Jangan Abaikan, Ini Pantangan Saat Menggunakan Kartu Kredit

Fasilitas kartu kredit jadi salah satu produk perbankan yang paling banyak diminati. Jumlah penggunanya cukup tinggi, bahkan masih terus meningkat setiap tahunnya.

Bagi Anda yang aktif menjadi pengguna kartu kredit, tentu paham benar bagaimana fasilitas pembayaran yang satu ini memberikan banyak kemudahan dan juga keuntungan bagi penggunanya, bukan?

Praktis dan memberikan banyak keuntungan, namun bukan berarti kartu kredit bisa Anda gunakan untuk membayar semua tagihan. Dalam beberapa penggunaannya, bisa saja kartu kredit justru tidak memberikan manfaat maksimal.

Hal ini bahkan bisa saja merugikan, jika ternyata Anda menggunakan fasilitas cicilan kartu kredit yang berbunga untuk menutupi berbagai tagihan tidak tepat sejak awal. Bukannya menghemat, Anda mungkin saja akan memboroskan lebih banyak uang.

Hindari penggunaan kartu kredit untuk mencicil tagihan yang tidak tepat, agar keuangan Anda tidak terbebani dengan sejumlah utang yang besar. Berikut pantangan penggunaan kartu kredit yang tak boleh diabaikan.

1. Kartu Kredit Digunakan untuk Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Bagi Anda yang membutuhkan kendaraan pribadi namun belum memiliki dana cukup untuk membelinya secara tunai, mengajukan KKB tentu bisa jadi pilihan. Namun Anda akan terbebani dengan sejumlah cicilan yang cukup berat, terutama jika hanya membayarkan uang muka yang kecil.

Hindari menggunakan kartu kredit untuk membayar cicilan atau bahkan uang muka pengajuan KKB Anda ini. Sebab sangat berisiko bagi keuangan Anda.

Bunga tinggi dan juga tenor kartu kredit yang singkat merupakan dua hal yang akan membuat penggunaan kartu kredit ini berisiko menimbulkan masalah baru di dalam keuangan.