan termasuk ke dalam perlindungan tersebut. Hal ini penting untuk menghilangkan berbagai kesalahpahaman dan juga kerugian di masa yang datang, jika terjadi risiko pada properti.

Berikut ini adalah beberapa contoh aset yang tidak dijamin dalam asuransi properti all risk:

  • Aset berupa dagangan yang sedang dibangun atau dalam tahap pengerjaan.
  • Aset berupa dagangan yang sedang dalam proses pegangkutan.
  • Aset berupa perhiasan dan karya seni.
  • Tanaman dan binatang peliharaan.

Sedangkan berikut ini adalah beberapa jenis jaminan yang diberikan oleh asuransi properti all risk terhadap aset yang dijamin:

  • Kerusuhan, perbuatan jahat, pemogokan serta huru hara.
  • Bencana akibat air seperti banjir, tsunami, badai, angin topan dan segala kerusakan lainnya.
  • Gempa bumi, tanah longsor, letupan gunung berapi dan pergerakan tanah

Selain hal tersebut, terdapat beberapa kondisi / risiko yang tidak akan dijamin oleh asuransi properti all risk, antara lain:

  • Perang atau terorisme, hingga serangan nuklir atau radioaktif.
  • Gangguan yang terjadi di dalam usaha, seperti kehilangan pangsa pasar dan juga pelanggan.
  • Masalah internal, seperti ketidakjujuran atau kesengajaan dari karyawan.
  • Gangguan yang terjadi akibat sifat barang itu sendiri, hingga kontaminasi atau polusi yang diakibatkan olehnya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Beda Perusahaan, Beda Perlindungan

Setiap Perusahaan Menawarkan Keuntungan yang Berbeda-Beda
Setiap Perusahaan Menawarkan Keuntungan yang Berbeda-Beda

Sama halnya dengan jenis layanan asuransi lain, asuransi properti all risk juga disediakan oleh beberapa perusahaan yang berbeda. Masing-masing perusahaan tentu akan memiliki pandangan dan juga kebijakan yang berbeda, sehingga perlindungan yang bisa dinikmati oleh klien juga tidak akan sama.

Pada dasarnya, hal ini akan memberikan Anda keuntungan tersendiri, di mana Anda akan berkesempatan untuk memilih dan menggunakan salah satu layanan perusahaan asuransi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda pribadi.

Saat ini, 2 perusahaan asuransi besar seperti Allianz dan juga AIG menyediakan produk asuransi properti all risk di dalam layanan mereka. Kedua perusahaan ini memberikan jaminan sebagai berikut:

1. Allianz

Perusahaan asuransi asal Jerman ini telah berdiri sejak tahun 1870 dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Berikut ini adalah risiko yang dijamin oleh allianz di dalam produk asuransi properti all risk mereka:

  • Kebakaran, petir, ledakan dan asap.
  • Kerusakan yang terjadi akibat kerusuhan, seperti: penjarahan, sabotase, huru hara dan terorisme.
  • Kerusakan yang terjadi akibat kendaraan, seperti: tertabrak atau kejatuhan pesawat terbang.
  • Bencana alam, seperti: banjir, topan dan badai

2. AIG

PT AIG (American International Group) Indonesia telah beroperasi lebih dari 40 tahun dan menjadi salah satu perusahaan yang memiliki produk asuransi properti all risk di dalam layanan mereka. Jaminan perlindungan yang diberikan perusahaan ini bahkan hingga pada berbagai risiko yang bersifat kecelakaan terhadap properti ataupun industri itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa risiko yang dijamin oleh AIG:

  • Kebakaran atau ledakan atau asap.
  • Tersambar petir.
  • Banjir, gempa bumi, angin ribut.
  • Kebongkaran atau perampokan.

Baca Juga: 5 Jenis Produk Asuransi Yang Penting Anda Miliki

Pilih dan Gunakan Sesuai Kebutuhan

Dalam menjalankan usaha / toko yang berlokasi di rumah, Anda tentu akan memiliki sejumlah kekhawatiran tersendiri, mengingat sejumlah risiko bisa saja terjadi setiap saat pada usaha tersebut. Atasi hal ini dengan tepat, yakni dengan menggunakan layanan asuransi properti all risk. Pilih perusahaan asuransi dan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, agar bisa merasakan manfaat maksimal atas penggunaan produk tersebut.

Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia, Apa Saja?